Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit Direktur Keuangan TNI AD Pimpin Rabinniscab Keuangan TNI AD Tahun 2024 Peringatan 61 Tahun Integrasi Papua, Satgas Yonif 122/TS Bersama Pemda Rekor Muri Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang

Home / Warta TNI

Rabu, 3 Mei 2023 - 21:09 WIB

Dandim 0420/Sarko Ikuti Rakornis TMMD Ke-116 TA 2023

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius saat mengikuti Rakornis TMMD Ke-116 TA 2023 (Foto/Pendim Sarko)

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius saat mengikuti Rakornis TMMD Ke-116 TA 2023 (Foto/Pendim Sarko)

SRIWIJAYADAILY – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., di Wakili Kasiter Kasrem Kolonel Arm Budi Wahyono didampingi Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius dan Pj. Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM., serta Ketua DPRD Sarolangun Tantawi Jauhari mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-116 TA 2023.

Rakornis TMMD ini berlangsung melalui Video Conference (Vicon) bertempat di Ruang Vicon Makorem 042/Gapu Jambi, Rabu (03/05/2023).

Rakornis TMMD Ke-116 TA 2023 yang bertemakan “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, kali ini dipimpin oleh Aster Kasad, Mayjen TNI Mochammad Hasan dari Mabesad, Jakarta.

Aster Kasad, Mayjen TNI Mochammad Hasan selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD menyampaikan bahwa, Rakornis TMMD merupakan rangkaian kegiatan yang mengawali pelaksanaan TMMD dalam setiap tahapannya.

Asisten Teritorial Kasad Mayjen TNI Mochammad Hasan (Foto/Ist)

Aster menjelaskan, TMMD yang Ke-116 TA 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei s.d. 8 Juni 2023 yang akan datang, yang dilaksanakan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota.

Baca :  Selain Sebar Hoax, KKB Berbaur Dengan Masyarakat Sebagai Tameng

Rakornis TMMD sebagai wahana untuk melaksanakan koordinasi dan berkomunikasi langsung dengan Staf PJO TMMD, Kemen/LPNK dan pejabat Daerah yang akan melaksanakan Program TMMD di wilayahnya.

Program TMMD sudah dilaksanakan selama 43 tahun, mulai tahun 1980 dikenal dengan sebutan ABRI Masuk Desa atau AMD dan pada saat reformasi bergulir sebutannya menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Aster juga mengatakan bahwa, TMMD bukan domain dari TNI semata, melainkan program bersama semua komponen Bangsa yang terkoordinasi dan terkoordinir yang dilaksanakan secara bergotongroyong, bahu membahu antara TNI/Polri, Kementerian/LPNK, Pemerintah di daerah beserta komponen masyarakat demi terwujudnya akselerasi pembangunan di wilayah. TMMD dilaksanakan secara rutin sebanyak 3 kali dalam setahun.

Baca :  Ini Kata Bakal Calon Walikota Jambi Budi Setiawan Usai Bertemu Dengan Fadhil Arief

“Program TMMD bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan Rakyat, terus dilaksanakan dan berkembang secara dinamis serta berkesinambungan dengan kerjasama, Sinergitas dan Koordinasi yang baik guna suksesnya Program TMMD”, ujarnya.

Seperti kegiatan TMMD sebelumnya, Aster Kasad juga menyampaikan bahwa, pada pelaksanaan TMMD Ke-116 juga akan dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik, yang akan diikuti oleh para Dansatgas TMMD dan para Wartawan cetak, online dan elektronik baik nasional maupun daerah.

“Untuk itu, kepada para Dansatgas yang di lapangan agar mempedomani ketentuan dan tujuan dilaksanakannya Lomba Karya Jurnalistik (LKJ). Publikasikan kegiatan TMMD Ke-116 TA 2023 secara massif,” pungkas Mayjen TNI Mochammad Hasan.

Baca :  Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Sementara itu, untuk wilayah Kodim 0420/Sarko sendiri kegiatan TMMD Ke-116 TA 2023 akan dilaksanakan di Desa Bukit Peranginan, Kecamatan Mandiangin Kabupaten Kab Sarolangu.

Adapun sasaranya meliputi sasaran fisik, berupa pembukaan jalan sepanjang 3,2 KM, Pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 800 meter, Pembuatan MCK, Renovasi masjid, Pembuatan Pos Kamling, RTLH 2 unit type 36, pembuatan sumur bor serta pembuatan tugu TMMD.

Sedangkan, sasaran non fisik berupa penyuluhan Wasbang, Han Pangan, Konservasi Alam, Stunting, Posyandu, Posbindu PTM, Kamtibmas, Bela Negara, Hukum dan HAM, Perikanan dan Peternakan, Pertanian dan perkebunan, Lingkungan hidup dan kehutanan serta penyuluhan Agama. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kapendam II/Swj Tegaskan Semua Satgas TMMD 118 Wajib Mengikuti Lomba Karya Jurnalistik

Warta TNI

Peduli Pendidikan Anak Bangsa, Satgas TMMD Berikan Materi Wasbang Kepada Siswa SD Talang Silungko

Warta TNI

Jadi Irup Di SMA Negeri 3 Sungai Penuh, Ini Pesan Dandim 0417/Kerinci

Warta TNI

Keharmonisan Satgas Yonif 132/BS Berbaur Bersama Warga Wambes

Warta TNI

Jabatan Pangkostrad dan 13 Pejabat Lainnya Resmi Diserahterimakan

Warta TNI

Peduli Sesama, Satgas Yonif 721/Mks Bantu Seluruh Proses Pemakaman Warga

Warta TNI

Purnawirawan TNI AD Kumpul di Mabesad

Warta TNI

TMMD Kembali Digelar di 5 Kabupaten/Kota di Wilayah Sumbagsel