Dankodiklatal Sambut Hangat Kehadiran Dirlitbang Pusjiantralitbang Mabes TNI Bersama Masyarakat, Kasad dan Pangdam Cenderawasih Tanam 1.000 Pohon Mangrove Terkait Penggerebekan Narkoba, Dandim 0201/Medan : Penangkapan Bukan Di Asmil TNI AD Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit

Home / Warta TNI

Kamis, 27 Januari 2022 - 14:04 WIB

Prajurit TNI Asal Jambi Gugur Oleh Kebrutalan Gerombolan KST Papua

Foto. Dandim 0415/Jambi Kolonel CZI Sriyanto. MIR, MA.

Foto. Dandim 0415/Jambi Kolonel CZI Sriyanto. MIR, MA.

JAMBI, Sriwijayadaily.co.id – Diketahui akibat kebrutalan penyerangan dari gerombolan Kelompok Separatis Teroris Papua (KST) terhadap Prajurit TNI pada pagi hari Kamis (27/1/2022) bertempat di Kampung Tigilobak, Distrik Gome, Kab Puncak mengakibatkan 3 Prajurit TNI Pos Koramil Gome, Satgas Kodim YR 408/Sbh meninggal dunia.

Salah satunya adalah Pratu Tuppal Halomoan Baresa asal Jambi, Demikian dikatakan oleh Dandim 0415/Jambi Kolonel CZI Sriyanto. MIR, MA.

“Benar, salah putra terbaik Jambi telah gugur di medan perang setelah kontak senjata dengan Kelompok Separatis di Papua tadi pagi,” kata Kolonel CZI Sriyanto seperti dikutip jambi.independen, Kamis (27/1/22).

Saat ini, jenazah Pratu Tuppal Halomoan Baresa sudah dievakuasi dan akan segera diterbangkan ke rumah duka yang beralamat Jalan TP Sriwijaya Lorong Kejaon No 10 Kel. Rawasari Kec.Alam Barajo, Kota Jambi Prov. Jambi

Baca :  Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit

“Total ada 3 anggota yang gugur, untuk Pratu Tuppal sendiri gugur setelah tertembak di bagian perut,” tandasnya.

Terpisah, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H., M.H., juga mengatakan bahwa kejadian bermula dari penyerangan dilakukan oleh gerombolan KST terhadap Prajurit TNI dari Pos Koramil Gome, Satgas Kodim YR 408/Sbh pada pagi hari.

“Saat dilaksanakan pergantian jaga, tiba-tiba Satgas Kodim YR 408/Sbh mendapatkan tembakan dari Pok KSTP. Kemudian Personel TNI Satgas Kodim YR 408/Sbh melakukan balas tembakan. Akibat kejadian ini terdapat korban 2 (dua) orang personel Satgas Kodim YR 408/Sbh terkena tembakan, yaitu Serda Rizal luka tembak di bagian pinggang dan Pratu Tuppal Baraza luka tembak di perut bagian bawah,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

Baca :  Pabungdim Muaro Jambi Hadiri Penyelenggaraan Musrenbang RKPD 2025

“Akibat tertembak oleh gerombolan KST, kemudian kedua Prajurit TNI yang mengalami luka tembak dievakuasi menuju Puskesmas Ilaga dengan menggunakan kendaraan,” tambah Kapendam.

Selanjutnya Kapendam menjelaskan Prajurit TNI Serda Rizal meninggal dunia pada saat perjalanan menuju Puskesmas Ilaga. Kemudian setibanya di Puskesmas Ilaga, korban Pratu Tuppal Baraza mendapat pertolongan pertama oleh Dokter Puskesmas Ilaga, namun setelah mendapat pertolongan dari Dokter Puskesmas untuk Pratu Tuppal Baraza dinyatakan meninggal dunia.

Baca :  Blusukan Hingga ke Dusun, Kadispenad Cek Pelaksanaan TMMD di Bantul

Setelah dilaksanakan evakuasi, kembali terjadi penyerangan kembali oleh KST terhadap Pos Satgas Kodim YR 408/Sbh.

“Akibat penyerangan kembali ke Pos TNI, sehingga mengakibatkan 2 (dua) personel atas nama Pratu Rahman dan Pratu Saeful terkena tembakan kemudian dievakuasi ke Puskesmas Illaga. Setibanya di Puskesmas Ilaga untuk korban Pratu Rahman dinyatakan meninggal dunia oleh dokter puskesmas,” ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih.

“Akibat penyerangan brutal KST terhadap Pos Satgas Kodim YR 408/Sbh mengakibatkan personel TNI berjumlah 3 (tiga) personel Satgas Kodim YR 408/Sbh meninggal dunia dan 1 (satu) personel dalam kondisi kritis,” tambahnya. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Sambangi Warga Sedang Ronda, Babinsa Koramil 415-13/Sebapo Sampaikan Pesan Kamtibmas

Warta TNI

Tim Itjenad Lakukan Pengawasan Post Audit di Jajaran Korem 042/Gapu

Warta TNI

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Satgas TNI 711 Bantu Mengajar Di Perbatasan

Warta TNI

Sambut Bulan Kasih, Danrem 173/PVB Bersama Bupati Paniai Serahkan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat

Warta TNI

Dikukuhkan Jadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting, Dandim 0415/Jambi : Penghargaan Ini Menjadi Motivasi Dalam Menanggulangi Stunting di Kota Jambi

Warta TNI

Wujud Kepedulian dan Rasa Empati, Prajurit Badak Hitam 511 Bantu Proses Pemakaman Warga Di Perbatasan Papua

Warta TNI

Kodim 0420/Sarko Gelar Apel Siaga Pengamanan Malam Tahun Baru 2024

Warta TNI

Korem 042/Gapu Sambut Hari Juang TNI AD Dengan Hijaukan Eks Arena MTQ Kota Jambi