Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Gema TNI

Selasa, 21 Desember 2021 - 21:06 WIB

Berkat Sinergitas TNI – Polri dan Masyarakat, Puluhan Anggota KKB Yapen Kembali ke Pangkuan NKRI

SRIWIJAYADAILY

Berlokasi di Mapolres Kepulauan Yapen Distrik Yapen Selatan Kab. Kepulauan Yapen, telah berlangsung penyerahan diri 25 orang anggota KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) wilayah Kampung Ambaidiru Distrik Kosiwo, Kab. Yapen, Selasa (21/12/2021).

Penyerahan diri 25 anggota KKB ini didampingi oleh Simson Rawai Tokoh Adat Kampung Ambaidiru dan juga Yohan Karubaba selaku Kepala Kampung Ambaidiru.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Yapen AKBP Ferdiyan Indra Fahmi, S.H, S.I.K, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.IP, M.I.P, Asisten II Sekda Kab. Kep. Yapen Edi Niko Mudumi dan Kakesbangpol Kab. Kep. Yapen Sony Woria.

Setelah menyambut kedatangan 25 anggota KKB tersebut, Kapolres Yapen mengatakan atas nama pribadi dan seluruh personel Polres Kep. Yapen, Kodim 1709/Yawa dan Pemkab Yapen menyambut baik upaya nyata dari semua pihak untuk hadir dan menyerahkan diri untuk menyatakan diri bahwa semua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca :  Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa Sosialisasikan Wasbang Ke Siswa SMP Biak Numfor

“Tidak ada lagi perjuangan-perjuangan yang sifatnya mengangkat senjata mengatasnamakan Papua Merdeka, untuk melakukan perlawanan apalagi sampai membahayakan keselamatan saudara kita sendiri termasuk aparat keamanan.

Kami semua hadir bukan sebagai musuh, melainkan bersama-sama berdampingan dengan seluruh masyarakat untuk memajukan Kabupaten Kepulauan Yapen secara umum Papua dan secara luas Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Kapolres.

“Saya ucapkan banyak terima kasih dan menerima secara terbuka, kemudian kami siap untuk membina dan mendampingi terus serta akan memberikan wawasan yang nanti akan kita jadwalkan secara berkesinambungan.

Kemudian dari sisi pendampingan yaitu melatih keterampilan yang mengarah kepada pekerjaan atau mata pencaharian.

Kami punya komitmen yang tinggi untuk membantu seluruh masyarakat di Kampung Ambaidiru, serta akan mendapat atensi atau prioritas, inilah langkah positif kami sebagai aparat keamanan diwilayah ini,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Dandim 1709/Yawa mengatakan keberadaan TNI dan Polri bukan untuk menakut-nakuti, semuanya ingin memajukan pembangunan yang ada di wilayah Kab. Kep. Yapen.

Baca :  Wujudkan Papua Sehat, Satgas TNI 126/KC Beri Sirup Multivitamin Kepada Anak Di Perbatasan

“Sesuai dengan petunjuk Panglima TNI bahwa kita semua perlu menyadarkan saudara-saudara bahwa kita ini masih dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Dandim.

“Kami sangat bangga dan senang dengan kesadaran yang tinggi mau kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Harapan kami kepada bapak Kepala Kampung tetap memberikan arahan yang benar, dan komitmen kami bersama bahwa akan membantu semaksimal mungkin dengan kegiatan-kegiatan yang membawa manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga tak ada lagi daerah yang tertinggal, dan tidak ada lagi kata merdeka karena kita sudah Merdeka sejak 17 Agustus 1945,” tambah Dandim.

Lebih lanjut Dandim berharap Kepada bapak Kepala Kampung apabila masih ada saudara-saudara kita yang belum menyerahkan diri untuk memberitahukan bahwa Kodim 1709/Yawa dan Polres Kep. Yapen siap menerima dan pintu kami selalu terbuka lebar.

Baca :  Ringankan Kebutuhan Warga, Satgas TNI 113/Jaya Sakti Bagikan Sembako 

“Sebagai Dandim 1709/Yawa kami sudah berkomitmen dan akan turun langsung ke Kampung Ambaidiru untuk memberikan edukasi Wawasan Kebangsaan dan rasa Cinta Tanah Air kepada seluruh warga, agar memiliki jiwa kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang tinggi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya wilayah Yapen yang kita cintai dan banggakan ini,” harap Dandim.

Salah satu mantan KKB Kampung Ambaidiru, J. Karubaba juga menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah bersedia menerima kembali kelompoknya ke NKRI,

“Kami mau kembali dan bersatu ke NKRI, terima kasih atas kepedulian yang diberikan dan menyambut kami dengan baik serta memberikan kami lapangan pekerjaan yang layak,” kata J. Karubaba

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengucapan ikrar kesetiaan terhadap NKRI oleh 25 orang mantan KKB dan diteruskan dengan mencium Bendera Merah Putih, serta diikuti. (Pendam XVII/Cenderawasih) .

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Kasad Pimpin Laporan Korps Kenaikan Pangkat 19 Pati TNI AD

Gema TNI

Ciptakan Kenyamanan Beribadah, Kodam Cenderawasih Beserta Jajaran Bantu Pengamanan Natal

Gema TNI

Peringati Hari Pahlawan, Korem 042/Gapu Gelar Upacara di Balai Prajurit

Gema TNI

Aksi Humanis Aparat TNI Bagikan Masker Kepada Jemaat Gereja di Kampung Pioka Kencana

Gema TNI

Babinsa Koramil Pantai Barat Bersama Bhabinkamtibmas Dampingi Dan Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Gema TNI

Apresiasi Berbagai Upaya Babinsa, Kasad : Hidup Tidak Sesulit Apa Yang Kita Khawatirkan

Gema TNI

SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Gema TNI

Dandim 0419/Tanjab Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci Di TMP Yudha Satria