Dahaga Prestasi Bangsa, Pangdam II/Swj dan Ribuan Warga Nobar Final AFC-U23 Dankodiklatal Sambut Hangat Kehadiran Dirlitbang Pusjiantralitbang Mabes TNI Bersama Masyarakat, Kasad dan Pangdam Cenderawasih Tanam 1.000 Pohon Mangrove Terkait Penggerebekan Narkoba, Dandim 0201/Medan : Penangkapan Bukan Di Asmil TNI AD Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program

Home / Warta TNI

Rabu, 8 Maret 2023 - 17:50 WIB

Babinsa Koramil 06/Pijoan Pantau Hewan yang Terindikasi Penyakit Kuku dan Mulut Milik Poktan Mulia Guna

SRIWIJAYADAILY.CO.ID. Babinsa Koramil 415-06/Pijoan Kodim 0415/Jambi Serka Irwan panatu peternakan sapi milik kelompok tani Mulia Guna yang bergerak dibidang pengemukan sapi dan pengembangbiakan sapi di RT. 05 Desa Sungai Bertam Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Rabu, (08/03/2023).

Komandan Koramil 415-06/Pijoan Kapten Cba Juf Hendri dalam keterangan resminya mengatakan, apa yang dfilakukan oleh Babinsa Serka Irwan ialah untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Baca :  Satgas Yonif 200/BN Hadiri Ibadah Bersama Dengan Masyarakat Distrik Kobakma

“Kita kerahkan para Babinsa diwilayah kita untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada. Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK,” ungkapnya.

Baca :  Keluarga Besar Yonif 142/KJ Rayakan Hari Raya Idul Fitri Dan Halal Bihalal

Saya menghimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari Desa lain.

Kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah), ujarnya.

Baca :  Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Untuk sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK, tandasnya. (pendimjambi).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

TNI Dan Masyarakat Perbaiki Jalan Di Wilayah Nduga yang Terputus Akibat Longsor

Warta TNI

Dinas Dukcapil Bersama Satgas TMMD Sosialisasikan Pentingnya KTP Elektronik

Warta TNI

Peduli Sesama, Satgas Yonif Raider 200 Bagi – Bagi Sembako Ke Warga Owagambak

Warta TNI

Kunjungan Kasih Dan Ibadah Natal Jemaat Gereja Oikumene Bethesda Kesdam XVII/Cenderawasih Bersama Anak Panti Asuhan

Warta TNI

Satgas TMMD Ke-118 Kodim Belitung Gelar Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

Warta TNI

Koramil Suak Kandis Gelorakan Hari Kemerdekaan Dengan Membagikan Bendera Merah Putih ke Pengendara

Warta TNI

Satgas Pamtas Yonif 725/Wrg Bersama Puskesmas Kombut Berikan Layanan Kesehetan Gizi Anak Perbatasan

Warta TNI

Warung Kopi Sebagai Sarana Komsos Babinsa dan Bhabinkamtibmas Bersama Warga