Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Olahraga

Senin, 20 Desember 2021 - 06:54 WIB

Bungkam Malaysia 4-1, Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF 2020

Dok. Selebrasi Elkan Baggott  bersama Irfan Jaya usai mencetak gol di laga Malaysia vs Indonesia, Piala AFF 2020 (c) PSSI

Dok. Selebrasi Elkan Baggott bersama Irfan Jaya usai mencetak gol di laga Malaysia vs Indonesia, Piala AFF 2020 (c) PSSI

SRIWIJAYADAILY
Indonesia menumbangkan Malaysia dengan skor telak 4-1 dalam duel matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020, National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam.

Pasukan Shin Tae-yong tampil agresif sejak menit awal. Indonesia menerapkan taktik yang sama seperti laga-laga sebelumnya dengan intensitas dan garis pertahanan tinggi.

Malaysia unggul terlebih dahulu lewat gol Kogileswaran Raj di menit ke-13 yang memanfaatkan blunder Irfan Jaya. Meski begitu, Irfan Jaya langsung menebus kesalahannya dengan mencetak dua gol (36′, 43′) untuk membalikkan kedudukan.

Indonesia meningkatkan tempo serangan di babak kedua. Pratama Arhan mencetak gol ketiga (50′) dan Elkan Baggot membungkus kemenangan Indonesia dengan sundulan keras (82′).

Kemenangan 4-1 ini memastikan langkah Indonesia ke babak semifinal sebagai juara grup. Malaysia, di sisi lain, harus tersingkir karena hanya finis di peringkat tiga.

Pertandingan langsung dimulai dengan intensitas tinggi. Indonesia mencoba mengurung Malaysia sejak awal. Malaysia menunggu kesempatan serangan balik.

Baca :  Satgas Gelar Penyuluhan Narkoba Di Lokasi TMMD

Menit ke-12, skema tendangan sudut Malaysia tidak berbahaya, tapi Irfan Jaya membuat kesalahan dalam membuang bola. Bola mendarat tepat di depan Kogileswaran yang menyambutnya dengan tembakan melengkung ke tiang jauh. Gol! Malaysia 1-0 Indonesia.

Kebobolan memaksa Indonesia meningkatkan tempo serangan. Terjadi insiden di menit ke-19, Indonesia protes karena wasit tidak memberikan hukuman untuk pelanggaran keras Malaysia.

Malaysia tampak kerepotan mengatasi tekanan intens yang diterapkan skuad Garuda. Hingga menit ke-30, Indonesia lebih dominan dengan total 11 tembakan.

Menit ke-36, usaha Indonesia akhirnya membuahkan gol balasan. Skema serangan dari sayap kanan, Witan Sulaeman mengirim umpan tarik untuk Irfan Jaya yang berdiri tak terkawal di tengah kotak penalti. Gol! Malaysia 1-1 Indonesia.

Indonesia terus menjaga tempo serangan. Menit ke-43, Irfan Jaya kembali mencetak gol. Kali ini bermula dari penetrasi Pratama Arhan di sisi kiri, bola liar lantas disambut Irfan dengan tembakan keras. Gol! Malaysia 1-2 Indonesia.

Baca :  Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bangun Kembali Ruangan Jemaat Gereja yang Sudah Roboh

Pertandingan dimulai kembali, Indoneia menjaga tempo yang sama seperti babak pertama. Pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian formasi dengan memainkan Elkan Baggott.

Menit ke-50, Indonesia berhasil mencetak gol ketiga. Berawal dari skema tendangan sudut, Pratama Arhan menerima bola di sisi kiri luar kotak penalti dan mengirim tembakan keras ke sudut kanan atas. Gol! Malaysia 1-3 Indonesia.

Indonesia bermain semakin nyaman. Hingga menit ke-70, Irfan Jaya beberapa kali mendapatkan peluang matang untuk mencegak hattrick, tapi eksekusinya belum maksimal.

Menit ke-82, Indonesia kembali mencetak gol. Kali ini dimulai dari tendangan sudut Evan Dimas yang dituntaskan sundulan keras Elkan Baggott. Gol! Malaysia 1-4 Indonesia.

Malaysia terus mencoba di sisa laga, tapi tidak ada gol tambahan bagi kedua tim. Tambahan waktu 4 menit tidak mengubah apa pun. Skor 4-1 untuk kemenangan Indonesia.

Hasil ini mengantar Indonesia ke babak semifinal sebagai pemuncak klasemen. Tim Garuda akan menghadapi tuan rumah Singapura. Malaysia, di sisi lain, harus gigit jari karena hanya finis di peringkat ketiga.

Baca :  Senam Pagi Bersama Pamen Dan Istri, Pangdam Cenderawasih Ingatkan Untuk Selalu Bersyukurlah Atas Nimat yang Diberi

Susunan pemain

Malaysia (4-5-1): Khairul Fahmi; Dion Cools, Muhammad Syahmi, Putera Nadher, Mohd Rizal; Baddrol Bakhtiar, Muhammad Syafiq (77′ Shahrel Fikri), Mohamad Faisal, Arif Aiman (60′ Akhyar Rashid), Kogileswaran Raj Mohana (60′ Guilherme); Safawi Rasid (46′ Dominic Tan; 89′ Quentin Cheng)

Pelatih: Tan Cheng Hoe (Malaysia)

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto (76′ Evan Dimas), Ricky Kambuaya; (90′ Yabes Roni) Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek (46′ Elkan Baggott); Ezra Walian (64′ Kushedya Yudo; 90+3′ Hanis Saghara)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Statistik pertandingan

Malaysia – Indonesia
Gol: 1-4
Total Shots: 6-15
Shots on Target: 3-7
Posession: 52%-48%
Fouls: 9-15
Offside: 1-1

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Kasiren Kolonel Ike Hadiri Pembukaan Kejurda Pergatsi Provinsi Jambi

Olahraga

Nyala Api Abadi Mrapen Siap Sambut Prestasi Anak Negeri di Asean Para Games Solo 2022

Nasional

Pasca Tragedi di Malang, Presiden FIFA Gianni Infantino Bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo

Olahraga

Timnas Indonesia U20 Comeback Sikat Vietnam Dan Lolos Ke Piala Asia 2023

Olahraga

Jakarta International Stadium Gelar Laga Perdana

Nasional

Menpora Amali Dukung Rencana Kejuaraan Panjat Tebing Tingkat Internasional

Olahraga

Jepang Gagal Melaju ke Babak 8 Besar Usai Dikalahkan Kroasia Lewat Adu Penalti

Olahraga

Undian Kualifikasi Piala Asia U17 2023: Indonesia Segrup dengan Malaysia