Peduli Sesamo, Koramil Tungkal Ulu Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Kurang Mampu Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Ikuti Taklimat Awal Wasrik BPK RI Gelar National Convention Ke-4, Duta Elok Persada Berikan Apresiasi Pada Mitra Usaha Kasad Tegaskan TNI AD Harus Jadi Solusi Hadapi Ancaman Banglingstra Pangdam II/Sriwijaya : Kehadiran TNI Harus Ada Manfaat Untuk Masyarakat

Home / Gema TNI

Senin, 17 Januari 2022 - 09:22 WIB

Aksi Heroik Prajurit Satgas Yonif 123 Bantu Persalinan Warga Perbatasan RI-PNG

SRIWIJAYADAILY
Tepat pada hari Minggu dini hari pukul 01.10 WIT, tangis kebahagiaan bercampur aduk menjadi satu, saat suara mungil perempuan dilahirkan dengan normal oleh Ibu Linda (18). Dengan penuh perjuangan, Dokter Satgas Pamtas Lettu Ckm dr. Bintang Karlien Ass. Eng, bersama Bidan Puskemas Pembantu (Pustu) Bupul membantu proses persalinan warga Kampung Kalimaro, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke.

Demikian disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri 123/Rajawali Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban dalam keterangan tertulis Pendam XVII/Cenderawasih. Minggu (16/1/2022).

Baca :  Laksamana Pertama TNI Kisdiyanto Resmi Jabat Kapuspen TNI

Dansatgas menuturkan kejadian tersebut bermula pada hari Sabtu (15/1/2022) pukul 22.00 WIT saat Bidan Pustu Bupul Ibu Yuli (32) datang ke Pos Kotis dan meminta bantuan bahwa ada warga Kampung Kalimaro yang akan melahirkan. Mendapat kabar tersebut, kemudian Dansatgas memerintahkan Dokter Satgas bersama personel kesehatan untuk secepatnya menuju ke rumah warga yang akan melahirkan. Selanjutnya langsung dilakukan penanganan.

Baca :  Ini Penjelasan Kaotmil IV-20 Jayapura Terkait Kasus Mutilasi Melibatkan Prajurit TNI AD Di Timika

Setelah menunggu beberapa jam, tepat pada pukul 01.10 WIT melalui proses yang dramatis dengan hanya bercahayakan Senter, Bidan Yuli bersama Dokter Satgas membantu persalinan Ibu Linda dengan normal dan lahirlah seorang anak berjenis kelamin perempuan dengan kondisi sehat serta memiliki berat 3,2 kg dan panjang 48 cm.

“Apa yang dilakukan prajurit TNI merupakan implementasi dari komitmen kami (Satgas) sejak awal penugasan, yakni melaksanakan tugas yang berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan, serta dapat bersinergi dengan semua instansi dalam membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat,” kata Dansatgas.

Baca :  Hargai Para Sesepuh, TNI AD Berangkatkan Umroh 102 Veteran Seroja

Sementara itu, Ny. Yosep (47) orang tua dari Ibu Linda yang melahirkan, mengucapkan terima kasih kepada Pustu Bupul dan Satgas Yonif 123/RW.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pustu dan TNI yang telah membantu kelancaran proses persalinan cucunya,” ucap ibu Yosep. (**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Ikuti Rakornas Gulben Tahun 2022

Gema TNI

Melalui Komsos, Babinsa Pererat Tali Silaturahmi Dengan Masyarakat Kampung Jengkoan

Gema TNI

Kunjungan Kerja Ke Deiyai Dan Paniai, Danrem 173/PVB Sosialisasikan Kebijakan Panglima TNI

Gema TNI

Danpos Bolakme Satgas Yonif Raider 142 Gelar Pertemuan Dengan Komponen Masyarakat

Gema TNI

Bersama Masyarakat Batu Empang, Danrem 042 Gapu Panen Ikan Di Lubuk Larangan

Gema TNI

Pasiterdim 0415/Jambi Hadiri Rapat Terkait Bangga Kencana Dorong Percepatan Penurunan Stunting

Gema TNI

Ini Alasan Anak-anak Papua Menyukai Satgas Yonif Raider 142/KJ

Gema TNI

Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Operasi Gaktib Dan Yustisi Polisi Militer Tahun 2022