Mantan Bupati Usman Ermulan Memuji Langkah Budi Setiawan Maju Sebagai Wali Kota Jambi 2024 Tanamkan Cinta Tanah Air, Yonarmed 15/Cailendra Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-siswi SMK Ingatkan Peran Dansat, Kasad : Jangan Jadi Dansat Hanya Fotonya Saja! Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Ajak Murid Sekolah Wujudkan Mimpi Dan Cita-Cita Satgas Yonif 122/TS Percepat Pembangunan Gereja di Daerah Perbatasan Bersama Warga 

Home / Warta TNI

Sabtu, 6 November 2021 - 19:20 WIB

Amphibious Poonton Bantu Gerak Maju Pasukan Latancab Kartika Yudha 2021

SRIWIJAYADAILY

Salah satu tugas pasukan Zeni Tempur (Zipur) dalam mendukung serangan dalam operasi tempur adalah membuka dan mempermudah gerak maju pasukan, baik personel maupun materiel beserta kendaraan tempurnya dari berbagai rintangan di medan.

Salah satu rintangan yang menyulitkan gerakan adalah sungai atau parit lebar. Urusan mengatasi hal tersebut, pasukan Zipur diterjunkan untuk memasang Amphibious Poonton, seperti yang dilakukan Peleton Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur)-9 Satgasrat Brigif Raider-13/Galuh Kostrad pada Latihan Antar Kecabangan TNI AD TA 2021 Kartika Yudha di Puslatpur TNI AD, Martapura, OKU, Sumatera Selatan, Jumat (5/11/2021).

Baca :  Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati

Dijelaskan Komandan Peleton Amphibious Ponton Lettu Czi M. Alam Palda, S.Tr.(Han), Poonton merupakan jembatan taktis militer yang menggabungkan media apung yang dideretkan membentuk jalur yang bisa dilewati manusia maupun kendaraan dengan bobot maksimum tertentu. Media tersebut bisa berupa perahu, tongkang atau drum/silider yang kedap air, di mana pada kedua ujung sistem pontoon, media apung terakhir ditambatkan dengan penambat sehingga keseluruhan badan jembatan tidak bergeser meski terkena arus sungai.

Baca :  CE Via Budi Setiawan, "Kuda Hitam" di Pilwako Jambi

“Fungsi Amphibious Poonton dalam operasi militer adalah memudahkan gerak kendaraan tempur, terutama satuan bantuan tempur berupa seperti Tank Leopard, Rudal Atlas, Anoa maupun kendaraan pengangkut logistik untuk melewati rintangan alam berupa sungai atau ceruk yang dalam,” papar Lettu Alam Palda.

Baca :  Keren, Serdadu Wira Borong Juara Lomba Lari Maraton

Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha, merupakan latihan terbesar TNI Angkatan Darat yang melibatkan seluruh kecabangan TNI AD untuk mendukung latihan pertempuran tingkat Brigade.

(Dispenad)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Korem 081/DSJ Terjunkan Ratusan Personel Amankan Arus Balik Lebaran

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Lepas Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J/Minusca Car Yonzipur 2/SG Ke Afrika Tengah

Warta TNI

Berhasil Berbuat Kebaikan Untuk Masyarakat Papua, 400 Prajurit Yonif R 142/KJ Kembali Dengan Formasi Lengkap

Warta TNI

Semangat Kreativitas Prajurit Paldam Dalam Dukung Tugas Kodam II/Swj

Warta TNI

Babinsa Kodim 0418/Palembang Melaksanakan Jum’at Berkah Bagikan Nasi Bungkus

Warta TNI

Prajurit Yonif 147/KGJ Peduli Anak Sekolah

Warta TNI

Kasad Cek Kesiapan Operasi dan Tinjau Perumahan Prajurit Yonif 726/Tamalatea

Warta TNI

Pantau Gerai Vaksinasi Anak, Pjs Danramil Jambi Timur Ajak Warga Pedomani Prokes