Budi Setiawan Bakal Gelar Nobar Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Media Center, Terbuka untuk Umum Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Home / Warta TNI

Rabu, 19 Januari 2022 - 14:39 WIB

Danramil Telanaipura Imbau Warga Antisipasi Banjir

SRIWIJAYADAILY

Kota Jambi diguyur hujan dari semalam hingga pagi tadi, Rabu (19/1) membuat beberapa tempat dan fasilitas umum tergenang air.

Permukiman penduduk dan sekolah juga tidak luput dari genangan air, hingga untuk sementara proses belajar mengajar diliburkan.

Untungnya genangan air yang ada tidak berlangsung lama dan hanya luapan sementara saja.

Seperti kondisi di SD Negeri 98 yang berlokasi di RT. 09 Kel. Sukakarya Kec. Kotabaru Jambi mengalami genangan hingga semata kaki orang dewasa, dan memaksa pihak sekolah untuk meliburkan siswa-siswinya.

Baca :  Gerak Cepat Kodim Lahat Bangun Posko Bencana Banjir dan Bersihkan Pemukiman Warga

Danramil 09/Telanaipura Dim 0415/Jambi Mayor Widi Purwoko mengatakan bahwa Banjir merupakan salah satu bencana alam yang terjadi akibat kondisi alam ataupun ulah manusia.

Banjir terjadi ketika luapan air menenggelamkan tanah atau daratan lain yang biasa kering.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hujan dengan intensitas tinggi dan durasinya yang lama dapat menyebabkan pada meningkatnya volume air di daratan. Jika air tidak bisa diserap dengan sempurna oleh tanah atau dialirkan ke sungai, sudah pasti banjir akan terjadi.

Baca :  Klarifikasi Video Kekerasan Terhadap Anggota KKB dan Komitmen TNI Terhadap Oknum Prajurit Pelanggar Hukum

Menyikapi kondisi tersebut, Mayor Widi Purwoko, memerintahkan dan menyebar Babinsanya untuk dapat memberi bantuan, melakukan upaya evakuasi dan pendampingan terhadap korban banjir.

Danramil juga meminta kepada warga yang terkena banjir untuk dapat mengambil hikmah agar korban yang tergenang tidak terus berlarut dalam kesedihannya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa kejadian/musibah yang terjadi setidaknya dapat meneguhkan persaudaraan dan kepedulian kita.

Baca :  Survey Investigasi Design Optimasi Lahan di Muaro Jambi di Dampingi Babinsa

“Banyak cara yang bisa dilakukan dalam membantu saudara kita yang tertimpa musibah, mulai dari berdonasi, menjadi relawan atau hanya sekedar mendo’akan.” imbuh Danramil.

Pada saat kita tertimpa musibah atau bencana, tidak sepatutnya untuk berlarut dalam kesedihan apalagi berputus asa. Justru sebaliknya kita harus dapat mengambil hikmahnya dan harus dapat menginstropeksi diri, karena boleh jadi bencana yang datang menimpa adalah konsekuensi dari perbuatan dan kesalahan kita sebagai manusia, tutupnya.(**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Satgas Udara Amankan Langit Jakarta Selama KTT Ke-43 Asean

Warta TNI

Sambut Bulan Ramadhan, Babinsa Koramil 05/Sengeti Hadiri Tradisi Ziarah Massal

Warta TNI

Danrem 173/PVB Pimpin Sertijab Dandim 1708/BN

Warta TNI

Semarak HUT RI Ke-78, Kodim 0415/Jambi Bersama Pemkot Jambi Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat

Warta TNI

Babinsa Kasang Jaya Ikuti Peringatan Isra Mir’aj 1444 H di Masjid Al Khoriyah

Warta TNI

Bahas Percepatan Vaksinasi, Danrem 042/Gapu Vicon Dengan Pangdam II/Sriwijaya

Warta TNI

Cegah DBD, Babinpotmar Lanal Banyuwangi Bersama Forkopimcam Laksanakan Fogging di Jangkar

Warta TNI

Kabar Duka, Danpos Terineri Satgas Yonif RK 113/JS Letda Rian Meninggal Saat Tugas di Papua