Warga Desa Riam Padang Serahkan Senjata Api Rakitan kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia Babinsa Koramil 05/Sengeti Hadiri Acara Perpisahan Santri MDA Assasuddiniyah Babinsa Sungai Asam Jalin Kekeluargaan dengan Aparatur Kelurahan Babinsa Koramil 03/Muara Tembesi Bersama BPP dan PPL Bantu Penanaman Padi di Kecamatan Batin XXIV Kodim 0418/Palembang dan Pemerintah Kota Palembang Sinergi Hadapi Perubahan Iklim

Home / Portal Militer

Senin, 17 Januari 2022 - 09:22 WIB

Aksi Heroik Prajurit Satgas Yonif 123 Bantu Persalinan Warga Perbatasan RI-PNG

SRIWIJAYADAILY
Tepat pada hari Minggu dini hari pukul 01.10 WIT, tangis kebahagiaan bercampur aduk menjadi satu, saat suara mungil perempuan dilahirkan dengan normal oleh Ibu Linda (18). Dengan penuh perjuangan, Dokter Satgas Pamtas Lettu Ckm dr. Bintang Karlien Ass. Eng, bersama Bidan Puskemas Pembantu (Pustu) Bupul membantu proses persalinan warga Kampung Kalimaro, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke.

Demikian disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri 123/Rajawali Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban dalam keterangan tertulis Pendam XVII/Cenderawasih. Minggu (16/1/2022).

Baca :  Pererat Kerja Sama Layanan Jasa Perbankan, Panglima TNI Tandatangani MOU Dengan Bank BRI, Mandiri dan BNI

Dansatgas menuturkan kejadian tersebut bermula pada hari Sabtu (15/1/2022) pukul 22.00 WIT saat Bidan Pustu Bupul Ibu Yuli (32) datang ke Pos Kotis dan meminta bantuan bahwa ada warga Kampung Kalimaro yang akan melahirkan. Mendapat kabar tersebut, kemudian Dansatgas memerintahkan Dokter Satgas bersama personel kesehatan untuk secepatnya menuju ke rumah warga yang akan melahirkan. Selanjutnya langsung dilakukan penanganan.

Baca :  Dandim Jambi Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

Setelah menunggu beberapa jam, tepat pada pukul 01.10 WIT melalui proses yang dramatis dengan hanya bercahayakan Senter, Bidan Yuli bersama Dokter Satgas membantu persalinan Ibu Linda dengan normal dan lahirlah seorang anak berjenis kelamin perempuan dengan kondisi sehat serta memiliki berat 3,2 kg dan panjang 48 cm.

“Apa yang dilakukan prajurit TNI merupakan implementasi dari komitmen kami (Satgas) sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan, serta dapat bersinergi dengan semua instansi dalam membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat,” kata Dansatgas.

Baca :  Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI M. Naudi Nurdika Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sumsel

Sementara itu, Ny. Yosep (47) orang tua dari Ibu Linda yang melahirkan, mengucapkan terima kasih kepada Pustu Bupul dan Satgas Yonif 123/RW.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pustu dan TNI yang telah membantu kelancaran proses persalinan cucunya,” ucap ibu Yosep. (**)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Awali Aktifitas Kerja Tahun 2022, Danrem 045/Gaya Mengambil Apel Gabungan

Portal Militer

Mudahkan Akses Perekonomian, Babinsa Koramil Kokonao Gelar Karya Bakti Membuat Jalan Dari Kayu

Portal Militer

Ingin lebih Dekat Dengan Warga, Babinsa Sambangi Pos Ronda

Portal Militer

Wadan Seskoad Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Portal Militer

Pangdam II/Sriwijaya : Pelatih Itu Harus Seperti Macan

Portal Militer

Meriahkan HUT ke-74, Yonkav 5/DPC Gelar Khitanan Massal Gratis

Portal Militer

Jaga Stabilitas Harga Pangan Jelang Ramadhan, Kodim Bengkulu Selatan Gelar Pasar Murah

Portal Militer

Pelihara Kemampuan, Kasdam Latihan Menembak Pistol Bersama Pejabat Kodam II/Sriwijaya