Pembangunan Batalyon Penyangga, Wujud Komitmen TNI AD dalam Percepatan Pembangunan di Papua Wujudkan Situasi Keamanan Wilayah yang Kondusif, Aparat Gabungan Berhasil Amankan Homeyo Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey di Kabupaten Agam Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim

Home / Warta TNI

Kamis, 25 April 2024 - 22:15 WIB

Kodim 0417/Kerinci Kerahkan Babinsa Bantu Bersihkan Lumpur di Rumah Warga Desa Semumu Akibat Banjir

SRIWIJAYADAILY KERINCI – Hujan lebat yang melanda sejumlah daerah dalam kabupaten Kerinci,  Rabu sore 24 April 2024 kemaren menyebabkan Desa Semumu, Kecamatan Depati Tujuh, Kabupaten Kerinci terendam banjir.

Selain merendam rumah, banjir juga merendam ruas jalan penghubung antar desa. Akibat banjir tersebut, arus lalulintas lumpuh total. Kendaraan  roda dua maupun roda empat tak bisa melintas. Warga pun terisolasi di rumah.

Baca :  PM Japan Lantik 3 Perwira Remaja TNI Lulusan NDA

Kodim 0417/Kerinci yang tergabung dalam Tim Satgas Tanggap Darurat langsung terjun ke lokasi membantu warga dan menelusuri penyebab banjir di wilayah tersebut.

Dikutip dari keterangan Danramil 417-03/Air Hangat Kapten Chb Firman mewakili Dandim 0417/Kerinci mengatakan hujan deras yang memicu banjir ini diakibatkan oleh saluran drainase sungai yang tidak bisa menampung besarnya debit air yang masuk.

Baca :  Cara Sederhana Ksatria Buaya Putih Gerakkan Roda Perekonomian Masyarakat

“Kami lihat bahwa salah satu penyebab banjir, karena saluran bandar yang mengaliri air kecil bahkan tidak normal sehingga airnya melimpah kerumah-rumah warga dan tidak ditutupnya juga pintu air bandar Kasigi sehingga air meluap,” ujar Firman.

Saat menyambangi lokasi banjir, Danramil bersama anggota Babinsa lainnya langsung mendatangi rumah – rumah warga yang terdampak banjir.

Tampak Danramil dan Babinsa bersama warga masyarakat gotong royong membersihkan rumah-rumah warga yang terdampak, jalan dan saluran air dari tumpukan lumpur akibat banjir semalam.

Baca :  Hebat! Prajurit Yonarhanud 12/SBP Sabet Medali Perak di Ajang Kapolri Cup 2024

“Kondisi saat ini sudah kembali normal, arus kendaraan juga sudah mulai normal kembali, tadi malam banjir hanya melintas sepintas lalu dan tidak membuat genangan air namun perlu dilakukan pembersihan lumpur akibat banjir itu.” ungkap Danramil.

Sumber : Penrem042/Gapu

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Resmikan Nama Gedung Dan Patung Letjen TNI Herman Asaribab

Warta TNI

Babinsa Koramil 05/Sengeti Hadiri Acara Pelantikan Kepala Dusun Lubuk Panjang

Warta TNI

Koramil 415-11/Jambi Timur Ikut Bantu Pengamanan Pelayanan Lebaran 1444 H

Warta TNI

Kunjungan Perdana, Ini Pesan Penting Danrem 045/Gaya Kepada Anggota dan Persit Kodim 0413/Bangka

Warta TNI

Peringati Lahirnya Pancasila, TNI Polri Bantu LMA Sepapua dan Masyarakat Adat Papua Deklarasikan ‘Papua Damai’

Warta TNI

Mengenal Sosok Danrem 045/Gaya yang Baru, Ternyata Pernah Di Kopassus

Warta TNI

Ini Sosok Orang Nomor 1 di Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika

Warta TNI

Satgas Yonif R 142 /KJ Gelar Patroli Simpatik