Kodim 0729/ Bantul Raih Juara 1 Lomba Karya Jurnalistik TMMD Kategori Media Elektronik Dansatgas Babinsa Koramil 418-08/Sako Gercep Bantu Pencarian Bocah Tenggelam Di Sungai Borang Perkenalan Dengan Masyarakat Intan Jaya, Satgas Yonif 509 Kostrad Laksanakan Bakar Batu Komunikasi Sosial Dilakukan Babinsa Dimanapun Dan Siapapun Kodim Muara Enim Terima Hibah Terbesar Di Jajaran Kodam II/Swj Pada Program TMMD Ke 120 Tahun 2024

Home / Warta TNI

Jumat, 28 Januari 2022 - 10:41 WIB

Terima Kunjungan BPIP, Pangdam Cenderawasih Akan Maksimalkan Pembentukan Karakter Bangsa Bagi Generasi Muda Papua

FOTO. Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D

FOTO. Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bersama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D

Jayapura, Sriwijayadaily.co.id – Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., menerima kunjungan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D bersama rombongan di Ruang Cyclops, Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Rabu (26/01).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H., M.H. dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kegiatan kunjungannya, Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Bapak Pangdam beserta pejabat Kodam XVII/Cenderawasih.

“Kami BPIP berkunjung menemui Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bertujuan bersilaturahmi serta meminta bantuan untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda di Papua,” kata Kepala BPIP.

Baca :  Hadiri Penilaian Lomba Kelurahan Di Kecamatan Paal Merah, Babinsa : Ini Merupakan Alat Ukur Perkembangan Kelurahan

“Sebab nilai nilai Pancasila sangat berperan penting dalam proses pembangunan karakter bangsa dan mengajarkan kita untuk memiliki serta mempraktikkan tanggung jawab sosial dalam menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkepribadian,” tambah Kepala BPIP.

Disamping itu diterangkan oleh Kepala BPIP bahwa nilai-nilai Pancasila tersebut juga selaras dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang menjadi agenda utama Presiden Joko Widodo dengan membawa muatan nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong dalam proses pembangunan karakter.

Baca :  Tingkatkan Profesionalisme, Babinsa Kodim Jambi Lakukan Aplikasi Latnister Di Kelurahan Selamat

“Pembangunan karakter bertujuan untuk menempa perkembangan mental positif yang di dalamnya termuat sikap-sikap jujur, disiplin, adil, berwawasan kebangsaan, dan memiliki kepekaan sosial dan lingkungan,” terangnya.

“Untuk menumbuhkan hal tersebut dibutuhkan konsistensi dan keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung nilai-nilai luhur dan keyakinan,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kepala BPIP bahwa Pancasila yang digali dari bumi Indonesia memiliki nilai-nilai yang berkembang dalam kehidupan rakyat Indonesia yang beraneka ragam tercipta agar dapat mengayomi dan mengakomodir keberagaman yang ada di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Papua.

Baca :  Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih

“Maka kami ingin mengajak agar Pancasila dijadikan sebagai suri tauladan dalam menghormati perbedaan dan mengedepankan persatuan bangsa dan membangun ketangguhan masyarakat Papua,” ujarnya

Menanggapi hal tersebut, Pangdam XVII Cenderawasih menyampaikan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih akan membantu semaksimal mungkin terkait dengan tujuan BPIP di Provinsi Papua.

“Kodam XVII Cenderawasih akan membantu semaksimal mungkin terkait dengan tugas-tugas BPIP di Provinsi Papua dalam membentuk karakter dan kepribadian masyarakat serta generasi muda Papua sekaligus mensejahterakan masyarakat Papua,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih, Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih, Asisten dan Aster Kasdam XVII/Cenderawasih. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kunjungi Kampung Pancasila, Pangdam II/Swj Ajak Masyarakat Selalu Rukun dan Harmonis

Warta TNI

Melalui Komsos, Babinsa Agats Ajak Warga Lestarikan Adat Istiadat Pembuatan Patung Dan Seni Ukir

Warta TNI

Babinsa Koramil 07/Pelayangan Pantau Penyaluran Gas Elpiji di Wilayah Binaan

Warta TNI

Babinsa Turun Tangan, Ingatkan Soal Protokol Kesehatan di Pasar Tembok

Warta TNI

Babinsa Bergotong Royong Bersama Warga Kampung Kokonao Membuat Pancang Penahan Abrasi

Warta TNI

Babinsa Dampingi Petugas Puskesmas Cek Anak Stunting dan Gizi Buruk

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Ikuti Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bersama Panglima TNI

Warta TNI

Bantu Petani Merawat Tanaman Terong, Wujud Nyata Babinsa Koramil 07/Pelayangan Peduli Hanpangan