Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan Kodim 0416/Bute Gelar Latihan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Sehat, Anggota Kodim 0416/Bute Laksanakan Pembersihan Pangkalan

Home / Warta TNI

Jumat, 17 Februari 2023 - 10:26 WIB

Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Dorong Warga Manfaatkan Lahan Tidur

Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Dorong Warga Manfaatkan Lahan Tidur/ FOTO : Istimewa

Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Dorong Warga Manfaatkan Lahan Tidur/ FOTO : Istimewa

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di wilayah, Babinsa sering disibukan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut sosial kemasyarakatan.

Kepedulian dan peran seorang Babinsa sangatlah penting dalam rangka melaksanakan fungsi pembinaan.

Diluar fungsinya, kemampuan Babinsa sangatlah menentukan keberhasilan Binter, sehingga didalam melaksanakan tugasnya selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.

Baca :  Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel

Guna mengoptimalkan perannya diwilayah, seorang Babinsa dituntut memiliki berbagai inovasi agar kehadiran Babinsa lebih mendatangkan manfaat dan dapat diterima oleh warga masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Kopda Arly, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura wilayah Kelurahan Bagan Pete Kec. Alam Barajo, yang peduli mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur guna mendukung program ketahanan pangan.

Kegiatan ini ia lakukan sembari membantu membersihkan lahan tanaman cabe milik Supriyanto di RT. 19 Kel. Bagan Pete Kec. Alam Barajo, Kamis (16/02/2023).

Baca :  Semarakkan 'Medical Campaign Day', Satgas Kizi TNI Konga Berikan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Penduduk Lokal

Menurutnya, pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia untuk dapat mempertahankan hidup.

“Kecukupan pangan merupakan hak azasi yang layak dipenuhi. Oleh sebab itu, dirinya berharap agar masyarakat mau memanfaatkan dan menggarap lahan-lahan tidur untuk dijadikan lahan pertanian, sehingga mampu memenuhi kebutuhannya sehari-hari”, ajaknya.

Ditempat terpisah, Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Arm Irfan Kito menegaskan bahwa masalah ketahanan pangan tidak dapat diberikan beban kepada salah seorang ataupun satu lembaga saja, akan tetapi harus serius ditangani oleh pemerintah dengan berbagai lembaga dan instansi terkait.

Baca :  Selain Sebar Hoax, KKB Berbaur Dengan Masyarakat Sebagai Tameng

Karena menyangkut keberlangsungan negara dan kehidupan generasi penerus bangsa. Jika krisis pangan terjadi, stabilitas negara akan terganggu, ujar Danramil.

“Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya, dapat menciptakan ketidakstabilan ekonomi. Berbagai gejolak sosial dan politik dapat juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu.” imbuhnya. (red/**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Peduli Generasi Muda Satgas TMMD Kodim 0429/Lamtim Beri Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

Warta TNI

Keakraban Koptu Wahyudi Babinsa Rantau Panjang Dengan Pengrajin Perahu Kayu

Warta TNI

Sakit di RS AK Gani, Pangdam II/Swj Besuk Ajudan

Warta TNI

Kopassus Adakan CFD Ajak Masyarakat Bergabung Dalam Komando Run 3

Warta TNI

Jalan TMMD Sudah Dilalui Warga Kembang Seri Baru Membawa Hasil Kebun

Warta TNI

Kasad Ikuti Rapim TNI – Polri 2023

Warta TNI

Danramil 01/Suak Kandis Ikuti Safari Ramadhan Pemkab Muaro Jambi di Masjid Roudotul Jannah

Warta TNI

Tumbuhkan Semangat Gotong Royong, Babinsa Koramil Jambi Selatan Ajak Warga  Bersihkan Lingkungan