Danrem 042/Gapu Ingatkan Peran Istri Prajurit Sebagai Pendamping Suami dan Ibu Dalam Rumah Tangga Gubernur Al Haris Memimpin Jambi Menuju Keberlanjutan Gambut Nasional Pangdam II/Swj : Tidak ada Dusta Diantara Kita, Guyub dan Sejahtera Menjawab Aspirasi Masyarakat,TMMD 120 Tahun 2024 Kodim 0209/LB Resmi Dibuka Plt Bupati Labuhanbatu Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan, Prajurit Kodim 0416/Bute Ikuti Pelatihan Pembuatan Tempe

Home / Warta TNI

Senin, 13 Maret 2023 - 09:17 WIB

Sambut Ramadhan, Babinsa Sengeti Bersama Warga Bersihkan Pemakaman Umum

SRIWIJAYADAILY.CO.ID. Babinsa Koramil 05/Sengeti Kodim 0415/Jambi Serda M. Safari bersama Lurah Sengeti Rahmiyati, S.Pd., dan Warga di tiap RW Kel. Sengeti Kec. Sekernan, bergotong royong membersihkan tempat pemakaman umum (TPU) dalam menyambut bulan suci Ramadhan terpusat di TPU Bumi Asih RT.03 Kelurahan Sengeti Kabupaten Muarojambi, Jambi, Minggu (12/03/23).

“Ini sudah menjadi tradisi, setiap akan memasuki Bulan Suci Ramadhan kita bergotong royong membersihkan makam,” kata Lurah Sengeti, Rahmiyati, S.Pd kepada awak media.

Baca :  Babinsa Posramil Jagebob Bantu Masyarakat Bangun Rumah Layak Huni

Warga mendatangi pemakaman keluarga dan pemakaman umum yang ada di wilayah RWnya dengan membawa peralatan, seperti cangkul, parang, sabit dan sapu untuk membersih pemakaman.

Bahkan, sebagian warga juga ada yang melakukan pengecatan pagar makam agar terlihat lebih bersih, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Babinsa Sengeti Serda M. Safari mengatakan bahwa kegiatan bergotong royong membersihkan makam ini sudah menjadi tradisi turun temurun, biasanya satu minggu menjelang Ramadhan akan dilaksanakan acara antar kembang yang terpusat di TPU Bumi Asih RT.03 Kelurahan Sengeti.

Baca :  Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit

“Dalam kegiatan itu kita juga bisa saling bersilaturahim dan bekerja sama dengan masyarakat lainnya, karena semua kalangan ikut membaur bergotong royong baik kalangan pemuda, tokoh adat dan tokoh agama,” lanjut Babinsa.

Baca :  Memasuki Awal Ramadhan, Babinsa Koramil 12/Pasar Pantau Perkembangan Harga Sembako di Pasar

Babinsa Sengeti juga mengatakan tidak hanya membersihkan makam tetapi warga juga bergotong royong membersihkan masjid dan mushala menjelang Ramadhan.

“Sudah menjadi kebiasaan juga bagi masyarakat di sini, menjelang Ramadhan masyarakat bersama-sama membersihkan masjid dan mushalla, karena akan dipakai untuk kegiatan ibadah tarawih selama Ramadhan,” kata Babinsa. (Bbs-Sgt).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Warga Tinolok Senang Mendapatkan Baju Dan Sepatu Sari Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif RK 113/JS

Warta TNI

Kodim 0402/OKI Raih Juara I Lomba Karya Jurnalistik TMMD Ke-115

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Ikuti Program Literasi Digital Nasional

Daerah

Bangun Mako Armada I, Kasal Tinjau Sarpras di Tanjung Pinang

Warta TNI

Anak-Anak Di Papua Bahagia, Terima Alat Tulis Dari Satgas TNI 711/Rks

Warta TNI

Guna Menjamin Perumahan Prajurit TNI AD, Korem 042/Gapu Gelar Sosialisasi TWP dan KPR

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Resmikan Nama Gedung Dan Patung Letjen TNI Herman Asaribab

Warta TNI

Jadi Kepercayaan Masyarakat, Satgas Yonif 143/TWEJ Diminta Warga Untuk Khitan Anaknya