Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit Direktur Keuangan TNI AD Pimpin Rabinniscab Keuangan TNI AD Tahun 2024 Peringatan 61 Tahun Integrasi Papua, Satgas Yonif 122/TS Bersama Pemda Rekor Muri Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang

Home / Warta TNI

Kamis, 22 September 2022 - 08:46 WIB

Mayor Widi Bekali Mahasiwa Baru STIKBA Jambi Dengan Wawasan Kebangsaan

Mayor Inf Widi Purwoko, SE saat memberikan pembekalan Wasbang kepada Mahasiswa baru PKKMB di kampus STIKBA Jambi (FOTO : Istimewa)

Mayor Inf Widi Purwoko, SE saat memberikan pembekalan Wasbang kepada Mahasiswa baru PKKMB di kampus STIKBA Jambi (FOTO : Istimewa)

JAMBI, SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Komandan Kodim 0415/Jambi yang diwakili Pasi Intel Mayor Inf Widi Purwoko, SE membekali Mahasiswa baru pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dengan nilai-nilai wawasan kebangsaan/ Bela negara dan Anti Radikalisme di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim (STIKBA) Jambi, Rabu (21/09/2022) kemarin.

Kegiatan yang digagas pada acara PKKMB dikemas secara menarik. Materi wawasan kebangsaan yang disampaikan cocok dengan karakter anak muda. Ini sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Wawasan kebangsaan/Bela negara dan Anti Radikalisme”.

Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperkenalkan kepada Mahasiswa baru di dunia perkuliahan, mulai dari kegiatan akademik maupun non-akademik.

Baca :  Perkenalan Dengan Masyarakat Intan Jaya, Satgas Yonif 509 Kostrad Laksanakan Bakar Batu

Bertujuan agar mahasiswa baru dapat memiliki gambaran awal mengenai keseharian di kampus, sehingga dapat memanajemen waktu dengan baik, serta dapat menjadi mahasiswa dengan segudang prestasi, kontribusi yang membaggakan, mempunyai wawasan kebangsaan dan terbebas dari paham Radikal, ungkap Widi.

Widi juga menjelaskan tentang karakteristik radikalisme dan bahayanya paham tersebut bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Radikalisme merupakan ancaman terhadap ketahanan ideologi.

“Jika ideologi negara sudah tidak kokoh, maka akan berdampak terhadap ketahanan nasional. Radikalisme bisa diartikan suatu sikap atau paham yang ekstrim, revolusioner dan militan untuk memperjuangkan perubahan dari arus utama yang dianut masyarakat.” ujarnya.

Baca :  Wujudkan Kepedulian Dan Kebersamaan, Babinsa Kodim 0404/Muara Enim Sambut Gempita Lebaran

Sementara itu, lelaki dengan satu melati dipundak ini mengkhawatirkan kehidupan pemuda dan pelajar yang mudah terpapar dengan paham radikal karena perkembangan teknologi dan dunia medsos.

Dijelaskannya terkait beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya radikalisme, seperti fanatisme yang berlebihan, ideologi, ekonomi, politik, budaya dan juga kesenjangan sosial.

Menurutnya perbedaan penafsiran terhadap suatu hal akan berdampak buruk bagi kedamaian masyarakat Indonesia. Dengan demikian, penting kiranya semua stakeholder di negeri ini untuk berupaya menangkal radikalisme.

Baca :  Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Keikutsertaan masyarakat dalam menangkal masuknya paham tersebut juga sangat penting, dibutuhkan komunikasi dan kerjasama yang baik antar masyarakat, imbuhnya.

Tak kalah pentingnya peranan pemuda dan pelajar dalam menangkal radikalisme, dapat dilakukan dengan cara menggalang kesadaran bersama melawan radikalisme dengan berbagai cara, seperti memanfaatkan medsos dan membanjirinya dengan nilai-nilai Pancasila, memperkuat literasi terhadap nilai-nilai agama dan kebangsaan, tutupnya. **

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Danrindam II/Swj Pimpin Tradisi Penerimaan Perwira Baru Dan Sertijab Dansecaba

Warta TNI

Dansatgas TMMD Kodim 0429/Lamtim Apresiasi Anggotanya Ajarkan Mengaji Anak-anak Sumber Marga

Warta TNI

Pesan Kasal Pada Ulang Tahun Kopaska TNI AL Ke-61

Warta TNI

Bincang Santai, Jaga Hubungan Baik Babinsa Koramil 03/Pauh Komsos dengan Warga Binaan

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Acara Penganugerahan Gelar Adat Melayu Jambi

Warta TNI

Babinsa Hadiri Peresmian Bantuan Rumah Untuk Ibu Romlah Warga Desa Mendalo Indah

Warta TNI

Atasi Stunting, Satgas Yonif 143/TWEJ Bantu Tingkatkan Gizi Siswa Di Perbatasan RI-PNG

Warta TNI

Kodim 0415/Jambi Gelar Coffee Morning Dengan Mitra Karib