Kolonel Eko Pristiono Membuka Secara Resmi Kejuaraan Dandim Cup Sumatra Drag Wars 2024 Pisah Sambut Dandim 0415/Jambi, Pj Walikota Jambi Apresiasi Kolaborasi Kolonel Eko Pristiono Dukung Program Ketahanan Pangan, Yonarmed 12 Kostrad Budidaya Ikan Lele TOB Berberati Kembali Mendapat Apresiasi Dari Tim COE Sinyal PAN Bersama Gerindra di Pilgub Jambi 2024, Zulhas Titip Al Haris ke Prabowo

Home / Warta TNI

Sabtu, 8 Juli 2023 - 17:03 WIB

Pantau Karhutla, Dandim 0415/Jambi Lakukan Patroli Udara

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Komandan Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, SH., M.I.Pol., bersama Kasiops Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ibnu Suharmanto dan didampingi Pasiops Kodim 0415/Jambi Mayor Arm Joni Armadi melakukan patroli udara menggunakan helikopter guna memantau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Teritorial Kodim, Sabtu (08/07/2023).

Penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, yang dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh pada tahapan pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana.

Baca :  Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Kembali Gagalkan Penyelundupan Puluhan Miras Ilegal Dari Malaysia

Potensi bencana kebakaran hutan dan lahan sangatlah besar dan memungkinkan hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusianya.

Dengan ditetapkannya status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan, maka diharapkan penanganan kebakaran hutan dan lahan dapat tertangani dan berjalan dengan baik berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) penanggulangan bencana.

Baca :  Aksi Heroik Babinsa Selamatkan Warga Hanyut Di Sungai Lengkukam Desa Sidomulyo

Perannya dalam penanganan karhutla cukup dominan, disamping menentukan posisi posko terpadu, penunjukan dan pengiriman personil untuk tugas patroli dan operasi tim pemadaman darat, juga melakukan pemetaan daerah rawan karhutla.

Menurut Dandim, secara umum kondisi suhu, cuaca, geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana.

Baca :  Kodam IV/Diponegoro, BNPB dan Forkopimda Kompak Bantu Korban Banjir Jepara

“Pihaknya berharap semua pihak berperan serta mencegah terjadinya karhutla”, ungkap Dandim.

Dikatakan bahwa patroli udara yang dilakukan tersebut dalam rangka memantau sejauhmana potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi.

Lebih diutamakan pencegahan kejadian kebakaran hutan dan lahan dan mengurangi dampak akibat yang ditimbulkan, serta mengutamakan pendekatan dengan masyarakat berupa sosialisasi dan edukasi, jelas Dandim. (Kodim 0415/Jambi)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Terima Kunjungan Kerja Kepala BNN Provinsi Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih : Selama Bermanfaat Bagi Masyarakat, Kodam Akan Bantu

Warta TNI

Hadirnya Satgas TMMD di Desa Talang Silungko, Menjadikan Ibu-Ibu Demam Kerja Bakti

Warta TNI

KN. Belut Laut – 406 Bakamla RI Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Perairan Natuna

Warta TNI

TMMD Miliki Nilai Strategis Dalam Percepatan Pembangunan Wilayah

Warta TNI

Pesan Kasad Kepada Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022

Olahraga

Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko Juara 1 Lomba Tembak Walikota Cup HUT Ke-20 Kota Prabumulih

Warta TNI

Babinsa Bekali Wasbang Kepada Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Di BLK Biak Numfor

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Babel