Semangat Hardikal 2024, Prajurit Jalasena Laksanakan Long March Sejauh 78 Km Selalu Ramai, Rumah Baca Si’mbisa Sekolah Kedua Bagi Anak-Anak Distrik Assue Dandim 0729/Bantul Bersama Forkopimda Serahkan 52 Mesin Pompa Air Secara Simbolis Kepada Kelompok Tani Aparat TNI yang Melaksanakan Tugas Pengamanan Papua Tempati Akomodasi Militer Jika Terpilih Jadi Walikota Jambi, Budi Setiawan Akan Bangun dan Perbaiki Sarpras Venue Olahraga Terpusat

Home / Warta TNI

Kamis, 29 Februari 2024 - 19:05 WIB

Pabung Muaro Jambi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Komandan Kodim 0415/Jambi diwakili Pabung Muaro Jambi Mayor Inf Beni, S.I.P mengikuti Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan 2024 dalam rangka menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 di lapangan Mapolres Muaro Jambi yang beralamat di Jln. Lintas Timur KM. 32 Desa Bukit Baling Kec. Sekernan Kab. Muaro Jambi, Kamis (29/2/2024).

Pada kegiatan itu Pabung Mayor Beni mengatakan bahwa TNI, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Keselamatan 2024 dalam rangka menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.

Apel gelar tersebut melibatkan personel gabungan yang terdiri Personil Kodim 0415/Jambi, Personil Polres Muaro Jambi, Personil Satpol PP dan Damkar Kab. Muaro Jambi, Personil Dinas Perhubungan Kab. Muaro Jambi, Personil Dinas Kesehatan Kab. Muaro Jambi, Perwakilan Pelajar, Perwakilan Mahasiswa, Perwakilan Ojol serta Perwakilan Organda, jelas Beni.

Baca :  Tekan Inflasi, Pangdam II/Sriwijaya Serukan Gerakan Tanaman Pangan di Pekarangan

Dalam amanat Kapolres Muaro Jambi AKBP Wahyu Bram, mengatakan bahwa Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Permasalahan di bidang lalu lintas saat ini, telah berkembang dengan cepat dan dinamis, dimana perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, dengan banyaknya transportasi layanan umum yang berbasis online (cukup menggunakan handphone).

Hal ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polisi Lalu Lintas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

Hal ini juga sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, ujar Kapolres.

Baca :  Kasum TNI Pimpin Sertijab Asrenum dan Aster Panglima TNI

Kita menyadari, bahwa dalam mengatasi permasalahan di bidang lalu lintas tersebut tidak bisa hanya berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya, dalam hal ini menciptakan Pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas di tengah keseriusan, terlibat aktif dalam mendukung Pemerintah pengamanan Pemilu Tahun 2024, Polri dan jajaran juga harus tetap fokus dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya.

Polri jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat, dan penegakan hukum. Polri jangan pernah lengah dalam memberikan perlindungan, memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya, pesannya.

Lebih lanjut, Wahyu menyampaikan bahwa Pelaksanaan operasi keselamatan Tahun 2024 yang dilaksanakan tahun ini, lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Baca :  Hari Buruh, Dr Budi Setiawan Ajak Masyarakat Beri Penghargaan Kepada Pekerja

Kegiatan pelaksanaan operasi keselamatan dititikberatkan pada giat deteksi dini, pemetaan daerah rawan macet dan kecelakaan serta melakukan giat edukasi dalam rangka membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, imbuhnya.

Adapun sasaran operasi keselamatan Tahun 2024 dilakukan terhadap pelanggaran prioritas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang menjadi atensi, antara lain : Pengemudi ranmor yang menggunakan HP; Pengemudi ranmor di bawah umur; Berboncengan lebih dari satu orang; Tidak menggunakan helm SNI; Menggunakan ranmor dalam pengaruh alcohol; Melawan arus; Pengemudi ranmor yang tidak menggunakan safety belt; mengemudikan ranmor secara ugal-ugalan, serta pelanggaran over dimensi dan over loading (odol).

Turut hadir pada Apel tersebut, Sekda Pemda Muaro Jambi Budhi Hartono, Kajari Sengeti, Wakapolres Muaro Jambi, Sekretaris Sat Pol PP Muaro Jambi, Kepala BPBD Muaro Jambi serta Tamu undangan.**

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Bersama Masyarakat Batu Empang, Danrem 042 Gapu Panen Ikan Di Lubuk Larangan

Warta TNI

Pastikan Kesiapan Tempur Satuan Arhanud, Kasad Tinjau Latihan Menembak Senjata Berat

Warta TNI

Ciptakan Lingkungan Asri dan Nyaman, Satgas Yonif Raider 200/BN Bersama Warga Bersihkan Gereja

Warta TNI

Tarian Taebenu Sambut Kedatangan Kasad di Bandara El Tari Kupang

Warta TNI

Hadapi Musim Kemarau, TNI Polri Di Kumpeh Bersama Masyarakat Peduli Api Gelar Latihan Antisipasi Karhutla

Warta TNI

Dukung Program Pemerintah ; TNI AD Optimalkan Program Ketahanan Pangan dan Ketersediaan Air

Warta TNI

Peran Aktif Babinsa Sukseskan MTQ Tingkat Kecamatan di Desa Sogo

Warta TNI

Kunker ke NTT, Kasad Berikan Kuliah Umum Kepada Ratusan Mahasiswa di Perbatasan RI-RDTL