TOB Berberati Kembali Mendapat Apresiasi Dari Tim COE Sinyal PAN Bersama Gerindra di Pilgub Jambi 2024, Zulhas Titip Al Haris ke Prabowo 172 Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia KIZI TNI Kontingen Garuda XX-T Monusco Tiba Di Indonesia Wakasad : Tugas Prajurit Adalah Menciptakan Kedamaian dan Rasa Aman KRI Diponegoro-365 Laksanakan Latihan Bersama Dengan LAF-Air Force

Home / Warta TNI

Rabu, 13 September 2023 - 12:13 WIB

Pangdam XVII/Cenderawasih Tegaskan Tidak Ada Kompensasi Dalam Pelepasan Pilot Susi Air

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han pada Senin 11 September 2023 di Puspen TNI Jakarta menegaskan dalam upaya pembebasan Capt. Phillip Mark Mehrtens pilot Pesawat Susi Air yang disandera oleh Kelompok KST dari kelompok Egianus Kogoya, bahwa pihak TNI mengedepankan Negosiasi damai.

Pernyataan Pangdam tersebut disiarkan secara live oleh Metro TV, Pada kesempatan itu Pangdam XVII/Cen juga menyampaikan bahwa kondisi Capt. Phillip Mark Mehrtens dalam kondisi baik dan secara berkelanjutan pihak TNI terus melakukan komunikasi dengan semua pihak, baik para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan

Baca :  Jalin Kerjasama, Kontingen Cambodian EOD Undang Makan Malam Kontingen Satgas Kizi TNI Konga

“Kita masih terus mengupayakan negoisasi karena TNI memilih jalan damai dalam menyelesaikan semua permasalahan di Papua, termasuk dalam hal penyanderaan Pilot Philip Mark Mehrtens. Saya berharap tidak ada korban-korban berikutnya, baik dari pihak sipil maupun TNI Polri, karena semua permasalahan bisa diselesaikan dengan damai. Saya berharap negoisasi dari semua unsur dapat berjalan dengan baik. Semoga secepat mungkin bisa diselesaikan seperti harapan kita bersama,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Baca :  Kasdim 0415/Jambi Serahkan 110 unit Sepeda Motor Inventaris Bantuan Dari Kemenhan RI Kepada Para Babinsa

Namun sangat disayangkan, pasca penjelasan Pangdam tersebut, terdapat pihak-pihak yang menghembuskan isu adanya Kompensasi Rp 20 M dalam dalam upaya pembebasan Pilot Susi Air tersebut, Munculnya Isu tersebut menimbulkan kegaduhan dan akan berdampak menghambat upaya pembebasan sandera secara damai

Tak hanya itu, bahkan narasi isu-isu dan pemberitaan Hoax tersebut dengan menempatkan foto Pangdam XVII/Cenderawasih, yang sejatinya tidak pernah mengatakan bahwa ada uang tebusan sebesar Rp. 20 Milyar.

Baca :  8 Heli Penerbad Menyerang Sasaran di Cipatat

Saat dikonfirmasi melalui telepon terkait isu tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan tidak pernah dan menegaskan tidak benar pihaknya menyatakan ada kompensasi Rp. 20 Milyar dalam proses penyelesaian pelepasan Pilot Susi Air.

“Dengan adanya isu-isu seperti itu, bahkan adanya penyebaran berita Hoax adanya uang tebusan, bisa jadi dihembuskan dengan sengaja oleh pihak-pihak yang tidak ingin terciptanya kedamaian di Papua, khususnya menghambat pembebasan Pilot Susi Air,” terang Pangdam XVII/Cenderawasih.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Dukung Program Swasembada Pangan, Babinsa Lakukan Pendampingan Menanam Padi 

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Penetapan Komcad 2022 Di Pusdiklatpassus

Warta TNI

Dandim 0410/Kota Bandar Lampung Berikan Penghargaan kepada Personel Berprestasi

Warta TNI

Camat Marosebo Ulu Lakukan Peletakan Batu Pertama Bedah Rumah Program TMMD

Warta TNI

Tanamkan Rasa Cinta Satuan, Yonif 141/AYJP Gelar Tradisi Penerimaan Warga Baru

Warta TNI

Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Kodim 0408/BS Turun Langsung Dampingi Petani Semprot Hama Daun Jagung

Warta TNI

Dibonceng Babinsa, Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Lokasi RTLH Kampung Pancasila

Warta TNI

Kasad Diberi Gelar Datuk dan Menjadi Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu Jambi