Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan Halal Bihalal Pepabri Kota Jambi, Tingkatkan Tali Silaturahmi dan Persaudaraan Kasad : Kita Keroyok Ramai-Ramai, Demi Sejahterakan Petani Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Pimpin Sertijab Dandim Kerinci Dahaga Prestasi Bangsa, Pangdam II/Swj dan Ribuan Warga Nobar Final AFC-U23

Home / Warta TNI

Jumat, 2 Desember 2022 - 13:25 WIB

Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022

Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022/ FOTO : IST

Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022/ FOTO : IST

JAMBI, sriwijayadaily.co.id – Rumah sakit TK. III 02.06.01 dr. Bratanata Jambi bekerja sama dengan Komisi Trauma Ikabi Sub Divisi Jambi kembali mengadakan pelatihan ATLS (Advanced Trauma Life Support) Periode ke-IV Full Onsite selama 2 hari mulai tanggal 2-3 Desember 2022 di Rumkit dr. Bratanata Jambi.

Karumkit TK.III 02.06.01 dr. Bratanata Jambi, Mayor Ckm dr. Fauzi Mustakman, Sp.B, MARS, mengatakan Advanced Trauma Life Support (ATLS) adalah sebuah program pelatihan bagi dokter dalam pengelolaan kasus trauma akut, yang dikembangkan oleh American College of Surgeons.

Baca :  Pratu Asep Pelari Yonif 143/TWEJ Merajai Lomba Lari Event 'Hari Air Sedunia'

Kursus ATLS diselenggarakan dengan tujuan agar pasien-pasien trauma mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat dalam hitungan detik sehingga pasien dapat terselamatkan dan mempunyai angka harapan hidup yang lebih tinggi.

Dokter umum harus memiliki kemampuan Initial Assessment dan manajemen penangangan pasien yang tepat dan cepat dalam hitungan detik, ujar dr. Fauzi, saat membuka pelatihan, Jumat (2/12/2022).

Kegiatan ATLS Jambi Periode Ke-IV Desember 2022 diikuti sebanyak 33 dokter peserta ATLS reguler dari berbagai daerah.

Baca :  Sahat Maruli Tua Sihite, Kisah Perjuangan Penyadap Karet Jadi Prajurit TNI AD

Dalam pelatihan ATLS ini ditekankan pentingnya penanganan yang sistematis dan fleksibel yaitu ABCDE (Airway, Breathing, Circulation, Disability, Exposure) untuk pasien trauma, sehingga dapat menurunkan angka kematian dan kecacatan korban trauma.

Kegiatan ATLS Jambi dilaksanakan selama 2 hari dengan pemberian materi oleh instruktur dan materi praktek (Surgical Skills station & Practical Skills Station)

ATLS Jambi Periode IV menghadirkan Kolonel Ckm dr. Aditya Wicaksana, Sp.BS sebagai Course Director, Dr. H.N. Nazar, Sp.B (K) Trauma., MHKes, FINACS sebagai CoCD, dan Instruktur-instruktur dokter spesialis bedah diantaranya dr. R.Deden Sucahyana, Sp.B, M.Kes yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Trauma Sub Divisi Jambi dan Ketua IDI Jambi, Dr. dr. Nizar, Sp.B., FINACS, Dr. dr. Ivan K. Bassar, Sp.B., FINACS, dr. Budi Justicia, Sp.OT, dr. Denisson, Sp.B, FINACS dan dr. Willy Marpaung, Sp.BA. (Penrem042gapu)

Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022/IST

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Apkowil Harus Miliki Pengetahuan dan Kemampuan yang Memadai

Warta TNI

Motivasi Semangat Prajurit, Dandim 0420/Sarko Berikan Jam Komandan

Warta TNI

Ikuti Apel Gelar Pasukan, Koramil Sengeti Siap Dukung Penuh Polres Muaro Jambi Ciptakan Kondisi Kamseltibcarlantas Di Wilayah

Warta TNI

Kunjungi Markas Samodok, Kasad Cek Kesiapan Operasi Yonif RK 744/SYB

Warta TNI

Ini Pesan Dandim 0415/Jambi Saat Mengunjungi Koramil Mersam

Warta TNI

Peran Aktif Babinsa Dalam Pendampingan Kader PKK di Wilayah Binaan

Warta TNI

TNI AD Berharap KBT Menjadi Pioneer Dalam Menjaga dan Melestarikan Pancasila

Warta TNI

Kolaborasi Band Ajendam ll/Swj dengan Band Polda Sumsel Ramaikan Acara Syukuran HUT Ke-77 Bhayangkara