Satgas TMMD Kodim 0404/ME Gandeng BNNK Muara Enim Gelar Penyuluhan Narkoba Dandim 0416/Bute Memimpin Langsung Pelaksanaan Pengambilan Data Kesegaran Jasmani Apresiasi Pengerjaan RTLH, Kades Sumaja Makmur Ajak Masyarakat Agar Berperan Aktif Wujud Peduli Kemanusiaan, PTBA TBK Tanjung Enim Salurkan Bencana Kabupaten Tanah Datar Dan Agam Pastikan Lahan Tersedia, Dandim Bute Bergerak Cepat Meninjau Lokasi Program Oplah 2024 Di Wilayah Tebo

Home / Warta TNI

Selasa, 18 Juli 2023 - 13:00 WIB

Hadirkan Rasa Empati, Prajurit Kodim 0415/Jambi Bantu Bersihkan Puing Kebakaran

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Setiap manusia pasti pernah mengalami masalah atau diuji dengan berbagai persoalan hidup, termasuk tertimpa musibah dalam hidupnya. Apapun musibahnya, mulai dari bencana alam, kebakaran, sakit, kehilangan orang yang kita cintai hingga yang melenyapkan hampir semua harta benda yang kita miliki.

Tidak ada yang bisa memprediksi kapan musibah itu akan datang. Kita bisa melihatnya bahwa musibah layaknya sebuah misteri yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun kecuali Tuhan.

Lantas apa yang harus dilakukan jika ada tetangga/warga yang tertimpa musibah? Tentunya kita semua harus mampu memberikan dukungan baik moril, materiil maupun melakukan hal-hal yang dapat meringankan beban orang yang tertimpa musibah.

Baca :  Budi Setiawan Figur Inspiratif yang Menjadi Saksi Nikah Echa & Dinar

Rasa empati sangat perlu ditonjolkan dan diberikan untuk menyikapi adanya musibah. Empati merupakan kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain dari sudut pandang mereka, yakni menempatkan diri sendiri pada posisi orang lain.

Baru-baru ini warga Jambi dikejutkan dengan peristiwa kebakaran yang meluluhlantakkan delapan unit bangunan warga sekaligus. Korban bernama Bpk Doni bersaudara beralamat di Jl. Sumantri Brojonegoro RT. 35 Kel. Payo Lebar Kec. Jelutung kota Jambi.

Guna menghadirkan rasa empati kepada korban kebakaran tersebut, prajurit Kodim 0415/Jambi dikerahkan untuk membantu korban mulai dari proses pemadaman, pendataan, pengamanan lokasi kebakaran hingga membantu membersihkan puing-puing sisa kebakaran.

Baca :  Pererat Sinergi, TNI-Polri Olga Bersama

Dukungan moril dan rasa empati sangat penting untuk membangun kembali semangat, rasa bahagia dan daya juang yang mulai pudar ketika seseorang ditimpa bencana/musibah.

Seperti diketahui bersama pada Minggu, 16 Juli 2023 sekitar pukul 17.15 Wib telah terjadi kebakaran yang menghanguskan 2 (dua) unit rumah dan 6 (enam) bangunan ruko. Asal api dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh Polsek Jelutung.

Ditemui di lokasi kebakaran, Senin pagi (17/07/2023) Danramil 415-10/Jambi Selatan Mayor Inf Edi Arman memimpin prajurit dari Kodim 0415/Jambi untuk membantu membersihkan puing-puing pasca kebakaran. Upaya ini sengaja diberikan oleh Kodim untuk mewujudkan rasa empati kita dengan cara memberi dukungan kepada korban sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca :  Nobar Siksa Kubur, Cara Unik Pangdam II/Swj Tingkatkan Keimanan

“Yang penting, selaku aparat kewilayahan dan pelaksana Binter di wilayah binaan, harus peka terhadap setiap kejadian yang muncul sambil mencari solusi dan mengajak warga lain untuk turut berperan membantu dan meringankan beban yang dialami oleh korban, tumbuhkan rasa empati untuk melatih perilaku tolong menolong antar manusia.” tutur Mayor Edi Arman. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kasad Pimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Kontijensi

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 200/BN Berikan Bantuan Sembako, Masyarakat Kampung Lain Matuan Ucapkan Terimakasih

Warta TNI

Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah

Warta TNI

Babinsa Kawal Tradisi Pawai Obor di Bulan Ramadhan

Warta TNI

Babinsa Koramil Rantau Pandan Sosialisasikan Penerimaan Calon Prajurit TNI AD

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Lokasi Agrowisata di Banyuasin

Warta TNI

Pangdam I/BB Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Operasi Hopal Toba dan Pengamanan VVIP

Warta TNI

Ayo Membaca, Satgas Yonif 143 Bagikan Buku Ke Siswa di Papua