Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program Bela Diri Taktis, Tajamkan Kemampuan Tempur Prajurit Dari Kampung Ivi Hamad, Merauke, TNI AD Dukung Ketahanan Pangan Antisipasi Darurat Pangan Nasional, Korem 081/DSJ Targetkan 1800 Hektar Tanaman Padi dan Jagung Rabinniscab Komlek TNI AD, Kapushubad : Lakukan Inovasi dan Kreatifitas Untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit

Home / Warta TNI

Senin, 23 Mei 2022 - 09:10 WIB

Pangkogabwilhan III Berpesan “Prajurit Harus Buat Mata Air di Papua Bukan Meninggalkan Air Mata”

Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa saat melakukan kunjungannya di Markas Koopsud III Biak, Papua. (Tribun-Papua.com)

Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa saat melakukan kunjungannya di Markas Koopsud III Biak, Papua. (Tribun-Papua.com)

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Pangkogabwilhan III Letjen I Nyoman Cantiasa berpesan prajurit harus buat mata air di Papua bukan meninggalkan air mata.

Hal ini dikatakan Letjen I Nyoman Cantiasa saat berkunjung ke Markas Koopsud III Biak, Papua, demikian dikutip dari laman Tribun-Papua.com.

Diketahui, kunjungan Pangkogabwilhan III disambut Pangkoopsud III Marsekal Muda (Marsda) TNI Samsul Rizal beserta staf, Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro, Danlanud Manuhua Marsma TNI Ronald Siregar, dan Kas Guskamla Kolonel Laut (P) Heru Wahyono.

Pangkoopsud III Marsekal Muda (Marsda) TNI Samsul Rizal mengatakan, kunjungaan Pangkogabwilhan III merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan untuk menambah semangat prajurit dalam melansakanan tugas operasi.

Baca :  Pabung Muaro Jambi Dampingi Pj Bupati Tinjau Pos Pam dan Posyan Idul Fitri 1445 H

Tugas Koopsud III sendiri yaitu menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan jajarannya dan melaksanakan operasi udara.

“Operasi udara ini dalam rangka penegakkan kedaulatan negara di udara, darat, dan laut di wilayah sesuai dengan kebijakan Panglima TNI,” katanya.

Kunjungan Pangkogabwilhan III disambut Pangkoopsud III Marsekal Muda (Marsda) TNI Samsul Rizal beserta staf, Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro, Danlanud Manuhua Marsma TNI Ronald Siregar, dan Kas Guskamla Kolonel Laut (P) Heru Wahyono.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 173/PVB, Brigjen TNI Taufan Gestoro menjelaskan, pelaksanaan operasi di wilayah jajarannya, berpedoman pada petunjuk Panglima TNI.

Baca :  Perwira Muda TNI AD Persembahkan Perspektif Indonesia dalam Diskusi Panel Isu Strategis Kawasan Asia Tenggara di Seskoad Amerika Serikat

“Tugas kami mengedepankan Binter dan Komsos, serta menyampaikan kendala dihadapi khususnya transportasi di wilayah pegunungan,” kata Brigjen Taufan.

Dalam rilis yang diterima Tribun-Papua.com, Minggu (22/5/2022), Pangkogabwilhan III menekankan tentang langkah-langkah menghadapi ekskalasi dan dinamika ancaman serta gangguan keamanan.

“Prajurit tidak boleh ragu-ragu mengambil tindakan tegas dan terukur bilamana ada potensi ancaman selama pelaksanaan tugas pengamanan wilayah,” kata Letjen I Nyoman Cantiasa.

Dikatakan, tingkatkan peran satgas intelijen (koordinasi dengan Bais TNI) dalam rangka pengumpulan info atau keterangan untuk mengantisipasi perkembangan situasi.

“Buat SOP sebagai pedoman prajurit bila ada dinamika ancaman terhadap diri atau satuannya dengan langkah-langkah terukur dan tindakan tegas untuk menghindari keraguan prajurit di lapangan,” ujarnya.

Baca :  Pastikan Kesiapsiagaan, Kasad Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Cek Prajurit

Letjen I Nyoman Cantiasa menambahkan, tugas merupakan kehormatan yang harus dilaksanakan dengan segenap hati dan pikiran.

“Fokus pada pelaksanaan tugas serta kesampingkan hal lain selain tugas, tidak ada prajurit yang melaksanakan tugas lain diluar tugas pokok,” katanya.

Ia juga menyinggung terkait Pandemi Covid-19, orang nomor satu di Kogabwilhan III tersebut mengajak seluruh prajurit untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pemakaian masker guna mencegah penyebaran di kalangan prajurit maupun masyarakat. (*)

Sumber : Tribun-Papua.com

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Babinsa Ramil 03/Ma. Tembesi Hadiri Acara Lepas Sambut Kades terpilih Desa Pematang Lima Suku

Warta TNI

Babinsa Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SD Negeri 10/IV di Kelurahan Tahtul Yaman

Warta TNI

Jelang KTT AIS, Panglima TNI Siapkan Rencana Pengamanan Terpadu

Warta TNI

Berikan Rasa Aman, Babinsa Dampingi Vaksinasi Anak SD Kasih Bangsa

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Bersama Forkopimda Jambi Sambut Kedatangan Rombongan Tim Komisi III DPR RI

Warta TNI

Kasad Berikan Tali Asih Kepada Keluarga Prajurit Yang Sakit Berat dan Anak Berkebutuhan Khusus

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Menerima Kunjungan Komandan Pangkalan TNI AL Palembang

Warta TNI

Hari Ketiga Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 di Jambi, Tim Ponpes KH Abdul Satar Saleh Menang Telak Lawan Tim Ponpes Manarulhuda Darqis