Terkait Penggerebekan Narkoba, Dandim 0201/Medan : Penangkapan Bukan Di Asmil TNI AD Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung

Home / Warta TNI

Senin, 27 Maret 2023 - 17:06 WIB

Pasukan Raider 514 Kostrad Selamatkan 52 Orang Terdampar Kelaparan di Tengah Hutan Papua

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Pasukan tempur Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI baru saja berhasil mengevakuasi puluhan penduduk yang ditemukan terdampar tengah hutan di sekitar wilayah Kalimin, Distrik Keenyam, Kabupaten Nduga, Papua. Proses evakuasi sebanyak 52 warga itu dilakukan prajurit TNI dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri Raider 514/Sabbada Yudha, Divisi Infanteri II Kostrad.

Dalam siaran resmi yang diterima awak media, Senin 27 Maret 2023, puluhan warga itu bukanlah penduduk lokal atau asli wilayah Kenyaam. Tapi mereka datang dari wilayah yang jauh yaitu dari Distrik Kroptak.

Baca :  Korem 042/Gapu Gelar Bazar Murah untuk Masyarakat Jelang Lebaran

Menurut Komandan Satgas Yonif Raider 514/SY, Letnan Kolonel Inf Rinto Wijaya, 52 warga asal Distrik Kroptak ini ditemukan secara tak sengaja oleh pasukannya.

Jadi ketika itu prajurit Satgas Yonif Raider 514/SY yang dipimpin Kapten Inf Mahardika dari Pos Kendibam melakukan patroli keamanan kampung ke wilayah Kalimin. Nah ketika itulah di tengah hutan terlihat puluhan orang asing yang dalam kondisi kebingungan.

Baca :  Peduli Kesehatan Warga, Babinsa Koramil 12/Pasar Dampingi Fogging

Ketika ditemukan kondisi 52 warga itu sangat memprihatinkan. Mereka mengalami kelelahan dan kelaparan setelah selama 4 hari berjalan kaki dari Distrik Kroptak. 52 warga ini nekat meninggalkan kampung halaman mereka dan mencari penghidupan baru di Distrik Keenyam karena dilanda ketakutan akan teror dari kelompok separatis teroris KKB OPM Papua.

Setelah diberikan minuman dan makanan seadanya akhirnya 52 warga Distrik Kroptak yang sebagian besar adalah wanita dan anak-anak itu akhirnya dievakuasi menggunakan truk TNI menuju ke kantor Polres Nduga.

Baca :  Wujud Penghargaan Kepada Prajurit, Danrem 044/Gapo Gelar Upacara Kenaikan Pangkat

“Selama di wilayah Keenyam, kita jamin keamanan mereka hingga mereka dapat hidup secara normal,” kata Letkol Inf Rinto Wijaya.

Perlu diketahui, bukan kali ini saja pasukan Satgas Yonif Raider 514/SY melakukan evakuasi terhadap penduduk. Sebelumnya ratusan warga Paro dievakuasi menyusul gangguan keamanan dan teror OPM di wilayah Nduga.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pacu Semangat Para Anggota, Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Senam SKJ 88

Warta TNI

Program TMMD Berdampak Positif Bagi Warga Dalam Mengatasi Kesulitan Air Bersih

Warta TNI

Dukung Program Ketahanan Pangan, Kodim 0421/LS Panen Raya Jagung di Desa Penengahan

Warta TNI

Arah Kebijakan dan Langkah Strategis TNI, kunci Suksesnya Pemilu 2024

Warta TNI

Bersama Masyarakat Selalu Humanis, Satgas TNI 405/SK Miliki Budaya Senyum, Salam Dan Sapa

Warta TNI

Dandim 0418/Palembang : “Prajurit Harus Menjadi Bagian Dari Solusi di Tengah Masyarakat”

Warta TNI

Danrem 072/Pamungkas Dampingi Kasad Resmikan Gedung Makodim 0709/Kebumen

Warta TNI

Bentuk Sinergitas, Camat Jaluko Bekali Babinsa Pada Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model