38 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Wakasad sampai Danjen Kopassus Berganti TMMD Ke-119 Kodim 0432/Basel Resmi Dibuka Kodim 0416/Bute Aktif Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo Perkuat Kapasitas Indonesia Hadapi Bencana, TNI AD Kolaborasi Dengan BNPB Terima Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Australia, Ini Komitmen Panglima TNI

Home / Warta TNI

Senin, 17 Januari 2022 - 09:22 WIB

Aksi Heroik Prajurit Satgas Yonif 123 Bantu Persalinan Warga Perbatasan RI-PNG

SRIWIJAYADAILY
Tepat pada hari Minggu dini hari pukul 01.10 WIT, tangis kebahagiaan bercampur aduk menjadi satu, saat suara mungil perempuan dilahirkan dengan normal oleh Ibu Linda (18). Dengan penuh perjuangan, Dokter Satgas Pamtas Lettu Ckm dr. Bintang Karlien Ass. Eng, bersama Bidan Puskemas Pembantu (Pustu) Bupul membantu proses persalinan warga Kampung Kalimaro, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke.

Demikian disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri 123/Rajawali Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban dalam keterangan tertulis Pendam XVII/Cenderawasih. Minggu (16/1/2022).

Baca :  Kodam II/Swj Proses Hukum Oknum Anggota Desersi dan Diduga Menipu

Dansatgas menuturkan kejadian tersebut bermula pada hari Sabtu (15/1/2022) pukul 22.00 WIT saat Bidan Pustu Bupul Ibu Yuli (32) datang ke Pos Kotis dan meminta bantuan bahwa ada warga Kampung Kalimaro yang akan melahirkan. Mendapat kabar tersebut, kemudian Dansatgas memerintahkan Dokter Satgas bersama personel kesehatan untuk secepatnya menuju ke rumah warga yang akan melahirkan. Selanjutnya langsung dilakukan penanganan.

Baca :  Luar Biasa!, Atlet Voli Satgas Kizi TNI Konga Juarai Turnamen Voli EUTM MINUSCA

Setelah menunggu beberapa jam, tepat pada pukul 01.10 WIT melalui proses yang dramatis dengan hanya bercahayakan Senter, Bidan Yuli bersama Dokter Satgas membantu persalinan Ibu Linda dengan normal dan lahirlah seorang anak berjenis kelamin perempuan dengan kondisi sehat serta memiliki berat 3,2 kg dan panjang 48 cm.

“Apa yang dilakukan prajurit TNI merupakan implementasi dari komitmen kami (Satgas) sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan, serta dapat bersinergi dengan semua instansi dalam membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat,” kata Dansatgas.

Baca :  Kasad : Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif!

Sementara itu, Ny. Yosep (47) orang tua dari Ibu Linda yang melahirkan, mengucapkan terima kasih kepada Pustu Bupul dan Satgas Yonif 123/RW.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pustu dan TNI yang telah membantu kelancaran proses persalinan cucunya,” ucap ibu Yosep. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kapuspen TNI : Video Di Medsos Dukungan TNI Untuk Anies Adalah Hoax

Warta TNI

Air Mata Bahagia Romlah Saat Dapatkan Bantuan Rehab Rumah dari Satgas TMMD

Warta TNI

Tingkatkan Imunitas Saat Pandemi Dengan Bersepeda Santai

Warta TNI

Pimpin Apel Pagi, Dandim 1707/Merauke Ingatkan Personelnya Untuk Selalu Meningkatkan Keimanan dan Jaga Kesehatan

Warta TNI

Dandim 1709/Yawa Berbagi Sembako Untuk Anak Yatim Di Panti Asuhan

Warta TNI

Korem 042/Gapu Terima Kunjungan Tim KKDN Sespimti Polri Dikreg ke-31 Tahun 2022

Warta TNI

Dandim 0416/Bute Tanam Jagung Perdana Food Estate di Desa Tanjung Menanti

Warta TNI

Prajurit Rajawali Di Perbatasan Papua Dampingi Warga Membuat Minyak Goreng