172 Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia KIZI TNI Kontingen Garuda XX-T Monusco Tiba Di Indonesia Wakasad : Tugas Prajurit Adalah Menciptakan Kedamaian dan Rasa Aman KRI Diponegoro-365 Laksanakan Latihan Bersama Dengan LAF-Air Force Panglima TNI Kunjungi Special Air Service Regiment (SASR) Langkah Budi Setiawan Kian Mantap Menatap Pilwako Jambi 2024

Home / Warta TNI

Selasa, 29 Agustus 2023 - 19:49 WIB

Danramil Muara Bulian Imbau Masyarakat Waspadai Kebakaran Hutan Dan Lahan 

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Danramil Muara Bulian Kodim 0415/Jambi Letda Inf Gunawan mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Imbauan tersebut disampaikan Letda Inf Gunawan kepada awak media, Selasa (29/8/2023).

Menurut Gunawan dalam menghadapi musim kering (Elnino) semua Instansi mulai waspada terhadap kejadian 2015 dan 2019 kebakaran dimana-mana di Provinsi Jambi sehingga menjadikan catatan pahit yang tetap diingat sehingga kejadian yang sama tidak terulang kembali.

Tim Satgas Karhutla sudah mulai bergerak memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang berada di sekitar hutan yang berada di Provinsi Jambi agar masyarakat diberikan himbauan dan ajakan agar tidak terjadi kebakaran hutan akibat dari kelalaian atau sengaja sehingga hutan beserta isinya tetap terjaga kelestariannya maupun penduduk disekitarnya, ujarnya

Baca :  Ulang Tahun, Pangdam II/Swj Dapat Kejutan Dari Anggota

Lebih lanjut, Gunawan mengatakan bahwa Dansatgas Karhutla Brigjen Supriono juga mengatakan agar kita lestarikan hutan, agar anak cucu kita nanti bisa belajar mengenal dan melihat jenis-jenis tumbuhan, hewan, satwa yang sudah hampir punah maupun penduduk sekitar yang hidup dari hasil hutan tersebut.

Baca :  Bahagia Itu Sederhana, Bisa Naik Mobil Patroli TNI Saja, Anak-Anak SD Ini Sudah Senang Sekali!

Walaupun sekarang ini masih ada hotspot (titik api) kebakaran yang sudah diatasi dengan jenis pemadaman dari udara (Water Boom) maupun darat oleh Satgas Karhutla namun tidak menutup kemungkinan titik hotspot yang lain ditemukan.

Sesuai arahan Dan Satgas Karhutla, kita melaksanakan sosialisasi/himbauan/ajakan secara Humanis serta menempelkan Spanduk, Banner kebakaran hutan beserta sangsi yang didapatkan apabila sengaja membuka lahan/kebun dengan cara membakar sebagai efek jera, imbuhnya.

Danramil pun berulangkali mengingatkan agar anggota yang terlibat Satgas Karhutla tidak perlu selalu diingatkan tapi marilah bersama-sama menjaga dan melaksanakan perintah dengan penuh rasa tanggung jawab dan kedewasaan sehingga semua jalan seperti air mengalir.

Baca :  Danrem 042/Gapu Sampaikan Pesan Pangdam, Jika Ada Masalah Lapor Cepat dan Bijak Dalam Mengambil Keputusan

Dengan bersama-sama saling bahu-membahu kita mengantisipasi musim kering (Elnino) ini agar tidak terjadi kebakaran hutan dengan berupaya secara maksimal baik Sosialisasi/Himbauan dan ajakan terhadap masyarakat di sekitar hutan dan para pemancing yang sering buang puntung rokok sembarangan serta memasang Spanduk/Benner agar masyarakat lebih mengerti serta memahami bahaya kebakaran, pungkasnya. (RED)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Tinjau Lokasi TMMD Di Desa Bukit Indah, Ini Pesan Kasrem 042/Gapu

Warta TNI

Wujudkan Swasembada Pangan, Kodim Yawa Buka Lahan Pertanian Cabai

Warta TNI

Tanamkan Kepedulian Sesama Sejak Dini, Murid TK Kartika Jaya Ikut Berbagi Takjil

Warta TNI

Bangun Jalan Ditanah Rawa Dan Gambut, Bersinergi Terapkan Cerurup Kayu Gelam Dan Batang Kelapa

Warta TNI

Kasad Periksa Langsung Kesiapan Operasi Yonif 143/TWEJ

Warta TNI

Kodim 0415/Jambi Dikunjungi Tim Wasev Sterad Bidang Komsos

Warta TNI

Jenderal Amerika Terkesan Dengan Pelaksanaan Super Garuda Shield 2023

Warta TNI

Turun Langsung Temui Prajurit, Kasad Gali Aspirasi dan Cek Kesejahteraan Anggotanya