Kode Berpasangan Lagi di Pilgub Jambi, Inilah Bukti Keakraban Al Haris dan Abdullah Sani 142 Orang Putra Terbaik Bangsa Ikuti Pendidikan Secata Di Rindam II/Swj Navy Fun Run Hardikal Ke-78, Ribuan Runners Jelajahi Kawah Candradimuka TNI AL Bumimoro Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan

Home / Warta TNI

Senin, 27 Februari 2023 - 12:28 WIB

Merawat kerukunan, Babinsa Hadiri Pemilihan Ketua RT

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Babinsa Kelurahan Sukakarya Kec. Kotabaru Kota Jambi, wilayah Koramil 415-09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi Pelda R Simanihuruk menghadiri undangan kegiatan pemilihan Ketua RT 14, Minggu (26/02/2023).

Turut hadir Camat Kotabaru, Lurah Sukakarya, BKTM, ketua forum RT, ketua RT 14 lama serta warga RT. 14 Kel. Sukakarya.

Menurut Pelda R Simanihuruk bahwa kehadiran Babinsa sebagai bagian dari pelaksana Binter di wilayah sekaligus merawat kerukunan warga yang sedang memelihara nilai-nilai demokrasi dilingkungan tingkat RT.

Baca :  Kasad : Program TNI AD Buka Peluang-Peluang Baru Sejahterakan Masyarakat

Rukun Tetangga (RT) adalah lembaga kemasyarakatan yang dibentuk pemerintah kelurahan sebagai bagian wilayah administrasi kelurahan untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan yang berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan, membantu kelancaran tugas pemerintah serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan, ujarnya.

Pemilihan ketua RT. 14 diikuti oleh 3 kandidat yang telah melalui seleksi oleh panitia pemilihan, yaitu Nurdin, Johardi dan Bakhtiar. Layaknya proses pencoblosan pilgub ataupun legislatif, panitia mendata pemilih kemudian mengarahkan ke bilik suara untuk memberikan suaranya.

Baca :  Korem 042/Gapu Gelar Bazar Murah untuk Masyarakat Jelang Lebaran

Disadari ataupun tidak, dengan adanya pemilihan Ketua RT, masyarakat telah memelihara Demokrasi. Dengan berdemokrasi melalui pemilihan ketua RT ini juga akan memberikan wawasan politik kepada warga bahwa perbedaan pilihan adalah nuansa demokrasi, tidak perlu kemudian menghasilkan konflik yang merusak harmonisasi sosial, tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Simanihuruk juga mengapresiasi kepada panitia penyelenggara bahwa mereka berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Baca :  Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Kodim 0423/BU Bantu Perbaiki Jembatan Rusak

Sosok ketua RT baginya harus mampu untuk mengayomi, melayani dan membimbing masyarakat, tidak menanamkan kepentingan personal maupun parsial.

“Ketua RT setelah terpilih nantinya agar segera menunaikan tanggung jawabnya secara optimal. Merawat kerukunan dan membangun kesejahteraan warga adalah tugas utama yang harus diwujudkan.” pintanya. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kapolri Apresiasi ke Prajurit TNI Yang Kawal Tandu Sampai Berputar Saat Evakuasi Kapolda Jambi

Warta TNI

Bintal Fungsi Komando Wilayah Korem 045/Garuda Jaya

Warta TNI

Kasiops Kasrem 042/Gapu Hadiri Apel Kesiapan Operasi Lilin Pam Natal Dan Tahun Baru

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 200/Bhakti Negara Anjangsana Ke Masyarakat di Kampung Kindok

Warta TNI

Cerdaskan Generasi Muda, Satgas Yonif R 200/BN Ajari Anak-Anak Papua

Warta TNI

Tinggal di Rumah Orang Tua Asuh, Anggota Satgas TMMD Bantu Memasak

Warta TNI

Ini Alasan Desa Kembang Seri Baru Ditunjuk Sebagai Sasaran Program TMMD ke 115 Kodim 0415 Jambi

Warta TNI

Hadiri Halal Bihalal Kebangsaan, Ini Empat Pesan Penting Pangdam V/Brawijaya