Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Portal Militer

Selasa, 31 Mei 2022 - 10:34 WIB

450 Orang Ikuti Latsarmil Komcad TA 2022 Di Rindam II/Swj

Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A., buka Latsarmil Komcad di Lapangan Hitam Dodik Secata Rindam II/Swj Puntang - Lahat, Provinsi Sumsel, Senin (30/5/2022). FOTO : Pendam II/Sriwijaya.

Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A., buka Latsarmil Komcad di Lapangan Hitam Dodik Secata Rindam II/Swj Puntang - Lahat, Provinsi Sumsel, Senin (30/5/2022). FOTO : Pendam II/Sriwijaya.

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Sebanyak 450 orang dari berbagai elemen masyarakat mengikuti Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun Anggaran 2022, di Rindam II/Swj.

Pembukaan Latsarmil Komcad ini digelar melalui upacara kemiliteran yang dipimpin oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A., Senin (30/5/2022) bertempat di Lapangan Hitam Dodik Secata Rindam II/Swj Puntang – Lahat, Provinsi Sumsel.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko membacakan amanat tertulis Menteri Pertahanan (Menhan) RI Bapak Prabowo Subianto.

Dalam amanatnya Menhan sangat mengapresiasi dan merasa bangga kepada peserta para sukarelawan yang telah menjadi bagian dari Komponen Cadangan.

Selanjutnya, salah satu strategi pertahanan negara yang saat ini dilaksanakan oleh Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah strategi sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata).

Baca :  Pangdam II/Swj : Swakelola 1.000 Rumah di Sumsel Merupakan Tindaklanjut Dari Program Kasad

Strategi ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam menanggulangi ancaman. Hal tersebut tentu dilandasi oleh penanaman nilai-nilai kesadaran bela negara disertai pembangunan kekuatan TNI beserta Alutsistanya sebagai Komponen Utama pertahanan negara.

Kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa.

Untuk itu, Komponen Cadangan sebagai subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan Pertahanan Militer dan Nirmiliter.

Baca :  Bangun Poskamling, Babinsa Koramil Pasar Ajak Warga Jaga Kamtibmas

Komponen Cadangan bersifat sukarela (Voluntary) dengan rekrutmen melalui pendaftaran/aplikasi. Sumber perekrutannya berasal dari ASN Kemhan/TNI/Pemda/Instansi lain, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, Pegawai BUMN/BUMD/Swasta, maupun Warga Negara lain (umum).

Pembukaan Latsarmil Komponen Cadangan ini akan menjadi penanda dimulainya pelatihan serta pemberian materi tentang Dasar-Dasar Kemiliteran. “Kalian harus bangga karena menjadi seorang Komponen Cadangan tidaklah mudah. Kalian adalah orang-orang terpilih yang telah lulus seleksi. Untuk itu, serap dan ikuti dengan sebaik-baiknya materi yang diberikan para pelatih”, jelas Kasdam.

Mengakhiri amanatnya, ditekankan agar melaksanakan Latsarmil dengan baik dan benar sesuai Kurikulum yang telah dibuat dengan tetap memperhatikan dan mengutamakan faktor keselamatan, baik personel dan materiil. Menjaga nama baik matra dan satuan pendidikan sebagai penyelenggara Latsarmil.

Baca :  Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan, Prajurit Kodim 0416/Bute Ikuti Pelatihan Pembuatan Tempe

“Hindari tindakan arogan pelatih dan beri hukuman yang mendidik serta dapat menjadi contoh dalam sikap dan penampilan. Bekali calon anggota Komponen Cadangan untuk mahir menembak tingkat pratama dan mengetahui peraturan militer dasar”, tegasnya.

“Selain itu, tetap terapkan prosedur dan protokol kesehatan selama melaksanakan Latsarmil untuk menghindari penyebaran Covid-19”, pesan Brigjen TNI Gumuruh.

Latsarmil ini rencananya akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dimulai hari ini, tanggal 30 Mei sampai dengan 27 Agustus 2022.

Adapun kurikulum Latsarmil Komponen Cadangan yang akan diberikan terdiri dari, Bidang Sikap dan Perilaku, Bidang Pengetahuan dan Keterampilan, serta Bidang Jasmani. (Pendam II/Sriwijaya).

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Babinsa Agats Bersama Relawan Bantu Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Portal Militer

Sambut HUT Kodam Jaya Ke-73, Anak Dari Anggota Kodim 0505/JT yang Berprestasi Terima Beasiswa 

Portal Militer

Satgas TNI Kejar dan Tembak KST Yang Lakukan Pembunuhan Pekerja Pembangunan Puskesmas Omukia Puncak Papua

Portal Militer

Satgas Yonif Raider 142/KJ Gelar Upacara Bendera Bersama Para Guru Dan Siswa/I SDN Kelila

Portal Militer

Yonkav 5/DPC Juara Kedua Peleton Pendamping Lomba Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya

Portal Militer

Kunjungi Anak Stunting Di Wilayah Binaan, Danramil 415-07/Pelayangan Berikan Bantuan

Portal Militer

Satgas Yonif 143/TWEJ Ajak Siswa Keliling Dunia Dengan Membaca

Portal Militer

TNI AL Kirim KRI Spica-934 Pada Latma Survei Hidrografi Terkoordinasi Dengan AL Australia