Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey di Kabupaten Agam Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim Kades Fajar Indah Apreasiasi Pembangunan RTLH Satgas TMMD Kodim 0404/Muara Enim Barisan Keluarga Budi Setiawan Luncurkan Posko Kemenangan Pilwako Jambi 2024

Home / Warta TNI

Senin, 13 Maret 2023 - 13:40 WIB

Tanamkan Kepercayaan dan Kedekatan, Babinsa Lakukan Komsos dengan Warga

SRIWIJAYADAILY.CO.ID. Dalam rangka upaya pembinaan teritorial, Babinsa tidak mengenal kata lelah.

Babinsa yang berfungi sebagai perencanaan, penyusunan, pengembangan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang guna kepentingan Hankam NKRI, menjadi sangat penting dan vital perannya sebagai ujung tombak Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca :  Dandim 0729/Bantul Bersama Forkopimda Serahkan 52 Mesin Pompa Air Secara Simbolis Kepada Kelompok Tani

Salah satu metode pembinaan yang efektif untuk dilakukan oleh seorang Babinsa yakni pelaksanaan komunikasi sosial (komsos).

Dalam pelaksanaannya, Babinsa akan bekerjasama dengan masyarakat, aparat, tokoh pemuda serta tokoh agama di wilayah pedesaan atau kelurahan tempatnya bertugas.

Seperti yang dilakukan oleh Sertu Rizaldi, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura, dalam rangka upaya menanamkan kepercayaan dan kedekatan dengan warga, melakukan komsos dengan warga RT. 18 Kel. Kenali Asam Atas Kec. Kotabaru kota Jambi, Minggu (12/03/2023).

Baca :  Bukti Kedekatan Rakyat Dengan TNI, Seorang Warga Serahkan Temuan Mortir Ke Satgas Yonarhanud 12/SBP

Kegiatan yang dikemas dengan cukup rapi dan santai tersebut, mengisyaratkan bahwa masyarakat tidak terbebani apalagi terganggu dengan upaya pendekatan dan kegiatan Babinsa.

Selain menanamkan kepercayaan, menggugah kesadaran masyarakat untuk ambil peran dalam usaha pertahanan negara, ia juga memberikan pemahaman tentang tugas-tugas TNI di tengah-tengah mereka.

Baca :  Pasukan TNI Polri Gerak Cepat Lakukan Evakuasi Korban OPM

“Semua tugas dan kegiatan yang kami lakukan semata-mata untuk memelihara dan meningkatkan silaturahmi dengan segenap komponen masyarakat, sehingga benar-benar terwujud sinergitas dan soliditas antara TNI dengan segenap komponen masyarakat.” ujarnya. (Pendimjambi)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Mahasiswa Asal Papua Barat Ini Ambil Peran Di TMMD Kodim 0415/Jambi

Warta TNI

Pererat Sinergi, TNI-Polri Olga Bersama

Warta TNI

Hadiri Pemakaman Almarhumah Ibunda Brigjen TNI Ruslan Effendi, Danrem 042/Gapu Sampaikan Rasa Duka Mendalam 

Warta TNI

Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan

Warta TNI

Korem 042 Gapu Selenggarakan Peringatan Isra Mi”raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M

Warta TNI

Babinsa Wijayapura Lakukan Jumat Bersih Bersama Pelajar SMA Tri Sukses Jambi

Warta TNI

Klarifikasi Tentang Tindakan Pemurnian Pangkalan Atas Tanah Milik TNI AD yang Berlokasi di Desa Gunung Seriang Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Kaltara

Warta TNI

Satgas Yonif 132/BS Berhasil Amankan 500 gram Ganja Siap Edar