Terkait Penggerebekan Narkoba, Dandim 0201/Medan : Penangkapan Bukan Di Asmil TNI AD Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung

Home / Warta TNI

Sabtu, 14 Januari 2023 - 20:49 WIB

Danrem 042/Gapu Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Erupsi Gunung Kerinci

Danrem 042/Gapu Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Erupsi Gunung Kerinci

Danrem 042/Gapu Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana Erupsi Gunung Kerinci

SRIWIJAYADAILY, Jambi – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono. S.IP,. M.M., menghadiri apel gelar pasukan kesiapsiagaan bencana Erupsi Gunung Kerinci, bertempat di lapangan PTPN VI Kayuaro Kab.Kerinci, Sabtu (14/01/2023).

Dalam keterangan resmi Penrem 042/Gapu dikatakan bahwa Apel Kesiapsiagaan Erupsi Gunung Kerinci tersebut dipimpin Langsung oleh Gubernur Provinsi Jambi Al Haris dan dihadiri pula oleh Kapolda Jambi, Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kepala BPBD Provinsi, Kepala BMKG, Bupati Kerinci, Walikota Sungai Penuh, dan Unsur Forkopimda lainnya.

Gubernur Jambi Al Haris dalam sambutannya mengatakan tujuan diadakan Apel Siaga ini dimaksudkan agar menyiapkan segala sesuatu dengan jelas agar mitigasi bencana ini dapat berjalan dengan baik.

Baca :  Pangdam II/Swj Tegaskan Tidak Ada Hari Libur, Optimalisasi Lahan Bisa Selesai Satu Minggu

Perlu kita ketahui, Aktivitas Gunung Kerinci terus terjadi Erupsi sepanjang Minggu Kedua di bulan Januari ini, pada Hari Kamis Sore Pukul 18.10 Wib (12 Januari 2023) terjadi erupsi dengan Ketinggian mencapai 1200 Meter. Saat ini Status Gunung Kerinci masih Waspada Level II.

Untuk itu diperlukan kesiapsiagaan kita seluruh komponen pemerintah daerah,TNI / Polri dan masyarakat dalam menghadapi situasi terburuk akibat dari erupsi gunung Kerinci.

Pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini merupakan langkah awal yang harus dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi tanggung jawab dan kepedulian terhadap keselamatan warga terdampak Bencana Erupsi gunung kerinci, ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga, Gubernur Jambi memberikan Mandat kepada Danrem 042/gapu sebagai Komandan Satgas pelaksana harian Erupsi Gunung Kerinci.

Baca :  Jalin Silaturahmi Antar Kontingen, Dansatgas Kizi TNI Konga Kunjungi Camp Bhutan QRF

Terakhir Gubernur menucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya Kepada Danrem 042/Gapu, Kapolda jambi beserta jajarannya Pemda Kab Kerinci dan Kota Sungaipenuh atas kepedulian sehingga apel kesiapsiagaan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono mengatakan bahwa hari ini kita laksanakan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam, Gubernur selaku Dansatgas di wilayah telah mengambil langkah menyediakan dan menyiapkan yaitu langkah-langkah kesiapsiagaan untuk penanggulangan bencana.

Dan tadi sudah dilakukan penunjukan atau amanat kepada Danrem 042/Gapu sebagai pelaksana kegiatan, Dansatgas dalam Penanggulangan Bencana, saya selaku Danrem 042/Gapu telah menerima mandat itu tentu memasukkan tahapan-tahapan sebagaimana seharusnya, ujar Brigjen Supriono.

Baca :  Wujud Kepedulian TNI, Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Bangun Gereja Di Daerah Perbatasan

Kita siap segera mengkonsolidasikan semua personel yang terlibat baik TNI-Polri, Masyarakat serta seluruh komponen yang terkait terlibat dalam penanggulangan bencana, baik personel maupun kelengkapannya yang pasti, lanjut Danrem.

Selanjutnya, kami segera menindaklanjuti permasalahan yang ada di masyarakat terutama Sosialisasi khususnya pada Level / Ring yang paling terdampak. Ada 5 Desa yang segera Kami Briefing ke masyarakat tentang apa yang dilakukan bilamana terjadi peningkatan ataupun hal menonjol, “Intinya kita mulai Sosialisaikan langkah-langkah darurat kepada masyarakat, tandas Danrem. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Sterad Gelar Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Apkowil di Makodam II/Sriwijaya

Warta TNI

Langkah Cepat Kodim 0416/Bute Dirikan Dapur Umum Bantu Korban Banjir

Warta TNI

Meriahkan HUT Ke-12, Persit Korem 045/Gaya Gelar Lomba Bedincak Dan Pertandingan Bola Voli

Warta TNI

Implementasikan Perintah Harian Kasad, Babinsa Koramil 03/Muara Tembesi Masuk Dapur

Warta TNI

Ciptakan Rasa Aman, Satgas Yonif 143/TWEJ Pelopori Siskamling Di Pedalaman Papua

Warta TNI

Sambut HUT Ke 77, Persit KCK Koorcab Rem 042 Gelar Ziarah Rombongan Di TMP Satria Bhakti

Warta TNI

Desa Bukit Peranginan Jadi Sasaran TMMD 116 Kodim 0420/Sarko

Warta TNI

Wujud Kepedulian, Danrem 042/Gapu Berbagi Tali Asih Untuk Veteran dan Anak Yatim Piatu