Digembleng Ala Militer, Atlet Sulteng Jalani Puslatda PON XXI, Brigjen TNI Dody Triwinarto : Mental Petarung dan Disiplin Bekali Peserta Seleksi Dansat Kewilayahan dan Tempur, Ini Pesan Wakasad Turun Langsung Temui Prajurit, Kasad Gali Aspirasi dan Cek Kesejahteraan Anggotanya Pimpin Sertijab dan Tradisi Korps, Pangdam Cenderawasih Tegaskan Pentingnya Kerjasama dan Konsistensi Mantan Bupati Usman Ermulan Memuji Langkah Budi Setiawan Maju Sebagai Wali Kota Jambi 2024

Home / Warta TNI

Minggu, 19 Maret 2023 - 19:18 WIB

Yonarmed 15 Dan Basarnas OKU Timur Bersinergi Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam

Yonarmed 15 Dan Basarnas OKU Timur Bersinergi Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam (Foto/Pendam II/Swj)

Yonarmed 15 Dan Basarnas OKU Timur Bersinergi Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam (Foto/Pendam II/Swj)

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Yonarmed 15/105 Tarik Chailendra dan Basarnas OKU Timur menggelar Latihan Bersama dalam Penanggulangan Bencana Alam dan SAR (Search And Rescue), Minggu (19-03-2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 1 Peleton Prajurit Yonarmed 15/105 yang dipimpin langsung oleh Wadanyonarmed 15/105 Tarik, Mayor Arm Rama Buana S, S.I.P., dan Unit Basarnas OKU Timur melaksanakan Latihan Penyelaman dan Water Resque di Kolam Renang Tirta Chailendra serta Kolam pemancingan Chailendra.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan Sinergitas antara TNI dan Basarnas OKU Timur, meningkatkan kerja sama yang kuat serta adanya ikatan tali persaudaraan, terlebih dari itu sebagai kesiapan untuk mengantisipasi hal-hal yang bersifat Urgent seperti, penanggulangan Bencana Alam Banjir, dan SAR.

Baca :  Ulang Tahun, Pangdam II/Swj Dapat Kejutan Dari Anggota

Adapun materi yang diaplikasikan pada saat latihan bersama, mulai dari Pengenalan alat perlengkapan selam seperti ; PIN (Kaki Katak), Snorkel, Masker, Tabung Selam, BCD (Pelampung), Regulator (Pemberat), disamping itu disampaikan juga

Baca :  Inspiratif, Shabilla Anak Gembala Sapi Jadi Prajurit TNI AD

Teknik berenang menggunakan PIN (kaki katak), Snorkel, Cara Pemakaian dan Pelepasan alat Selam, Teknik menyelam di dalam air menggunakan perlengkapan dan Simulasi penyelamatan terhadap warga yang tenggelam.

Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan alat perlengkapan Water Resque diantaranya ; LCR (perahu karet), Dayung, Life Jaket, Webing, Ring Boy (pelampung).

Disamping pengenalan peralatan disampaikan juga teknik mengangkat perahu, Cara Mendayung Perahu Karet, Dayung Cepat, Dayung Lambat, Teknik Evakuasi Korban dengan Perah, Teknik Evakuasi Korban tanpa Perahu, Teknik Exit (turun perahu) dan Entry (Naik Perahu).

Baca :  Meriahkan HUT ke-74, Yonkav 5/DPC Gelar Khitanan Massal Gratis

“Ucapan Terimakasih kepada Basarnas OKU Timur atas kerja sama dalam pelaksanaan Latihan Penyelaman dan Water Rescue, Semoga dengan latihan bersama ini bisa memberikan ilmu yang bermanfaat dan kedepannya akan berguna bagi Prajurit Yonarmed 15/105 Tarik dan menjadi bekal jika kedepannya terjadi bencana alam secara tiba-tiba”, ujar Letkol Arm Tri Budi Wijaya. (Pendam II/Sriwijaya).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

TNI AD : Bila Itu Untuk Rakyat, Tidak Pernah Berpikir, Tapi Langsung Dikerjakan

Warta TNI

HUT Ke 77 TNI, Kodim 0419/Tanjab Rehab Rumah Tidak Layak Huni

Warta TNI

Jalin Kebersamaan, Satgas TMMD Kodim 0415/Jambi Gelar Berbagai Lomba

Nasional

Presiden RI Buka KTT G20, TNI Beri Kenyamanan dan Prioritaskan Pengamanan

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Menyambut Kedatangan Presiden RI Di Bandara Sentani Jayapura

Warta TNI

Atasi Permasalahan Kesehatan Di Pedalaman Papua, Satgas TNI 142/KJ Bentuk TMC

Warta TNI

Danramil 415-11/Jambi Timur Antar Anggota PNS ke Peristirahatan Terakhir

Warta TNI

Budi Setiawan Berpesan Agar Atlet Popnas Terus Berlatih Dan Semangat Raih Prestasi