Pembangunan Batalyon Penyangga, Wujud Komitmen TNI AD dalam Percepatan Pembangunan di Papua Wujudkan Situasi Keamanan Wilayah yang Kondusif, Aparat Gabungan Berhasil Amankan Homeyo Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey di Kabupaten Agam Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim

Home / Warta TNI

Sabtu, 18 Desember 2021 - 09:25 WIB

Cegah Abrasi Pantai, Prajurit Satgas Yonmek 643 Bersama Warga Bangun Tanggul Di Pantai Perbatasan

SRIWIJAYADAILY
Guna mencegah abrasi pantai, 6 personel Pos Camar Bulan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns dipimpin Serda Yohanes bersama masyarakat membangun tanggul penahan abrasi di pantai Maludin, Dusun Maludin, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau. Jumat (17/12/2021).

Baca :  Digembleng Ala Militer, Atlet Sulteng Jalani Puslatda PON XXI, Brigjen TNI Dody Triwinarto : Mental Petarung dan Disiplin

Dansatgas mengatakan proteksi pantai yang didesain utk memproteksi daratan dari abrasi yang ditimbulkan oleh aktivitas gelombang serta semakin tinggi air laut yang merembes ke daratan yang disebabkan dari berubahnya iklim yang tajam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membangun tanggul penahan abrasi.

Lebih lanjut diterangkannya, fungsi tanggul tersebut sebagai penahan gelombang pasang laut agar tidak mencapai jalan umum dan pemukiman yang ada di sekitar pantai Maludin. Penahan abrasi itu dibangun dengan susunan batu-batu besar dengan tinggi tiga meter dari muka level air laut.

Baca :  Kasad Kembali Tegaskan Netralitas , Ketua Komisi I DPR RI Yakin TNI Netral !

“Tanggul penahan abrasi ini dibangun sebagai upaya untuk mencegah adanya abrasi pantai dan menjamin keamanan warga sekitar pantai,” ucap Dansatgas.

Baca :  172 Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia KIZI TNI Kontingen Garuda XX-T Monusco Tiba Di Indonesia

Di tempat terpisah, Herman (43) salah satu warga Dusun Maludin mengucapkan terima kasih atas bantuan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns untuk mencegah abrasi di pantai Maludin, apalagi sekarang sudah musim ombak besar.

“Semoga tanggul ini dapat menahan abrasi di pantai Maludin dan rumah kami dapat terhindar dari bahaya banjir ataupun tersapu ombak,” ujarnya (Dispenad).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

TNI Bangun Pos Kamling Untuk Masyarakat

Warta TNI

Kontingen Garuda UNIFIL Juarai SASCO 2022

Warta TNI

Anggota Stafter Kodim 0415/Jambi Hadiri Pelantikan Pengurus Pramuka Kota Jambi

Warta TNI

Pasukan TNI dan Brimob Pukul Mundur KST Papua di Kabupaten Intan Jaya 

Warta TNI

Satgas 711/Raksatama Berbagi Tali Asih Ke Warga Perbatasan

Warta TNI

Satgas TMMD Bantu Operator Isi BBM Alat Berat

Warta TNI

Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Warga

Warta TNI

Hadiri Satu Abad Nahdlatul Ulama Di Denzipur 10/KYD, Kasdam XVII/Cenderawasih Ajak Pemberdayaan Ekonomi Umat