Semangat Letkol Nugraha Membangun Bumi Serasan Sekundang Sampai Ke Pelosok Desa Aster Kasad Tinjau TMMD Ke-120 di Kabupaten Muara Enim Bentuk Siswa Jadi Hiu – Hiu Muda Petarung, Dikmata TNI AL Angkatan 44/1 Laksanakan Lattek Berganda 14 Ribu Lebih Personel TNI – Polri Amankan KTT World Water Forum Ke-10 Di Bali Melalui Aplikasi Pusat Informasi Teritorial Diharapkan Babinsa Punya Kemampuan TCLC yang Optimal Di Lapangan

Home / Warta TNI

Minggu, 2 Juli 2023 - 21:36 WIB

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Satgas Yonif 143/TWEJ Siapkan Lumbung Kopi di Pedalaman Papua

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat di pedalaman Papua, TNI yang tergabung dalam satuan pengaman perbatasan RI-PNG disamping melaksanakan tugas pokoknya juga melakukan kegiatan dan upaya kreatif guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah pedalaman Papua.

Sebagaimana dilakukan oleh Satgas Yonif 143/TWEJ yang berasal dari Provinsi Lampung dimana daerah ini merupakan salah satu penghasil kopi terkenal nusantara turut memprakarsai masyarakat menyiapkan lahan untuk djadikan lumbung kopi yang bertempat di Dusun Nowe, Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kab. Keerom, Papua, Minggu (2/7/2023).

Demikian disampaikan oleh Dansatgas Yonif 143/TWEJ Letkol Inf Ari Iswoyo Timor, S. Hub.Int., dalam keterangannya.

Baca :  Pererat Sinergi, TNI-Polri Olga Bersama

“Berbekal pengalaman yang ada, didukung wilayah dan iklim yang cocok untuk tanaman kopi, membuat Satgas berinisiatif untuk membuat kebun kopi bersama sebagai wujud bakti TNI turut meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

“Lahan seluas kurang lebih 1 hektare ini di tanami seribu batang lebih bibit kopi dengan harapan salah satu wilayah pedalaman di Perbatasan RI-PNG ini menjadi lumbung kopi mengingat prospek dan nilai ekonomi yang sangat baik,” tambah Dansatgas.

Dipimpin langsung oleh Danpos Yuruf Satgas Yonif 143/TWEJ Lettu Inf Sukamto bersama masyarakat membuka lahan sampai dengan menanamnya dikerjakan dengan gotong royong, tampak semangat dan antusias dari masyarakat untuk menjadikan kampungnya menjadi salah satu penghasil kopi di wilayah Papua.

Baca :  Apel Siaga Brigade Alsintan Kodam III/Siliwangi

“Dimasa pengabdian Satgas sebagai pasukan pengaman perbatasan, kami ingin memberikan karya terbaik kepada masyarakat disetiap tempat berbeda agar mempunyai komoditi unggulan masing-masing, seperti budidaya pisang di Ubrub, Vanili di Kalipao dan Kopi di Dusun Nowe Kampung Yuruf dengan harapan masyarakat menjadi sejahtera dan makmur,” jelas Dansatgas.

Baca :  Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan, Kodim 0416/Bute Bersama Lions Club Cosmos Bungo Gelar Baksos Di Desa Bedaro

Sementara itu, Bapak Amos (57) Ondo Api sekaligus Ketua Kelompok Tani Dusun Nowe mengungkapkan terimakasih dan rasa hotlrmatnya atas terobosan yang dilakukan oleh Satgas Yonif 143/TWEJ, pihaknya berjanji akan meneruskan apa yang telah diajarkan Satgas tentang cara merawat tanaman kopi agar tumbuh optimal dan cepat berbuah demi kesejahteraan masyarakat.

“Sa mewakili masyarakat Kampung Nowe mengucapkan terimakasih dan hormat kepada Satgas Yonif 143/TWEJ yang telah memperhatikan dan membimbing kami agar warga disini sejahtera, terimakasih Bapak TNI semoga Tuhan selaku memberkati,” ucapnya. (Pendam II/Sriwijaya)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 142/ KJ Buka Pos Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Papua

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Sertijab Danrem 172/PWY

Warta TNI

Penutupan TMMD Kodim 0406/Lubuk Linggau Dikemas Dengan Berbagai Kegiatan Sosial

Warta TNI

Jelang Tugas Operasi Pamtas Papua Barat, Danrem 032/Wbr Uji Alarm Steling Yonif 133/YS

Warta TNI

Kodim 0419/Tanjab Gelar Do’a Bersama Menjelang HUT Kodam II/Sriwijaya 

Warta TNI

Lepas Sambut Pangdam XVII/Cenderawasih, Gubernur Papua : “Selamat Datang Dan Selamat Bertugas”

Warta TNI

Pendidikan Kecabangan Perwira Taruna Akmil Tingkat IV Ditutup Oleh Dankodiklat TNI AD

Warta TNI

Dandim 0420/Sarko Pimpin Acara Pelepasan Purna Tugas Perwira