Budi Setiawan Buka Kegiatan Trailor Made Training Sub Kejuruan Barista Babinsa Koramil Jambi Selatan Mengamankan Proses Penertiban Pedagang Kaki Lima Letkol Arm Dwi Sutaryo Siap Lanjutkan Torehan Prestasi Dandim 0419/Tanjab Sebelumnya Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Suyono Ingatkan Prajurit Hindari Narkoba Prajurit Yonif 144/Jaya Yudha Melaksanakan Lomba Memasak

Home / Warta TNI

Rabu, 5 Januari 2022 - 08:06 WIB

Bekali Personel Satgas Yonif R 142/KJ, Ini Kata Pasiterdim 0415 Tentang Komsos

DOK. Pasiterdim 0415/Jambi Mayor Inf Beni saat memberi pembekalan Komsos kepada personel Satgas Yonif R 142/KJ bertempat di Aula Palaguna Mayonif R 142/KJ, Jambi, Selasa (04/01/22)

DOK. Pasiterdim 0415/Jambi Mayor Inf Beni saat memberi pembekalan Komsos kepada personel Satgas Yonif R 142/KJ bertempat di Aula Palaguna Mayonif R 142/KJ, Jambi, Selasa (04/01/22)

SRIWIJAYADAILY
Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi TNI AD, didalam penyiapan dan penyelenggaraannya memerlukan kerja sama dan koordinasi dengan segenap komponen bangsa, karena pada dasarnya pengelolaan sumber daya wilayah telah terbagi habis oleh fungsi-fungsi pemerintahan dan kemasyarakatan. Maka untuk menyamakan visi, persepsi dan menciptakan kesadaran bersama dalam membangun dan menyiapkan pertahanan negara aspek darat tersebut diperlukan Metode Komunikasi Sosial.

Hal tersebut disampaikan Pasiterdim 0415/Jambi Mayor Inf Beni saat memberi pembekalan Komunikasi Sosial kepada personel Satgas Yonif R 142/KJ yang akan berangkat tugas operasi ke Kab. Yalimo Papua, bertempat di Aula Palaguna Mayonif R 142/KJ, Jambi, Selasa (04/01/22) kemarin.

Menurut Beni, Komunikasi Sosial sebagai kemampuan adalah kemampuan prajurit TNI AD dalam berkomunikasi dengan komponen masyarakat dan aparat pemerintah terkait lainnya guna terwujudnya saling pengertian dan kebersamaan yang memungkinkan timbulnya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi pada kepentingan bidang pertahanan.

Baca :  Kumpulkan Ribuan Dansat, Kasad Tekankan Hal ini

Untuk menjamin keberhasilan dalam penyelenggaraan Komunikasi Sosial yang dilaksanakan oleh TNI AD terhadap komponen bangsa lainnya, maka perlu adanya tujuan, sasaran dan sifat serta peranan Komunikasi Sosial yang jelas, yang didukung oleh organisasi dan tugas tanggung jawab kegiatan Komunikasi sosial.

Adapun tujuan dalam menyelenggarakan Komunikasi Sosial adalah untuk membantu lembaga fungsional dalam membina kesadaran masyarakat dalam bela negara, memberikan masukan kepada instansi fungsional dalam rangka penyiapan dan penyusunan kekuatan pertahanan wilayah serta menumbuhkan keterpaduan dalam menyusun rencana dan struktur pertahanan nasional di daerah.

Baca :  Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Warga

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan Komunikasi Sosial adalah untuk menunjang pelaksanaan Fungsi Teritorial dalam upaya membangun kesadaran pertahanan aspek darat, mengurangi timbulnya sikap mental aparat kewilayahan yang dapat merugikan citra TNI AD, meningkatnya keterampilan dalam memahami permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan tugas fungsi teritorial.

Selain itu terwujudnya kesamaan visi, misi dan interpretasi dari segenap komponen bangsa terhadap sistem pertahanan semesta khususnya aspek darat, terwujudnya ketahanan wilayah yang kondusif guna mendukung pelaksanaan pembangunan wilayah khususnya aspek darat dan terwujudnya kesadaran bela negara serta meningkatnya Kemanunggalan TNI Rakyat, ungkap Beni.

Baca :  Pangdam II/Sriwijaya Lepas Pasukan Tambahan Penanganan Karhutla Sumsel

Lebih lanjut, Beni menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan Komunikasi Sosial perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut, yakni kenali lingkungan, sikap Demokratis, sikap Akomodatif, terarah, dan tepat waktu.

Komunikasi Sosial tidak boleh menggunakan cara-cara yang bersifat acaman/ tekanan atau bentuk-bentuk kekerasan yang dapat dipolitisir oleh pihak tertentu, melanggar hukum dan Ham. Komunikasi Sosial dalam pelaksanaannya harus mencerminkan sifat demokrasi secara musyawarah dan kekeluargaan, tandasnya.

Perlu diketahui, bahwa penugasan kali ini sedikit beda, selain diberikan Materi taktik tempur, personel Satgas Yonif R 142/KJ dibekali pengetahuan Teritorial, diantaranya Lima Kemampuan Teritorial, Puldata Ter, Sikapter, Komsos, Antropologi Budaya, Ketahanan Pangan sesuai Tipologi Wilayah, Musrenbang dan Bela negara. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Cara Prajurit Satgas 142 Hibur Anak – Anak Papua Sambut Perayaan Paskah

Warta TNI

Sambut Bulan Ramadhan, Persit Yonif 147/KGJ Laksanakan Jum’at Berkah Pemberian Sembako Kepada Purnawirawan TNI

Warta TNI

Asops Panglima TNI Pimpin Pertemuan Ke-4 Philindo JOESC tahun 2022

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Satria Bhakti

Warta TNI

Kunjungi Mayonif RK 751/VJS, Pangdam XVII/Cenderawasih : Ciptakan Kehidupan Yang Solid Agar Menjadi Satuan Handal

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Gelar Tournament Friendly Golf

Warta TNI

Wujudkan Ukhuwah Islamiah Dalam Kehidupan Berbangsa, Babinsa Koramil 06/Pijoan Hadiri Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 H 

Pendam XVII Cenderawasih

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan Sambut Kedatangan Wapres RI Di Bandara Sentani