Gelar Pertemuan Tertutup, Budi Setiawan dan Hizbullah Bahas Tentang Pembangunan Kota Jambi Lebih Baik Digembleng Ala Militer, Atlet Sulteng Jalani Puslatda PON XXI, Brigjen TNI Dody Triwinarto : Mental Petarung dan Disiplin Bekali Peserta Seleksi Dansat Kewilayahan dan Tempur, Ini Pesan Wakasad Turun Langsung Temui Prajurit, Kasad Gali Aspirasi dan Cek Kesejahteraan Anggotanya Pimpin Sertijab dan Tradisi Korps, Pangdam Cenderawasih Tegaskan Pentingnya Kerjasama dan Konsistensi

Home / Warta TNI

Kamis, 28 Oktober 2021 - 08:25 WIB

Pemimpin AL Pasifik Bahas Stabilitas Kawasan

Jakarta – Sriwijayadaily.co.id

Pemimpin Angkatan Laut negara -negara di wilayah Pasifik Barat membahas isu-isu maritim dan kegiatan kerja sama, dalam rangka menjaga hubungan yang harmonis dan menciptakan kestabilan di kawasan.

Hal itu terungkap dalam forum pertemuan pimpinan tertinggi Angkatan Laut negara-negara di wilayah Pasifik Barat atau 17th Western Pacific Naval Symposium (WPNS) Principal Only Session secara virtual dari Gedung Neptunus, Mabesal, Jakarta. Selasa (26/10/2021).

Baca :  Panglima TNI Dampingi Presiden RI Resmikan Berbagai Fasilitas Pada Rangkaian Kunjungan Kerja Ke IKN

Dalam 17th WPNS tersebut sebagai tuan rumah Philippine Navy dengan tema “Effective Ocean Governance for Regional Partnerships and Stability”. Hingga saat ini WPNS memiliki 20 anggota tetap dan 8 anggota tidak tetap (observer).

Forum pertemuan ini dipimpin oleh Vice Admiral Adeluis Bordado, Flag-Officer-in-Command (FOIC) Philippine Navy.

Dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), menyebutkan, keikutsertaan TNI AL Sebagai wujud nyata pelaksanaan tugas diplomasi sekaligus dalam rangka menyikapi perkembangan di kawasan regional.

Baca :  Jelang Siaga Pam Pemilu 2024, Ini Yang Dilakukan Yonif 147/KGJ

TNI AL mengirimkan delegasi yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purnomo didampingi Asops Kasal, Waasintel Kasal, Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal dan Paban IV Hublu Kersin Sintelal.

Pada kesempatan ini, Laksdya Ahmadi menyampaikan bahwa TNI AL akan menyelenggarakan kegiatan Junior Officer Interaction Program (JOIP) pada tahun 2025 dan WPNS Workshop serta WPNS Symposium pada tahun 2032 sebagai wujud peran aktifnya dalam forum WPNS.

Baca :  Bangun Poskamling, Babinsa Koramil Pasar Ajak Warga Jaga Kamtibmas

Keikutsertaan TNI AL dalam forum ini merupakan tindak lanjut arahan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam Rapat Pimpinan TNI AL 2021 yaitu meningkatkan diplomasi TNI AL. Hal tersebut juga merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Anggota Koramil 05/Sengeti Monitoring Perayaan Ibadah Hari Waisak di Candi Kedaton

Warta TNI

Satgas Yonif R 142/KJ Bersinergi Bantu Karya Bakti Kantor Distrik Kanggime

Warta TNI

Itdam II/Sriwijaya Gelar Pengawasan Post Audit Di Lingkungan Kodam II/Swj

Warta TNI

Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Taklimat Awal Post Audit Itjenad TA 2022

Warta TNI

Kebersamaan anak-anak Intan Jaya Bersama Prajurit Satgas YPR 305/Tengkorak Di Pos Mamba

Warta TNI

Panglima TNI Resmikan Monumen Jenderal Besar Soedirman di PIK-2

Warta TNI

Kawal Penyaluran BPNT, Babinsa Dampingi Warga

Warta TNI

Babinsa Bantu Warga Manfaatan Lahan Kosong Guna Wujudkan Ketahanan Pangan