Kunjungi Papua, Wakasad Tinjau Sarpras Satuan Jajaran TNI AD Berkontribusi Besar Turunkan Angka Stunting, 31 Babinsa Terima Penghargaan BKKBN Panglima TNI Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 75 Perwira Tinggi TNI Semangat Letkol Nugraha Membangun Bumi Serasan Sekundang Sampai Ke Pelosok Desa Aster Kasad Tinjau TMMD Ke-120 di Kabupaten Muara Enim

Home / Warta TNI

Rabu, 12 Juli 2023 - 17:42 WIB

Dandim 0416/Bute Berharap Melalui TMMD Dapat Terjalin Erat Rasa Kebersamaan, Kekeluargaan Antara TNI dan Masyarakat

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Wakil Bupati Bungo, H. Syafruddin Dwi Apriyanto S.Pd. membuka acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Desa Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo, Rabu (12/7/2023).

Pada pelaksanaan TMMD ke-117 kali ini mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”.

Program TMMD merupakan wujud semangat gotong royong TNI-Polri, Pemerintah dan Masyarakat, ujar Wabup Bungo dalam sambutannya.

“TMMD merupakan Program terpadu antara TNI khususnya TNI AD dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah, dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah juga akan meningkat” kata Wakil Bupati Bungo.

Baca :  Kasad : TNI AD Konsisten Lestarikan Lingkungan

”Saya berharap dengan TMMD ini, pekerjaan yang kelihatannya berat bisa menjadi ringan karena dilaksanakan secara bersama-sama atau gotong royong. Inilah salah satu makna dari sinergi dalam membangun daerah,” tutup wakil Bupati Bungo.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0416 Bute Letkol Inf Evid Nirwan E, S.H., M.Si., saat dikonfirmasi awak media usai menyerahkan bingkisan kepada keluarga Stunting mengatakan, bahwasanya TMMD merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dengan Kementerian atau lembaga maupun non pemerintah yang dilaksanakan bersama masyarakat guna mengakselerasi pembangunan kawasan perdesaan.

“Khususnya pada kawasan tertinggal, terisolasi, perbatasan, kumuh serta kawasan rawan terdampak bencana,” ungkapnya.

Baca :  Sinergi TNI-Polri, Bersama Bagikan Sembako Di Bulan Suci

Lanjutnya, Kegiatan TMMD ke-117 tahun ini berlokasi di Desa Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang, Kabupaten Bungo yang terdiri dari beberapa sasaran, diantaranya :

Pembukaan jalan penghubung antara Dusun Ujung Tayo menuju Dusun Seberang Jaya Desa Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Muara Bungo sepanjang 5 KM Lebar 10 M; Pembuatan Sumber Air Bersih di Desa Talang Silungko; Rehap Sekolah di Desa Talang Silungko; Rehab MCK di Desa Talang Silungko; dan Rehab Rumah Tidak Layak Huni di Desa Talang Silungko.

“Sedangkan Sasaran Non Fisik dilaksanakan berupa Penyuluhan, Penerangan dan Pelatihan diantaranya Penyuluhan Stunting; Penyuluhan Posyandu; Penyuluhan Posbindu PTM; Penyuluhan Hukum; dan Penyuluhan Pertanian,” kata Dandim.

Baca :  Minggu Pertama Pengerjaan Betonisasi Jalan TMMD 120 Kodim 0726/Sukoharjo Capai Progres 25 Persen

Dandim juga menambahkan kegiatan tersebut tidak hanya pembangunan fisik belaka namun sejatinya pembangunan Manunggal yang melibatkan seluruh sektor TNI maupun pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kita berharap melalui TMMD ke 117 ini, bersama TNI dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kegotongroyongan, kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerah, sehingga terciptanya jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh, kuat, serta terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat,” lanjutnya.

“Ini ada sebuah kerja sosial bersama-sama. Keberhasilan dari TMMD ini ketika TNI, Polri dan pemerintah bersama-sama masyarakat membangun wilayahnya,” pungkasnya. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Peringati Lahirnya Pancasila, TNI Polri Bantu LMA Sepapua dan Masyarakat Adat Papua Deklarasikan ‘Papua Damai’

Warta TNI

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711 Salurkan Bantuan Perlengkapan Ibadah Kepada Jamaah  Masjid Di Kampung Pitewi

Warta TNI

Danramil Telanaipura Anggap IPKB Sebagai Mitra Kerja yang Potensial Ditengah Pandemi Covid-19

Warta TNI

Satgas Yonif 405/SK Gelorakan Cinta Tanah Air, Merah Putih Berkibar Di Desa Waa Banti Tembagapura

Warta TNI

Timbun Akses Jalan Lorong Berlobang, Babinsa Kelurahan Beringin Ajak Masyarakat Gotong Royong

Warta TNI

Kodam II/Sriwijaya Gelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023

Warta TNI

Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI, Pangdam XVII/Cenderawasih Pesan Jaga Kedamaian Di Tanah Papua

Warta TNI

Melalui Program TMMD, Mhs KKN Unja Bersama Forkopimcam Marosebo Ulu Bersinergi Membangun SDM Masyarakat Pedesaan