Halal Bihalal Pepabri Kota Jambi, Tingkatkan Tali Silaturahmi dan Persaudaraan Kasad : Kita Keroyok Ramai-Ramai, Demi Sejahterakan Petani Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Pimpin Sertijab Dandim Kerinci Dahaga Prestasi Bangsa, Pangdam II/Swj dan Ribuan Warga Nobar Final AFC-U23 Dankodiklatal Sambut Hangat Kehadiran Dirlitbang Pusjiantralitbang Mabes TNI

Home / Nasional

Sabtu, 13 November 2021 - 10:50 WIB

Pemkot Jambi Raih Penghargaan STBM 2021 Dari Menkes

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

SRIWIJAYADAILY

Pemerintah Kota Jambi berhasil meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Raihan tersebut merupakan buah dariĀ  inovasi mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih melalui konsep pembangunan Bergerak Bersama di Kota Jambi dalam mengupayakan 5 pilar STBM.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan melalui Gubernur Jambi Dr. Al Haris, S.Sos, MH kepada Dr. H. Maulana, kepada Wakil Wali Kota Jambi pada Upacara HKN di Aula Rumah Dinas Gubernuran, Jumat (12/11/21).

Pemerintah Kota Jambi pun menjadi satu-satunya Kota di Jambi yang masuk dalam 6 besar inovasi terbaik pencapaian STBM.

Baca :  PT Arwana Citra Mulia Hibahkan 10.000 M2 Keramik Untuk Kodam II/Swj

Hal ini terjadi, karena sebagai Kota Besar dengan berbagai kompleksitas dan keterbatasan lahan yang dihadapinya, Kota Jambi terbukti mampu mewujudkan 5 pilar STBM dengan nilai capaian bulat 100 persen.

Lima pilar tersebut meliputi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengelolaan sampah, penyediaan air minum, dan penanganan drainase.

Sebelumnya, sejumlah tahapan dilalui Kota Jambi hingga terpilih menjadi 6 besar inovasi terbaik STBM 2018 ini.

Baca :  Tanamkan Disiplin Sejak Dini, Satgas TMMD Latih Baris Berbaris Anak-Anak SD

Pertama, Kota Jambi menjadi satu dari 24 kota/ kabupaten se-Indonesia yang telah 100 persen open defecation free (ODF) atau bebas aksi buang air besar sembarangan.

Setelah itu, Kota Jambi masuk dalam tahapan administrasi dan verifikasi lapangan oleh tim Kemenkes. Hasilnya Kota Jambi terpilih masuk 6 besar inovasi terbaik STBM 2021.

Capaian ini sekaligus menunjukkan bahwa konsep Bergerak Bersama yang diusung Visi Jambi terkini di bawah Wali Kota Sy Fasha dan Wakil Waki Kota Maulana dalam memimpin Kota Jambi berhasil.

Baca :  Babinsa Koramil 418-08/Sako Gercep Bantu Pencarian Bocah Tenggelam Di Sungai Borang

Dalam konsep inilah pemerintah kota berusaha menggerakkan seluruh stakeholder pembangunan untuk bersama mewujudkan pemahaman dan kesadaran melakukan kebiasaan hidup bersih serta sehat berhasil diwujudkan.

Selain itu, di lingkungan Pemerintah Kota Jambi sendiri sejumlah program dilakukan seperti normalisasi sungai-sungai, koordinasi serta koordinasi untuk menghilangkan perilaku BABS.

Kota Jambi, memiliki komitmen kuat terkait terwujudnya lingkungan bersih sehat ini. Maulana yakin ke depan Kota Jambi akan semakin bersih, sehat, dan maju.(*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Syarat Perjalanan Penumpang Transportasi Laut Masa Nataru 2021 – 2022

Daerah

Presiden Beri BLT Minyak Goreng dan BMK di Kota Jambi

Nasional

TNI AL Tuan Rumah Sea Garuda Exercise 2023

Nasional

Izin Edar Frozen Food, Ini Penjelasan Badan POM

Daerah

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Sebelum Idul Fitri 2022 Sudah Beroperasi

Nasional

Scorching Cam Designs

Nasional

Sertifikat Vaksin Indonesia Berlaku Internasional, Ini Cara Aksesnya

Nasional

Penyalahgunaan Solar Subsidi, Polisi Amankan Tiga Tersangka dan 1 Ton BBM