Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan

Home / Warta TNI

Senin, 1 Agustus 2022 - 17:44 WIB

Kodam XVII/Cenderawasih Peringati Tahun Baru Islam 1444 H / 2022 M Di Masjid Al Fajr

Jayapura (SRIWIJAYADAILY) – Kodam XVII/Cenderawasih menggelar acara doa bersama dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah bersama penceramah Prof. Fr. Idrus Al Hamid, S.Ag., M.Si (Rektor IAIN Fathul Muluk Papua) dengan tema Tahun Baru Islam 1444 H/2022 M Sebagai Momentum Memaknai Hidup Dengan Semangat Hijrah, bertempat di Masjid Al Fajr Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (01/08/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Hari ini Senin (1/8) merupakan diselenggarakan acara memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah bersama Para Pajabat Kodam dan seluruh prajurit TNI-PNS Kodam XVII/Cenderawasih secara sederhana dan penuh hikmah di Masjid Al Fajr.

Baca :  Sinergi TNI-Polri, Bersama Bagikan Sembako Di Bulan Suci

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kabintaljarahdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Yudiono, S.Ag., M.Si mengatakan sudah sepatutnya menyambut 1 Muharam 1444 Hijriah dalam suasana rasa syukur kepada Allah SWT sehingga kita bisa merayakannya secara bersama-sama dalam suasana Ukhuwah Islamiyah.

“Kita bersyukur bisa hadir di acara doa bersama dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1442 H dengan sehat selamat. Sebagaimana kita pahami bersama bahwa sejarah peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam adalah Bulan pertama dalam Kalender Islam yang ditetapkan ketika Khalifah Umar Bin Khattab Radhiyallahu Anhu, menjadi Khalifah Tahun ke-17 Hijriyah, ketika beliau menerima Surat Abu Musa Al As Ary Radhiyallahu Anhu, tanpa tanggal dan hari pengiriman. Hal itu menyulitkan, maka surat yang terlebih dahulu dan mana yang terakhir,” kata Kabintaljarahdam.

Baca :  Ingin Lebih Dekat dengan Warga, Babinsa Kodim 0415/Jambi ikuti Kegiatan "Goras Untung"

“Kemudian tersusun tanggal dalam Islam, sehingga berbagai usulan untuk menetapkan 1 Muharam, mulai dari lahir sampai dengan wafatnya Nabi Muhammad SAW serta peristiwa Hijrahnya beliau beserta para sahabat dari Mekah ke Madinah. Maka setelah itu ditetapkanlah 1 Muharam yang diambil dari peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah karena memiliki nilai sejarah yang luar biasa dalam perkembangan dahwah Islam sebagai tonggak kemenangan Umat Islam saat itu,” imbuhnya

Baca :  Warga Di Perbatasan Peroleh Wakaf Al-Quran Dari Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP

Di tempat yang sama, Ustad Prof Dr. H. Idrus Al Hamid, S. Ag., M.Si (Rektor IAIN Fathul Muluk Papua) menyampaikan Peringatan Tahun Baru Islam pada hakekatnya merupakan sarana untuk mengingat dan mengenang kembali peristiwa penting bagi Umat Islam. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Satgas Yonif 123 Rayakan Natal Bersama Dengan Suku Kanum Di Perbatasan RI-PNG

Warta TNI

Danramil Danau Teluk Cek Kesiapan Panen Raya Cabai

Warta TNI

Harumkan Indonesia, Serda Adam Yazid Raih Medali Emas pada 6TH Asean Taekwondo Championship di Filipina

Warta TNI

TNI AD Jalin Kerja sama Dengan Ditjen Bea dan Cukai RI

Warta TNI

Wakil Kepala Puspen TNI Laksma Tedjo Sukmono Wafat

Warta TNI

Wakasad Tinjau Kesiapan Prajurit TNI AD Dalam Mengikuti Latma Super Garuda Shield 2022

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 200/BN Berikan Bantuan Kepada Warga yang Berduka

Warta TNI

Kodam II/Sriwijaya Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan Polda Sumsel