Mantan Bupati Usman Ermulan Memuji Langkah Budi Setiawan Maju Sebagai Wali Kota Jambi 2024 Tanamkan Cinta Tanah Air, Yonarmed 15/Cailendra Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-siswi SMK Ingatkan Peran Dansat, Kasad : Jangan Jadi Dansat Hanya Fotonya Saja! Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Ajak Murid Sekolah Wujudkan Mimpi Dan Cita-Cita Satgas Yonif 122/TS Percepat Pembangunan Gereja di Daerah Perbatasan Bersama Warga 

Home / Warta TNI

Jumat, 24 Maret 2023 - 14:07 WIB

Babinsa Kawal Tradisi Pawai Obor di Bulan Ramadhan

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Semarak Ramadhan mulai terasa, berbagai kegiatan dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Salah satu tradisi yang hingga saat ini masih lestari dan sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia adalah pawai obor.

Ratusan warga dan jamaah masjid Al Muttaqin RT. 06 Kel. Paal Lima dan masjid Nurul ikhlas RT. 04 Kek. Sukakarya Kec. Kotabaru kota Jambi memeriahkan pawai obor untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H tahun 2023, Selasa (21/03/2023) malam.

Baca :  Peduli Warga Tidak Mampu, Danramil Obano Beri Bantuan Sembako

Kegiatan ini mengambil rute yang dianggap aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya, yakni star mulai dari masjid Al Muttaqin melewati Budi Luhur kemudian menuju masjid Nurul ikhlas, lalu keluar di jalan Sunan Giri dan finis ke masjid Al Muttaqin kembali.

Antusias warga Selasa malam begitu tampak saat mengikuti pawai obor keliling tersebut.

Dalam rangka memberi rasa aman saat berlangsungnya kegiatan tersebut sembari melakukan koordinasi agar kegiatan tidak keluar dari koridor dan tujuannya, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura Serma Debby melakukan pemantauan dilokasi sambil mengarahkan peserta untuk tetap mengambil jalur jalan sebelah kiri.

Baca :  Luar biasa! Prajurit Kodim OKI Bantu Pengobatan Kelainan Jenis Kelamin Warga Hingga Berhasil

Menurut Debby, pawai obor yang dilakukan jelang datangnya bulan suci Ramadhan, bukan hanya budaya untuk senang-senang saja, namun dalam pelaksanaannya terdapat manfaat sosial, seperti menjalin silaturahmi dan membuat masyarakat erat dalam kebersamaan, sehingga diharapkan masyarakat dapat hidup rukun dan damai.

Baca :  Musi Banyuasin Gelontorkan Anggaran TMMD Ke 119 Tersebar Se-Indonesia

“Pawai obor juga merupakan bentuk syiar Islam. Tradisi ini dapat bermakna sebagai wujud dari kegembiraan dan kesiapan masyarakat dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.” tuturnya.

Tak hanya anak-anak, orang dewasa hingga ibu-ibu rumah tangga, hanyut terbawa perasaan dalam kemeriahan yang sudah sangat dirindukan oleh umat muslim setelah dua tahun pelaksanaan ditiadakan karena Indonesia dilanda wabah Covid-19, imbuhnya.(MCDIM0415)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pesan Kasdam XVII/Cenderawasih Dalam Deklarasi PPNP RI Di Tugu Pepera Papua

Warta TNI

Prajurit Yonif 144/JY Ukir Prestasi Di Bhayangkara Run 10K Tahun 2023

Warta TNI

Keren, Serdadu Wira Borong Juara Lomba Lari Maraton

Warta TNI

Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/YBY Bantu Buka Jalan Urai Kemacetan Akibat Pohon Tumbang

Warta TNI

Tumbuhkan Kebersamaan, Satgas Yonif 143/TWEJ Berbagi Dengan Anak-Anak Di Tapal Batas RI-PNG

Warta TNI

Jelang Turnamen, Babinsa Bantu Siapkan Lapangan Bola

Warta TNI

Semarak Hari Kemerdekaan RI, Dandim 0415/Jambi Bersama Wali Kota Jambi Bagikan Bendera Kepada Warga

Warta TNI

Kodim 0425/Seluma Beraksi Bantu Kesejahteraan Anggota