Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit

Home / Warta TNI

Senin, 8 Agustus 2022 - 09:09 WIB

Atasi Buta Aksara Di Papua, Satgas TNI 113/JS Dirikan Rumah Pintar

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Mulia – Sebagai upaya untuk mengatasi buta aksara, prajurit dari Satgas Yonif Raider Khusus 113/Jaya Sakti telah mendirikan rumah pintar di lingkungan Pos Wuyuneri, bertempat di Kampung Wuyuneri, Distrik Mulia, Kab. Puncak Jaya, Minggu (07/08/2022).

Tampak terlihat antusias dan semangat belajar anak-anak Kampung Wuyuneri semakin tinggi, tanpa dimintapun dengan kesadaran mereka pagi-pagi sudah datang untuk menimba ilmu dirumah pintar milik Pos Wuyuneri Distrik Mulia.

Seperti dikatakan Dansatgas Yonif Raider Khusus 113/Jaya Sakti Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.si., bahwa dengan adanya Rumah Pintar tersebut anak-anak memperoleh ilmu baru seperti membaca, menulis dan menghitung. Karena masih banyak anak-anak yang ada di lingkungan Pos Wuyuneri yang belum bisa membaca, menulis dan berhitung.

Baca :  TNI Hadir Air Mengalir, TMMD Kodim 0426/Tulang Bawang Wujudkan Air Bersih Untuk Masyarakat

“Ini adalah bentuk nyata kepedulian kami terhadap pendidikan anak-anak yang ada di wilayah Kab. Puncak Jaya khususnya di Distrik Mulia kampung Wuyuneri,” jelas Dansatgas.

“Tujuan kami yaitu untuk mencerdaskan generasi muda Papua, bahwa generasi muda zaman sekarang harus kita arahkan kepada kegiatan yang positif agar tongkat estafet Bangsa ini ke depan dipegang oleh generasi penerus yang mempunyai wawasan dan ilmu pengetahuan yang sangat luas sekali. Sehingga mereka semua kelak bisa mewujudkan cita-cita yang diinginkan,” tambah Dansatagas Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si.

Baca :  Gagalkan Edaran 35 Paket Ganja, Asintel Kasdam II/Swj Ungkap Kronologi

Sementara itu Danpos Wuyuneri Lettu Inf Helda Pragas Setyawan mengungkapkan kegiatan belajar yang diberikan kepada anak-anak di rumah pintar tersebut dilaksanakan setiap hari kecuali hari minggu karena minggu mereka harus melaksanakan ibadah di Gereja.

“Untuk saat ini dikarenakan mereka pagi sekolah maka kegiatan belajar dilaksanakan pada pukul 14.30 s/d 16.00 Wit. Untuk anak-anak yang belum bersekolah kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00 s/d 10.00 Wit,” ungkap Danpos Wuyuneri Lettu Inf Helda Pragas Setyawan.

Baca :  Berkah Ramadhan, Prajurit dan Persit Yonif 142/KJ Berbagi Kebaikan

Dalam kegiatan belajar mengajar di Rumah Pintar, prajurit Yonif Raider Khusus 113/Jaya Sakti tidak hanya mengajarkan membaca, menulis dan berhitung tetapi juga mengajarkan lagu-lagu kebangsaan.

“Hal ini untuk memotivasi anak-anak yang ada di sekitar Distrik Mulia Kampung Wuyuneri agar juga mengetahui tentang lagu-lagu kebangsaan Indonesia Raya,” tegas Danpos Wuyuneri.

Sementara itu Witon (12) salah satu anak yang belajar di rumah pintar mengaku senang dengan adanya rumah pintar di lingkungan kampungnya.

“Saya mau belajar, sampai dengan kami semua bisa membaca, menulis dan berhitung,” ungkap Witon senang.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

TMMD Kembali Digelar di 5 Kabupaten/Kota di Wilayah Sumbagsel

Warta TNI

Komandan Kodim 0420/Sarko Resmi Berganti

Warta TNI

Berkat Binter, Babinsa Kodim Lubuk Linggau Berhasil Kumpulkan Senjata Api Rakitan Dari Warga

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 200/BN Bersama Pukesmas Kelila Beri Pelayanan Kesehatan Di Kampung Debunggen

Warta TNI

Kunjungan Bupati Mappi Ke Pos Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 125/SMB

Warta TNI

Babinsa Teluk Jambu Merintis Usaha Ternak Kambing Bermitra Dengan Warga Binaan

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Gelar Tournament Friendly Golf

Warta TNI

Tanggap, Babinsa Koramil 10/JS Bantu Pengamanan Kecelakaan Lalu Lintas