Terkait Penggerebekan Narkoba, Dandim 0201/Medan : Penangkapan Bukan Di Asmil TNI AD Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung

Home / Warta TNI

Rabu, 8 Februari 2023 - 21:24 WIB

Danrem 042/Gapu Hadiri Rapim TNI-Polri 2023 yang Dibuka Oleh Presiden Joko Widodo

Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono. S. IP., M.M., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI – Polri 2023, di Jakarta, Rabu (8/2/2023)./ FOTO : Penrem042gapu

Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono. S. IP., M.M., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI – Polri 2023, di Jakarta, Rabu (8/2/2023)./ FOTO : Penrem042gapu

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono. S. IP., M.M., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI – Polri 2023, yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Rapim TNI – Polri yang mengangkat tema “TNI – Polri Siap Mendukung Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”, dihadiri oleh 431 peserta dari 199 pejabat Polri dan 232 pejabat TNI.

Kepala Negara memberikan peringatan kepada sejumlah provinsi yang berpotensi terjadi karhutla seperti Provinsi Riau, Sumatra Utara, dan Kalimantan. Presiden mengingatkan agar daerah tersebut mewaspadai fenomena El Nino yang diperkirakan akan terjadi sekitar akhir Februari hingga Maret 2023.

Baca :  Tumbuhkan Kecintaan Anak TK Kepada TNI, Yonarmed 15/Cailendra Adakan Wisata Edukasi Militer

“Karhutla kan ini El Nino, hati-hati tadi saya sudah memberikan warning untuk provinsi-provinsi Riau, Sumut, Kalimantan hati-hati karena nanti akhir Februari itu sudah panasnya sudah naik,” jelas Presiden RI Joko Widodo.

Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya kepada peserta Rapim TNI – Polri 2023 ini mengingatkan kembali kepada jajaran Pangdam dan Kapolda untuk mencegah dan mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), sebagaimana peringatan mengenai tanggung jawab penanganan karhutla tujuh tahun yang lalu.

“Janjiannya tetap, tadi saya ulang lagi mengenai janjian saya tujuh tahun yang lalu masih berlaku sampai sekarang, kalau ada kebakaran besar di provinsi yang tanggung jawab Pangdam, Kapolda, Danrem,” tegas Presiden dalam keterangan di hadapan awak media usai memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2023.

Baca :  Kunjungi Pos Gabma, CO RS 6 Malaysia Berikan Kurma Dan Ransum Kepada Satgas Yonarhanud 12/SBP

Sementara itu, Panglima TNI dalam pengarahannya menyampaikan Kebijakan dan Strategi TNI guna mengamankan tahapan Pemilu 2024 dan mendukung peningkatan produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta netralitas TNI dalam Pemilu 2024.

“Saya sebagai Panglima menegaskan akan bersikap netral dalam pemilu sebagai patriot NKRI, TNI Akan selalu tunduk pada peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Netralitas TNI telah diatur dalam Undang- Undang TNI Nomor 34 Tahun 2024 pasal 39, serta Undang-Undang (UU) Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 dan UU Pemilihan Nomor 10 Tahun 2016 telah mengatur ketentuan netralitas TNI dalam pemilu dan pemilihan, “ tegasnya.

Baca :  9 Perwira Remaja Ikuti Tradisi Penerimaan Warga Yonif 147/ KGJ

Sedangkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam pembekalannya menyampaikan, TNI dan Polri terus bersinergi dalam menyukseskan program-program pemerintah termasuk menyukseskan Pemilu 2024 dan Pilkada serta dalam menangani berbagai permasalahan bangsa.

Pada Rapim TNI-Polri 2023 ini, juga menghadirkan pembicara Ketua MPR RI Dr.H. Bambang Soesatyo, Menkopolhukam RI Mahfud MD, Menko Marves RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian RI Erlangga Hartarto, Wamenhan Letjen TNI Purn Herindra dan Ketua KPU Pusat Hasyim Asy’ari. (Penrem042gapu)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Siapkan Kontingen yang Handal, Babinsa Telanaipura Sertu Agus Ikut Menseleksi Peserta Rainas Kota Jambi

Warta TNI

Unik Dibulan Ramadhan, Prajurit Kodim 0425/Seluma Bagikan Takjil Door To Door

Warta TNI

Jelang Sertijab Dandim, Kodim 0415/Jambi Terima Kunjungan Tim Verifikasi Korem 042/Gapu

Warta TNI

Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan, Babinsa Beliung Hadiri Peringatan Isra’ Mi’raj

Warta TNI

Kasum TNI Sambut Satgas TNI Konga Dan Milstaff Seceast UNIFIL

Warta TNI

Aktif Sukseskan Program Yuk Sekolah, Babinsa Kodim Belitung Serda Imam Terima Penghargaan Dari Bupati Beltim

Warta TNI

Satgas TNI Yonif R 142 Bersama Warga Yahukimo Berkebun Sejahterakan Jemaat Gereja

Warta TNI

Babinsa Koramil 05/Sengeti Hadiri Acara Syukuran Warga Di Desa Niaso