Jika Terpilih Jadi Walikota Jambi, Budi Setiawan Akan Bangun dan Perbaiki Sarpras Venue Olahraga Terpusat Ratusan Prajurit Jajaran Korem 032/WBR Stand By, Dapur Lapangan Akan Segera Digelar di Sungai Pua Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Pimpin Sertijab Dandim 0415/Jambi Kedatangan Dandim Palembang Letkol Kav Ferdiansyah Disambut Dengan Tradisi Satuan Pelaku Pembunuh Alm Danramil Aradide Sering Mendapat Bantuan Sembako, Kapendam Cenderawasih : Air Susu Dibalas Air Tuba

Home / Warta TNI

Senin, 15 Januari 2024 - 07:09 WIB

Danrem 031/WB Pimpin Pembersihan Pantai Dumai

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan,. S.AP,. M.Han, memimpin dan meninjau langsung kegiatan karya bakti pembersihan pantai Dumai dan penanaman pohon mangrove di Hutan Bakau Pantai Kampung Nelayan Kota Dumai, Jumat (12/1/2024) lalu.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 031/WB, kegiatan yang dilakukan di Pantai Nelayan Kota Dumai ini bertujuan tidak hanya sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai, namun juga untuk menjaga kelestarian ekosistem bakau yang menjadi bagian penting dalam mitigasi risiko banjir di Kota Dumai.

Kegiatan hari ini merupakan kegiatan Karya Bakti dalam pelaksanaannya pembersihan pantai dan penanaman Bakau di mana melibatkan TNI-Polri, BPBD, Satpol PP Kota Dumai, Organisasi Pemuda, Pramuka, Pelajar, Organisasi masyarakat Ikapad, FKPPI, PPM dan Menwa serta warga di wilayah pantai.

Baca :  Ciptakan Pemilu Damai, TNI - Polri Di Bungo Gelar Patroli Gabungan

Dalam sambutannya, yang disampaikan Danrem kegiatan karya bakti ini berdasarkan perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dan telah didelegasikan kepada satuan kewilayahan..

“Bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah upaya meminimalisir terjadinya banjir di Kota Dumai, yang seringkali dipicu oleh masalah sampah dan berkurangnya area bakau, ” ujar Danrem .

Baca :  Pimpin Acara Pelepasan Pindah Satuan Mayor Edi Arman dan Penerimaan Personel Baru, Ini Pesan Dandim 0415/Jambi

Baca juga: Danrem 031/Wirabima Beri Pengarahan Prajurit Kikavser
Kegiatan karya bakti ini bukan hanya sebagai langkah singkat, melainkan sebagai investasi jangka panjang dalam mencintai lingkungan.

Dengan penanaman pohon mangrove dan pembersihan pantai di berbagai lokasi, termasuk Pantai Bandar Bakau, kawasan mangrove, dan lokasi kuliner nelayan, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi lingkungan Kota Dumai.

Sementara itu, Walikota Dumai yang diwakili oleh Asisten I H.Yusrizal,S.Sos,MSi, menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. Ia menekankan bahwa kepedulian terhadap lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan kewajiban bersama masyarakat,” ujar Asisten I H.Yusrizal, S.Sos, M.Si.

Baca :  Danramil Pijoan Sambut Kunjungan Safari Ramadhan Pj.Bupati Muaro Jambi di Wilayahnya

Tokoh aktivis lingkungan mangrove, Darwis Muhammad Saleh, juga ikut serta dalam kegiatan ini. Dengan pengalamannya dalam pelestarian mangrove, Darwis memberikan pandangan tentang pentingnya menjaga ekosistem bakau sebagai upaya melindungi kota dari potensi banjir.

Kehadiran tokoh seperti Darwis memberikan inspirasi kepada peserta kegiatan untuk terus mencintai alam dan menjaga keberlanjutan upaya pelestarian lingkungan tetap terjaga, serta terus berinvestasi amal dengan mencintai lingkungan. (Dispenad)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

TNI Akan Salurkan Kembali BLT-PKLW

Warta TNI

Personel Koramil 1703-01/Enarotali Mulai Menanam Bibit Di Lahan Kosong Milik Warga

Warta TNI

Daeng Malewa Gelar Nama Adat Gowa Untuk Jenderal Dudung

Warta TNI

Danbrigif 8/GC Pimpin Sertijab Danyonif 141/AYJP

Warta TNI

Dukung Program Swasembada Pangan, Babinsa Lakukan Pendampingan Menanam Padi 

Warta TNI

Buka Expo UMKM di Banten, Kasad Canangkan 1000 Angkringan dan Sumur Bor

Warta TNI

Terima Kasih Warga Manggalapi Palolo Sulteng kepada Mayjen Farid Makruf atas Kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Air

Warta TNI

Pasis Dikreg LXI Seskoad Melaksanakan Konseling