Gelar Pertemuan Tertutup, Budi Setiawan dan Hizbullah Bahas Tentang Pembangunan Kota Jambi Lebih Baik Digembleng Ala Militer, Atlet Sulteng Jalani Puslatda PON XXI, Brigjen TNI Dody Triwinarto : Mental Petarung dan Disiplin Bekali Peserta Seleksi Dansat Kewilayahan dan Tempur, Ini Pesan Wakasad Turun Langsung Temui Prajurit, Kasad Gali Aspirasi dan Cek Kesejahteraan Anggotanya Pimpin Sertijab dan Tradisi Korps, Pangdam Cenderawasih Tegaskan Pentingnya Kerjasama dan Konsistensi

Home / Daerah

Kamis, 4 November 2021 - 17:37 WIB

Beruang Rusak Dua Rumah Warga di Desa Bukit Kesuma Pelalawan, Ada apa?

SRIWIJAYADAILY

Warga di Desa Bukit Kesuma, Pangkalan Kuras Pelalawan melaporkan kemunculan beruang. Tim SKW I, BidWil I BBKSDA Riau, pada Rabu (3/11/2021) langsung turun ke lokasi.

Plt Kepala BKSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, saat dihubungi Kamis (4/11/2021) mengatakan, hasil pengecekan tim dilokasi disebutkan ada tiga beruang yang terlihat warga berkeliaran di sekitar pemukiman.

Lebih jelas, kata Fifin, tiga beruang tersebut dua dewasa dan satunya lagi merupakan anakan, yang muncul di titik koordinat -0.036462, 101.838329.

Baca :  Kepanitiaan Outbound Senkom Mitra Polri Kota Jambi Resmi Dibubarkan

“Saat tim datang tim menemukan salah satu sarang beruang tersebut di atas pohon di belakang rumah warga,” jelas Fifin.

Menurut hasil pengecekan tim, didapati adanya kerusakan dibagian dapur warga yang disebutkan muncul sekitar pukul 1.00 WIB.

“Kepada petugas kami warga melaporkan beruang berusaha membuka dinding dapurnya. Karena ada madu dan sarang lebah,” ujar Fifin.

Menurut keterangan warga dan kepala Desa, sampai saat ini sudah ada dua warga yang melaporkan rumahnya hampir di masuki beruang.

Baca :  Profil Budi Setiawan, Anak Kolong, Meniti Karir Merangkak dari Bawah

“Selain [merusak] rumah, beruang juga membongkar kandang ayam milik warga,” lanjut Fifin.

Setelah melakukan serangkaian pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket), masyarakat mengatakan, kemunculan beruang terpantau sudah berlangsung lebih kurang 1 Minggu belakangan.

“Selain mencari madu, beruang juga dilaporkan kurang lebih 1 minggu berkeliling pemukiman dan memakan ayam milik warga di dalam kandang,” terang Fifin.

Baca :  Wujudkan Provinsi Jambi yang Berprestasi, Budi Setiawan Ajak Seluruh Pengurus KONI Selalu Jaga Kekompakan

Karena termasuk satwa yang dilindungi, Tim yang turun turut melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat agar tidak melakukan tindakan anarkis.

Tim yang turun juga memberikan kiat-kiat menghindari konflik dengan beruang, dengan cara menghidupkan api unggun atau penerangan lainnya di tempat-tempat biasa di datangi beruang.

“Tim juga menghimbau agar masyarakat tetap berkoordinasi dengan pihak bksda riau terkait beruang tersebut,” pungkas Fifin.

Share :

Baca Juga

Daerah

Harumkan Indonesia, Atlet Dayung Riau Raih Perunggu di Championship Thailand

Daerah

Mantapkan Strategi Penanggulangan Bencana Alam, KOREM 042/Gapu Gelar FGD

Daerah

Kepanitiaan Outbound Senkom Mitra Polri Kota Jambi Resmi Dibubarkan

Daerah

Sri Mulyani Umumkan Jadwal Pencarian THR ASN dan Gaji ke-13

Daerah

Sebanyak 230 Rumah di Selayar Rusak Berat Akibat Gempa di Flores Timur

Daerah

Sebanyak 1.228 Mahasiswa Universitas Jambi Di Wisuda

Daerah

Pengadilan Agama Kualatungkal Raih Penghargaan Kinerja SIPP Terbaik

Daerah

Ketua DPC Pepabri Kota Jambi Besuk Anggota yang Sakit Di Rumkit Dr Bratanata