Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Gema TNI

Jumat, 16 September 2022 - 17:10 WIB

Beri Kuliah Umum di Unja, Pangdam II/Swj Sampaikan Masalah Persatuan, Nasionalisme dan Indonesia Emas di Tahun 2045

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han, memberikan Kuliah Umum dengan tema

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han, memberikan Kuliah Umum dengan tema "Jaga Persatuan dan Perkokoh Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045" di Balairuang Kampus Pinang Masak Universitas Jambi (Unja), Desa Mendalo Indah Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jumat (16/9/2022)./ FOTO : Istimewa

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Jambi – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han, memberikan Kuliah Umum dengan tema “Jaga Persatuan dan Perkokoh Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045” di Balairuang Kampus Pinang Masak Universitas Jambi (Unja), Desa Mendalo Indah Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jumat (16/9/2022).

Tiba di Kampus Pinang Masak Unja, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi beserta rombongan disambut langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Sutrisno, M.Sc., Ph.D beserta para Wakil Rektor, perwakilan para Dekan dan para Kepala Biro UNJA.

Penyambutan ditandai pemasangan selempang Universitas Jambi oleh Rektor kepada Pangdam II/Sriwijaya.

Dihadapan lebih kurang 1200 Mahasiswa Mayjen TNI Hilman Hadi mengatakan bahwa beliau tidak asing dengan kampus Unja karena ayahnya memulai karier sampai purna di Unja dan dirinya sempat kuliah di Unja selama 2 Semester di Fakultas Pertanian sebelum beliau lulus masuk Akademi Militer.

Sebelum masuk materi kuliah umum Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan “Sukses itu bukan tujuan, sukses itu merupakan proses, dalam proses kehidupan banyak orang yang terlibat dan jangan dilupakan tetap jaga silahturahim.

Baca :  Dandim Tanjab Pimpin Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan

Dalam kuliah umum ini, Alumni SMA Negeri 3 Jambi ini mengatakan ada tiga hal yang akan disampaikannya, yakni, Masalah Persatuan, Masalah Nasionalisme dan Bagaimana Indonesia Emas di tahun 2045.

“Negara Kita adalah negara Kepulauan berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan memiliki arti penting bagi kita semua dan kita sudah diakui dunia, saat ini negara kita ada permasalahan perbatasan yang sampai saat ini masih alot, yaitu perbatasan negara kita dengan Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini. Permasalahan ini dibutuhkan diplomat-diplomat ulung untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” jelasnya.

Selain itu Mayjen Hilman Hadi juga mengatakan Pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman guna mempertahankan kelangsungan Negara NKRI, dimana pentingnya kita menjaga nilai budaya kita agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita di tahun 2045 sehingga tercapainya Indonesia yang maju, mandiri dan berdaulat adil dan makmur.

Baca :  Bedah Rumah Bantu Masyarakat Kurang Mampu Untuk Kehidupan Lebih Layak

“Nasionalisme adalah semangat Kebangsaan, semangat kebangsaan adalah perpaduan atau kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, menjaga norma kesatuan dan berorientasi kepada Pancasila dan UUD 1945, Semangat Bela negara harus tertanam disanunbari kita hingga menumbuhkan jiwa patriotisme dengan mengutamakan sikap kejujuran dan keadilan bagi adik-adik semuanya selaku calon pemimpin masa depan bangsa ini,” tambahnya.

Kemudian ia mengatakan Indonesia Emas di Tahun 2045 merupakan slogan atau simbol Penguatan SDM berbasis Knowledge dan ilmu teknologi, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah jangka panjang guna menghadapi era emas di tahun 2045.

Terakhir, Pangdam berikan atensi khusus kepada para mahasiswa, yakni jadilah agen-agen perubahan positif dan menjadi kompetensi di Four Point Zero ini.

Kemudian harus memiliki kemampuan Critical Thinking (Berfikir Kritis), Kreatif dan Inovatif, Colaboration (Berkolaborasi) dan Communication (Komunikasi). “Keempat inilah yang menjadi dasar kompetensi sumber daya manusia di Four Point Zero”. pungkas Jenderal Bintang Dua ini.

Baca :  TNI AD Akan Salurkan Bantuan dari PT Adaro untuk Korban Gempa Cianjur

Sebelumnya Rektor Unja, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, di Universitas Jambi.

“Ada 2 hal penting yang saya sampaikan yaitu kedepan akan adanya Rencana Manunggal TNI di Kabupaten Batanghari dimana melibatkan Mahasiswa terutama mahasiswa fakultas Pertanian dan Peternakan, kemudian akan ada kerja sama dengan TNI AD terkait untuk kepentingan dan kemajuan bangsa jika dibutuhkan oleh Jajaran Kodam II Sriwijaya khususnya Korem 042 Garuda Putih,” ujar Rektor.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata, kemudian menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan dilanjutkan foto bersama.

Turut mendampingi Pangdam II/Sriwijaya, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M Danrem 043/Gatam, Kapoksahli Pangdam, Asintel, Asops dan Aster Kasdam II/Swj, Kapendam, Kasrem 042/Gapu, Para Kasi Kasrem 042/Gapu dan para Dandim jajaran Korem 042/Gapu. **

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Mayor Widi Purwoko : Ajak Umat Raih Keutamaan Membersihkan Masjid

Gema TNI

Dandim 0416/Bute Bagikan Ratusan Bingkisan Lebaran Untuk Penggiat Usaha Ojek

Gema TNI

Babinsa Koramil 06/Muara Bungo Dampingi Pelaksanaan Vaksinasi PMK pada Ternak

Gema TNI

Kapendam Cenderawasih : Tiga Prajurit TNI Gugur Oleh Kebrutalan Gerombolan KST Papua

Gema TNI

Ponpes Almukhsinin Juara Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 Zona Kerinci

Gema TNI

Jadi Sentral Pelayanan Kesehatan, Satgas Yonif RK 751 Hadir 24 Jam Bagi Masyarakat

Gema TNI

Dandim 0415/Jambi Lepas Pabung Batanghari yang Masuki Purna Tugas

Gema TNI

Satgas TMMD Bersama Forkopimcam Marosebo Tinjau Sasaran Pembuatan Sumur Bor Kedua Di SD Dusun Tanah Longsor