Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit Direktur Keuangan TNI AD Pimpin Rabinniscab Keuangan TNI AD Tahun 2024 Peringatan 61 Tahun Integrasi Papua, Satgas Yonif 122/TS Bersama Pemda Rekor Muri Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang

Home / Warta TNI

Selasa, 4 Januari 2022 - 18:04 WIB

Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu

Personel Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu (Pendam XVII/Cenderawasih)

Personel Satgas Yonif 123/RW Bantu Masyarakat Dalam Proses Pengolahan Sagu (Pendam XVII/Cenderawasih)

SRIWIJAYADAILY
Bertempat di Kampung Rawa Biru Distrik Sota Kabupaten Merauke Papua, Satgas Yonif 123/RW Pos Rawa Biru yang dipimpin Danpos Serka Alfansuri beserta anggota melaksanakan kegiatan membantu masyarakat dalam proses pengolahan sagu yang merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Papua, Selasa (4/1/2022).

Pemilihan batang pohon sagu yang berisi tepung sagu ditandai dengan batang pohon sagu yang sudah tua dan mengeluarkan bunga. Batang tumbuhan sagu terdiri dari lapisan kulit bagian luar yang keras berupa lapisan epidermal dan bagian dalam berupa empulur yang mengandung serat-serat dan pati. Sagu merupakan bahan makanan pokok yang memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Baca :  Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Ikuti Vicon Rakornis TMMD Ke-120 TA. 2024

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Satgas Pamtas Yonif 123/RW Letda Inf Faduhusi Zega mengatakan bantuan kepada masyarakat oleh personel Pos Rawa Biru tersebut sebagai upaya pendampingan dalam memberikan bantuan tenaga dan bimbingan pengolahan sagu yang baik serta sebagai upaya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Baca :  Tingkatkan Sinergi dan Soliditas, TNI - Polri di Kerinci Gelar Buka Puasa Bersama Dan Bagi-Bagi Takjil

“Kami Satgas membantu keluarga ibu Martha dan bapak Bonofasius dalam mengolah sagu dari mulai proses pemilihan batang pohon sagu berkualitas yang akan ditebang, proses pemotongan batang sagu, hingga memukul/mencacah batang pohon sagu dengan alat khusus yang masih tradisional dan selanjutnya menyaring batang sagu yang sudah dihaluskan sampai akhirnya menjadi tepung sagu,” terang Pasiter Letda Inf Faduhusi Zega melalui keterangan tertulis Pendam XVII/Cenderawasih.

Baca :  Prajurit Kodim 0415/Jambi Berikan Ceramah Isra' Mi'raj di Mesjid Alaqobah Mayang Mangurai

Ibu Martha (32) warga Kampung Rawabiru menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu meringankan pekerjaannya dalam pengolahan bahan makanan pokok dari batang sagu ini.

“Terimakasih kepada bapak TNI yang sudah memberikan bantuan kepada kami yang biasanya lebih lama dikerjakan dan sekarang sudah lebih cepat dari sebelumnya,” pungkas ibu Martha. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Diktukba TNI AD TA 2023 Di Rindam XVII/Cenderawasih Resmi Ditutup

Warta TNI

DPR RI Menyetujui Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat

Warta TNI

Percepat Optimasi Lahan Rawa, Pangdam II/Swj Gelar Rakor

Warta TNI

Tingkatkan Sinergitas, Danrem Gapu Kunjungi Bupati Tebo

Warta TNI

Pangdam Cenderawasih Buka Rapat Evaluasi Progja Dan Anggaran Semester II TA 2021

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Hadiri Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Kemenkumham Babel

Warta TNI

Bangkitkan Semangat Olahraga, Babinsa Rantau Pandan Hadiri Pembukaan Turnamen Voli