Kode Berpasangan Lagi di Pilgub Jambi, Inilah Bukti Keakraban Al Haris dan Abdullah Sani 142 Orang Putra Terbaik Bangsa Ikuti Pendidikan Secata Di Rindam II/Swj Navy Fun Run Hardikal Ke-78, Ribuan Runners Jelajahi Kawah Candradimuka TNI AL Bumimoro Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan

Home / Daerah

Sabtu, 11 Desember 2021 - 14:28 WIB

HD Buka Festival Kulintang, Kulineran Jaman Bingen

Sriwijayadaily

Ada yang unik dari Festival Kulintang (Kuliner Talang Kepuh) yang digelar di Kelurahan Talang Kepuh, Gandus Palembang, Sabtu (11/12/2021). Dibandingkan Festival Kuliner lain yang pada umumnya cenderung menyediakan makanan kekinian dan dibayar dengan mata uang rupiah pada umumnya.

Festival diadakan selama dua hari, tanggal 11 dan 12 Desember 2021 terbuka untuk siapa saja. Festival Kulintang kuliner yang disajikan adalah makanan jaman bingen, jajanan sekolahan dan alat pembayarannyapun uang mainan jaman bingen yang dapat ditukarkan oleh para pengunjung ditempat kasir yang sudah disediakan.

Baca :  Profil Budi Setiawan, Anak Kolong, Meniti Karir Merangkak dari Bawah

” Hal tersebut dilakukan untuk memberikan sensasi kembali pada masa dahulu kepada para pengunjung dimana uang pecahan tersebut masih diberlakukan, ” ungkap Kepala  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, DR. Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) saat membuka acara mengatakan bahwa Festival Kulintang dilaksanakan untuk mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki khususnya makanan dan jajan jaman bingen (dahulu).

Baca :  Ribuan Warga Hadiri Halal Bihalal Dikediaman Bakal Calon Walikota Jambi Budi Setiawan

“Masyarakat harus dapat mengikuti perkembangan jaman tanpa harus melupakan kebuduyaaan dan kearifan lokal yang diwariskan oleh para nenek moyang, salah satunya melestarikan warisan kuliner yang dimiliki”  tegas HD.

Selain itu HD mengatakan bahwa festival ini juga akan memberikan manfaat pertumbuhan ekonomi pada masyarakat sekitar yang juga merupakan komitmennya dalam memajukan daerah secara merata sesuai dengan hastag yang dimilikinya “Sumsel Maju Untuk Semua”.

Baca :  Wujudkan Provinsi Jambi yang Berprestasi, Budi Setiawan Ajak Seluruh Pengurus KONI Selalu Jaga Kekompakan

“Ini merupakan salah satu cara dalam mewujuhkan komitmen kita, festival ini juga dilakukan untuk memajukan wilayah talang kepuh agar perkembangannya lebih cepat terlaksana serta lebih diperhatikan lagi oleh masyarakat palembang untuk dapat berkunjung kedaerah ini”, ucap HD.

Selanjutnya HD beserta tamu undangan lainnya meninjau stand yang ada di Festival Kulintang.

Share :

Baca Juga

Daerah

Budi Setiawan Ungkap Alasan Dirinya Maju Pada Pilwako Jambi 2024

Daerah

Satu Unit Rumah Warga Desa Pematang Gajah Ludes Tebakar

Daerah

Sinergitas Pemprov Dan PWI Siapkan HPN Tahun 2022

Daerah

Mudik 2022, Pengendara Dihimbau tidak Berhenti di Bahu Jalan Tol

Daerah

Budi Setiawan Apresiasi Kejurnas Tenis Gubernur Cup, Ini Salah Satu Cabor Unggulan KONI Provinsi Jambi

Daerah

Gubernur Jambi Dukung Klenteng Da Zhen Dian Jadi Icon Wisata Religi

Daerah

Pengamat Ungkap Sosok Budi Setiawan yang Humble Serta Punya Daya Juang Tinggi

Daerah

PWI Peduli Gelar Aksi Sosial Bagikan Sembako Kepada Insan Pers Di Tanjab Barat