Dahaga Prestasi Bangsa, Pangdam II/Swj dan Ribuan Warga Nobar Final AFC-U23 Dankodiklatal Sambut Hangat Kehadiran Dirlitbang Pusjiantralitbang Mabes TNI Bersama Masyarakat, Kasad dan Pangdam Cenderawasih Tanam 1.000 Pohon Mangrove Terkait Penggerebekan Narkoba, Dandim 0201/Medan : Penangkapan Bukan Di Asmil TNI AD Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program

Home / Daerah

Senin, 3 Januari 2022 - 08:37 WIB

Kapolda Riau Ziarah Makam Marhum Pekan Pendiri Kota Pekanbaru

Sriwijayadaily

Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal, didampingi beberapa Pejabat Utama dan Kapolresta Pekanbaru melakukan ziarah di Makam Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan. Sultan kelima dari Kerajaan berjasa sebagai pendiri Kota Pekanbaru.

Lokasi komplek Makam Marhum Pekan bersebelahan dengan Masjid Raya Nur Alam, jalan Senapelan Kelurahan Kampung Bandar Senapelan Kota Pekanbaru. Merupakan komplek pemakaman dari pendiri Kota Pekanbaru bersama keluarga dan kerabat dekatnya. Mereka yang dimakamkan di kawasan ini berasal dari keluarga Kerajaan Siak Sri Indrapura yang memerintah di Pekanbaru pada abad ke-18.

Baca :  Ribuan Warga Hadiri Halal Bihalal Dikediaman Bakal Calon Walikota Jambi Budi Setiawan

Ziarah dilakukan Kapolda Riau sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa almarhum serta mengenal kembali sejarah perjalanan para pendiri kota Pekanbaru yang telah berjasa terhadap berdirinya kota Pekanbaru yang telah berkembang pesat hingga saat ini.

Penjaga Makam Marhum Pekan, Dadang Irham memberikan penjelasan sejarah panjang tentang makam Marhum Pekan kepada Kapolda Riau, yang selanjutnya melakukan tabur bunga dan doa bersama di Makam Marhum Pekan (Pendiri Kota Pekanbaru).

Baca :  Partai Golkar Kota Jambi Gelar Doa Bersama, Ini Harapan Budi Setiawan

Irjen M Iqbal mengatakan tujuannya mendoakan almarhum yang telah berjasa dan menyambung bersilaturahmi untuk mendapatkan berkah dari yang Maha Kuasa.

“Terimakasih banyak sudah merepotkan, niat saya ziarah tentunya mendoakan almarhum dan almarhumah yang telah berjasa dan mensiarkan agama Islam khusunya dikota Pekanbaru dan provinsi Riau pada umumnya, dengan silautrahmi insyallah kita akan mendapatkan berkah Allah SWT,” ujar Iqbal, Minggu (2/1/2021).

Baca :  Wagub Jambi Abdullah Sani Apresiasi Pengajian Akbar dan Silaturahim Syawal LDII

“Saya tahun 2000 disini, 2005 saya pendidikan, putra ke 2 saya lahir di (Pekanbaru) sini dengan nama Muhammad Sultan. Allah SWT membawa saya kesini mungkin saja atas doa-doa orang tua kita,” sambungnya.

Usai ziarah, Kapolda Riau beserta rombongan melaksanakan sholat Dhuha di Mesjid Raya Pekanbaru dan bersilaturahmi dengan Camat Senapelan, Lurah Kampung Bandar, tokoh masyarakat dan segenap pengurus masjid.

Share :

Baca Juga

Daerah

Jembatan Tol Kapal Betung Menuju Jambi Digadang-gadang Terpanjang di Indonesia

Daerah

Kemenhub Uji Coba Pemanduan Elektronik Pertama di Perairan Sungai Musi

Daerah

Tonggak Peduli Semeru, Dari ‘Ngamen’ Dijalanan Hingga Gedung Teater Arena TBJ

Daerah

Selamat HUT Kota Sejuk Yang Penuh Tumpukan Sampah

Daerah

Danramil Telanaipura Hadiri Silaturahmi Forum RT di Kantor Kecamatan Alam Barajo

Daerah

Posko Darurat Abrasi Pantai Minahasa Selatan Harus Teroganisir

Daerah

Hamdan Zoelva Lantik Pengurus Syarikat Islam Jambi

Daerah

Ruko Semi Permanen di Pasar KM 2,5 Kelurahan Tebing Tinggi Terbakar