Kode Berpasangan Lagi di Pilgub Jambi, Inilah Bukti Keakraban Al Haris dan Abdullah Sani 142 Orang Putra Terbaik Bangsa Ikuti Pendidikan Secata Di Rindam II/Swj Navy Fun Run Hardikal Ke-78, Ribuan Runners Jelajahi Kawah Candradimuka TNI AL Bumimoro Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan

Home / Warta TNI

Sabtu, 21 Januari 2023 - 17:10 WIB

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Amankan 5 Orang PMI Non Prosedural di Perbatasan

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Amankan 5 Orang PMI Non Prosedural di Perbatasan

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Amankan 5 Orang PMI Non Prosedural di Perbatasan

SRIWIJAYADAILY, JAKARTA – Pos Gabma Sajingan dari Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha dipimpin Praka Miko Gunawan mengamankan lima orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural yang berusaha masuk ke Indonesia dari Malaysia melalui jalur tikus atau tidak resmi sektor kiri Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H., dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/1/2023)

Dansatgas mengatakan, lima orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural tersebut diamankan pada Sabtu, 14 Januari 2023 sekitar pukul 13.40 Wib oleh anggota Pos Gabma Sajingan Satgas Pamtas Yonif 645/Gty yang sedang melaksanakan kegiatan patroli di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Baca :  Danrem Gapo Bersama Forkopimda Solat Teraweh Berjamaah

Dari pemeriksaan oleh personel Pos Satgas, kelima orang tersebut tidak bisa menunjukan bukti kepemilikan surat-surat atau dokumen yang sah sesuai aturan hukum yang berlaku di indonesia.

“Dari hasil keterangan yang didapatkan, bahwa kelima orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural tersebut berinisial AN (35), AP (25), SA (52), GN (20) dan SP (22) tidak memiliki identitas KTP. Menurut pengakuan, para Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural tersebut bekerja di Malaysia sudah hampir 2 tahun 1 bulan belum pulang dan pada momen awal tahun baru ini mereka hendak pulang kampung halamannya di Indonesia, ” ungkap Dansatgas.

Baca :  Kodim 0415/Jambi Gelar Bazar Murah di Makorem Gapu

Dari kejadian tersebut personel Pos melaporkan kepada Danpos Gabma Sajingan Letda Inf Rintho Lomboan kemudian dilanjutkan Danpos melaporkannya kepada Komandan SSK I Koki Sajingan Kapten Inf Ikhwan Hadi Putra, S.T. Han. Atas perintah Dansatgas kelima orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural tersebut diserahkan ke pihak kantor Imigrasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk untuk didata sesuai prosedur.

“Masih tingginya angka perlintasan di wilayah perbatasan melalui jalur tikus dikarenakan masih banyak PMI yang bekerja di Malaysia tidak memliki dokumen resmi, ” tutur Dansatgas.

Baca :  Brigif 8/GC Gelar Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H di Masjid At-Taqwa Makobrigif 8/GC

Jalur tikus sepanjang wilayah perbatasan kerap dijadikan para pelaku tindak pelanggaran hukum, seperti peredaran barang-barang ilegal, narkotika dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural untuk menghindari pemeriksaan dari petugas sesuai prosedur hukum yang berlaku di Indonesia.

“Kami akan terus meningkatkan kegiatan patroli di sepanjang jalur tidak resmi atau jalur tikus wilayah perbatasan RI-Malaysia, untuk dapat menekan lagi angka perlintasan PMI non prosedural dan kegiatan Ilegal lainnya, ” tutup Dansatgas. (Dispenad)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Dandim 0417/Kerinci Beri Penghargaan Kepada Babinsa Teladan

Warta TNI

Dengan Logat Ngapak, Serda Gunawan Ceritakan Kronologis Tangkap Pencuri Ranmor di Depan Kasad

Warta TNI

Peduli Lingkungan Hidup Kodim 0421/LS Gelar Program Penanaman Mangrove

Warta TNI

Ciptakan Interaksi serta Kekompakan, Babinsa Kopka Efal Gunadi Melaksanakan Silaturahmi Dengan Warga Desa Suak Putat

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Ingatkan Pengamanan Wapres Jangan Lengah dan Tetap Waspada

Warta TNI

Danrem 172/PWY Pimpin Upacara Penerimaan Satgas Kewilayahan Yonif 721/Makasau dan Yonif R 200/Bhakti Negara

Warta TNI

Peduli Kesehatan Masyarakat, Kodim 0416/Bute Melaksanakan Karya Bakti Pembersihan Saluran Air

Warta TNI

Sambut HUT KE-78 TNI, Kodim Lampung Utara Peduli Warga Melalui Baksos Dan Bakkes