Budi Setiawan Berharap Bisa Berjuang Bersama PKB di Pilwako Jambi 2024 Cawako Jambi Budi Setiawan Punya Strategi Mengatasi Banjir Upacara Bulanan, Kasipers Kasrem Gapu Bacakan Amanat Kasad Bekali Prajurit Jelang Purna Tugas, Kodim 0420/Sarko Kirim Anggota Ikuti Pelatihan Pembuatan Tempe Danrem Gapu Brigjen TNI Rachmad Ikuti Apel Dansat Tersebar 2024 Di Lampung

Home / Warta TNI

Minggu, 8 Oktober 2023 - 09:07 WIB

Mabes TNI Sentral Pagelaran Wayang Mendunia di 78 Titik Dengan 91 Dalang

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Tak habis-habis acara digelar oleh TNI dalam rangka memeriahkan HUT nya ke-78. Pada Jumat malam, 6/10/2023, Mabes TNI menggelar pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk bertempat di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pagelaran yang terbuka bagi masyarakat umum dengan lakon Bimo Krido yang menampilkan 5 Dalang terbaik. Adapun kelima Dalang tersebut adalah dalang utama Ki Sigid Ariyanto dari Rembang, Ki Urip Widodo (TNI AU), Ki Agus Riyanto (TNI AL), Ki Suprianto (TNI AD) dan Ki Sriyanto dari Polri.

Pagelaran Seni Wayang dengan lakon Bimo Krido juga diselenggarakan secara serentak di 78 lokasi dengan 91 Dalang, baik di dalam maupun luar negeri. Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI atau lebih dikenal dengan sapaan Laksamana Budayawan melalui video conference menyapa beberapa titik penyelenggara, diantaranya Washington DC USA, Paramaribo Suriname dan Sorong Papua Barat.

Baca :  Digembleng Ala Militer, Atlet Sulteng Jalani Puslatda PON XXI, Brigjen TNI Dody Triwinarto : Mental Petarung dan Disiplin

Dalam sambutannya Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas kerja sama prajuritnya dengan Polri dan juga seluruh komponen masyarakat. “Kegiatan ini kita selenggarakan sebagai refreshing setelah berapa lama kita melaksanakan rangkaian persiapan upacara HUT Ke-78, kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, dalam pagelaran ini terdapat tuntunan dan tontonan yang diselenggarakan di 78 wilayah tiga diantaranya di luar negeri,” ujarnya.

Baca :  Kasad : Kita Keroyok Ramai-Ramai, Demi Sejahterakan Petani

Pesan moral dalam lakon Bimo Krido ini adalah keberanian Pandawa dalam memperjuangkan hak dan kedaulatan negara. Bahwa, kemerdekaan dan kedaulatan merupakan hasil perjuangan, bukan hasil perdamaian yang membuat kemerdekaan menjadi tidak utuh. Diakhir cerita, dalam kisah perang Baratayuda, Bima berhasil mengalahkan Duryudana, disinilah titik puncak “Bima Krido” dalam memberantas kebatilan dan keangkara murkaan.

Baca :  Pangdam II/Swj Rayakan Ultah Anggota Dengan Menggelar Buka Bersama

Laksamana TNI Yudo Margono berharap mudah-mudahan Pagelaran Seni Wayang ini bisa memberi hiburan tontonan dan tuntunan kepada masyarakat sebagai wujud kebersamaan TNI dan Rakyat.

Turut hadir dalam pagelaran wayang tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Wakasau Agustinus Gustaf Brugman Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Vero Yudo Margono dan jajarannya, pejabat Kementerian dan Lembaga, pejabat utama Mabes TNI, pejabat utama Angkatan dan Polri serta tokoh masyarakat dan masyarakat umum.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kapuspen TNI Pimpin Sertijab dan Pisah Sambut Wakapuspen TNI

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Tutup Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2021 (Over Load)

Warta TNI

TNI Polri Lakukan Pendekatan Kepada Keluarga Korban Pembunuhan Personel Brimob

Warta TNI

Anjangsana dengan Tomas, Babinsa Serda Febri Bahas Keamanan di Wilayah Binaan

Warta TNI

Kasad Buka Gelaran Kasad Cup Badminton Exhibition Match 2023

Warta TNI

Biasakan Belajar Dan Cinta Tanah Air Bersama Satgas TNI 301/PKS

Warta TNI

Berikan Rasa Aman, Babinsa Dampingi Vaksinasi Anak SD Kasih Bangsa

Warta TNI

Rajut Silaturahmi, Babinsa Koramil Pijoan Hadiri Peringatan HUT Desa Sumber Agung