Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Portal Militer

Rabu, 12 Januari 2022 - 06:31 WIB

Bersama Tiga Kepala Daerah Lapogo, Kodim 1702/JWY Dorong Upaya Percepatan Perdamaian

SRIWIJAYADAILY

Guna mengakhiri konflik antara masyarakat penduduk IIekma dengan penduduk Wouma yang terjadi beberapa waktu lalu, Forkopimda Kab. Jayawijaya, Kab. Nduga dan Kab. Lanny Jaya melaksanakan rapat koordinasi bersama TNI-Polri, bertempat di Gedung Otonom Wenehule Huby, Distrik Wamena Kab. Jayawijaya, Selasa (11/1).

Demikian disampaikan Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang dalam keteranganya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Bupati Kab. Jayawijaya Jhon R. Banua, SE, M.Si., Bupati Kab. Lanny Jaya Befa Jigibalom, M.Si., Bupati Kab. Nduga Wentius Nimiangge, S.AK, S.Pd, MM., Dirintelkam Polda Papua Kombes Pol Tigor Hutapea, Direskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadani, S.Sos, S.IK, MH., Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Budi, Dandim 1702/JWY Letkol Inf Arif Budi Situmeang, S.IP, M.Tr (Han), Kapolres Jayawijaya AKBP Muh. Safeei A.B, SE., dan Danyonif 756/WMS Letkol Inf Tommy Yudistio, M.Han.

Baca :  Satgas Yonif 200/BN Hadiri Ibadah Bersama Dengan Masyarakat Distrik Kobakma

Pada rapat tersebut ketiga Bupati sepakat untuk mengakhiri konflik antar masyarakat ini dengan melakukan berbagai upaya dalam mendamaikan kedua kelompok sehingga tidak ada lagi konflik yang berkelanjutan.

Ketiga Bupati berharap agar aparat keamanan dari TNI-Polri tidak memberikan ruang dan kesempatan kepada masyarakat sehingga tidak terjadi konflik seperti beberapa waktu lalu yang telah mengakibatkan korban dan puluhan masyarakat luka-luka.

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang pada kesempatannya menyampaikan untuk menghimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dan terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang sebelum dipastikan kebenarannya.

Baca :  Kodam IV/Diponegoro, BNPB dan Forkopimda Kompak Bantu Korban Banjir Jepara

“Masyarakat harus kita himbau agar tidak terprovokasi dengan isu-isu negatif yang disebarkan oleh pihak-pihak yang ingin memperkeruh konflik yang terjadi ini. Terlebih untuk membentrokkan masyarakat dengan pihak keamanan,” katanya.

Lebih lanjut, Dandim menjelaskan bahwa keberadaan aparat keamanan dari TNI-Polri disini adalah untuk mencegah terjadinya konflik dan membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Untuk itu, kami berharap untuk segera dilakukan perdamaian yang dilakukan sesuai adat sehingga konflik ini bisa segera berakhir,” tambah Dandim.

Setelah pelaksanaan rapat koordinasi tersebut, selanjutnya para Bupati bersama unsur TNI-Polri kembali melaksanakan pertemuan dengan kedua kelompok masyarakat dan memberikan bantuan berupa sembako sebagai wujud perhatian Pemerintah Daerah bersama TNI-Polri terkait terjadinya konflik tersebut.

Baca :  29 Orang Eks OPM Berikrar Setia Kepada NKRI

Dihadapan masyarakat Bupati Kab. Nduga Wentius Nimiangge S.Ak, S.Pd, MM., menyampaikan bahwa pihaknya bersama dengan Bupati Jayawijaya dan Bupati Lanny Jaya telah sepakat untuk melakukan perdamaian.

“Untuk itu, saya berharap mulai hari ini tidak boleh lagi ada pergerakan massa. Saatnya kita duduk bersama untuk membahas perdamaian ini,” ucapnya.

Sampai dengan saat ini, aparat keamanan TNI-Polri masib terus melakukan penyekatan terhadap masyarakat dari kedua belah pihak untuk mencegah terjadinya konflik lanjutan. (Pendam XVII/Cenderawasih)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Pangdam XVII/Cenderawasih Saksikan Grand Final Turnamen E-Sports Piala Kasad Tahun 2022 Secara Virtual

Portal Militer

Asops Panglima TNI Laksanakan Penandatanganan SOP Patkor Indosin di Singapura

Portal Militer

Bahas Pekembangan Situasi Papua, Pangdam Cenderawasih Gelar Pertemuan Bersama ASBS dan Tokoh Adat Suku Sentani

Portal Militer

Gerak Cepat Babinsa Koramil Jambi Selatan Atasi Pohon Tumbang

Portal Militer

Kunjungan Perdana, Ini Pesan Penting Danrem 045/Gaya Kepada Anggota dan Persit Kodim 0413/Bangka

Portal Militer

“Terima Kasih Pak TNI”, Telah Merehab Rumah Kami

Portal Militer

Kodim 0415/Jambi Gelar Pembinaan dan Pemberdayaan Keluarga Besar TNI

Portal Militer

Babinsa Waropen Bawah Bersama Masyarakat Perbaiki Jembatan