Jenazah Danramil Oktavianus Sogalrey Korban Penembakan Gerombolan OPM Dimakamkan Secara Militer Danyon Armed 15/Cailendra Pimpin Upacara Tradisi Pelepasan Anggota Pindah Satuan Dan Sertijab Danrai Budi Setiawan, Anak Pensiunan TNI Menapaki Perjalanan Hidup Menuju Kota Jambi BerBUDI Keluarga Besar Yonif 142/KJ Rayakan Hari Raya Idul Fitri Dan Halal Bihalal Korem 081/DSJ Terjunkan Ratusan Personel Amankan Arus Balik Lebaran

Home / Daerah

Kamis, 4 November 2021 - 17:37 WIB

Beruang Rusak Dua Rumah Warga di Desa Bukit Kesuma Pelalawan, Ada apa?

SRIWIJAYADAILY

Warga di Desa Bukit Kesuma, Pangkalan Kuras Pelalawan melaporkan kemunculan beruang. Tim SKW I, BidWil I BBKSDA Riau, pada Rabu (3/11/2021) langsung turun ke lokasi.

Plt Kepala BKSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, saat dihubungi Kamis (4/11/2021) mengatakan, hasil pengecekan tim dilokasi disebutkan ada tiga beruang yang terlihat warga berkeliaran di sekitar pemukiman.

Lebih jelas, kata Fifin, tiga beruang tersebut dua dewasa dan satunya lagi merupakan anakan, yang muncul di titik koordinat -0.036462, 101.838329.

Baca :  Budi Setiawan Ajak KB Aritonang Ompusunggu Kota Jambi Menjaga Hubungan Kekeluargaan yang Harmonis

“Saat tim datang tim menemukan salah satu sarang beruang tersebut di atas pohon di belakang rumah warga,” jelas Fifin.

Menurut hasil pengecekan tim, didapati adanya kerusakan dibagian dapur warga yang disebutkan muncul sekitar pukul 1.00 WIB.

“Kepada petugas kami warga melaporkan beruang berusaha membuka dinding dapurnya. Karena ada madu dan sarang lebah,” ujar Fifin.

Menurut keterangan warga dan kepala Desa, sampai saat ini sudah ada dua warga yang melaporkan rumahnya hampir di masuki beruang.

Baca :  Ramadhan Peduli, Keluarga Besar Senkom Mitra Polri Kota Jambi Berbagi Takjil Berbuka Puasa

“Selain [merusak] rumah, beruang juga membongkar kandang ayam milik warga,” lanjut Fifin.

Setelah melakukan serangkaian pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket), masyarakat mengatakan, kemunculan beruang terpantau sudah berlangsung lebih kurang 1 Minggu belakangan.

“Selain mencari madu, beruang juga dilaporkan kurang lebih 1 minggu berkeliling pemukiman dan memakan ayam milik warga di dalam kandang,” terang Fifin.

Baca :  Partai Golkar Kota Jambi Gelar Doa Bersama, Ini Harapan Budi Setiawan

Karena termasuk satwa yang dilindungi, Tim yang turun turut melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat agar tidak melakukan tindakan anarkis.

Tim yang turun juga memberikan kiat-kiat menghindari konflik dengan beruang, dengan cara menghidupkan api unggun atau penerangan lainnya di tempat-tempat biasa di datangi beruang.

“Tim juga menghimbau agar masyarakat tetap berkoordinasi dengan pihak bksda riau terkait beruang tersebut,” pungkas Fifin.

Share :

Baca Juga

Daerah

Mudik 2022, Pengendara Dihimbau tidak Berhenti di Bahu Jalan Tol

Daerah

Pemprov Jambi Adakan Rakor Bahas Laporan Konflik Sosial 2021

Daerah

Pemkab Tanjabbar Gelar Tablig Akbar Tahun Baru Islam 1444 H Penceramah dari Wonosobo

Daerah

Pembatalan PPKM Level 3, Ini Kata Plt Kadiskes Riau

Daerah

Begini Cara Aman Konsumsi Daging Agar Terbebas Dari Virus PMK

Daerah

Perkuat Desa Digital, Wamendes Budi Arie: Desa Wajib Punya Website

Daerah

Pemprov Jambi Segera Bangun Command Center

Daerah

Era Digital, Industri Kehumasan Berpotensi Tumbuh