Jumlah Masyarakat Kembali ke Yigi Semakin Bertambah, Ini Pesan Danrem 172/PWY Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI akan Menggugat Melalui MK Kodam Cenderawasih Raih Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik TNI AD Selalu Ada untuk Rakyat : Bantuan Kasad Sampai ke Tenda Pengungsi Korban Gempa Bumi Cianjur Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei

Home / Gema TNI

Sabtu, 18 Desember 2021 - 09:25 WIB

Cegah Abrasi Pantai, Prajurit Satgas Yonmek 643 Bersama Warga Bangun Tanggul Di Pantai Perbatasan

SRIWIJAYADAILY
Guna mencegah abrasi pantai, 6 personel Pos Camar Bulan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns dipimpin Serda Yohanes bersama masyarakat membangun tanggul penahan abrasi di pantai Maludin, Dusun Maludin, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau. Jumat (17/12/2021).

Baca :  Kodim 0415/Jambi Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kemampuan Aparat Kowil

Dansatgas mengatakan proteksi pantai yang didesain utk memproteksi daratan dari abrasi yang ditimbulkan oleh aktivitas gelombang serta semakin tinggi air laut yang merembes ke daratan yang disebabkan dari berubahnya iklim yang tajam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membangun tanggul penahan abrasi.

Lebih lanjut diterangkannya, fungsi tanggul tersebut sebagai penahan gelombang pasang laut agar tidak mencapai jalan umum dan pemukiman yang ada di sekitar pantai Maludin. Penahan abrasi itu dibangun dengan susunan batu-batu besar dengan tinggi tiga meter dari muka level air laut.

Baca :  Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Beri Pengarahan Kepada Para Istri Pamen Jajaran Kodam

“Tanggul penahan abrasi ini dibangun sebagai upaya untuk mencegah adanya abrasi pantai dan menjamin keamanan warga sekitar pantai,” ucap Dansatgas.

Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Dikukuhkan Menjadi Bapak Asuh Anak Stunting Papua

Di tempat terpisah, Herman (43) salah satu warga Dusun Maludin mengucapkan terima kasih atas bantuan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns untuk mencegah abrasi di pantai Maludin, apalagi sekarang sudah musim ombak besar.

“Semoga tanggul ini dapat menahan abrasi di pantai Maludin dan rumah kami dapat terhindar dari bahaya banjir ataupun tersapu ombak,” ujarnya (Dispenad).

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Kunjungi Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Danrem 042/Gapu

Gema TNI

Jabatan Danrem 042 Gapu Diserahterimakan dari Brigjen TNI Zulkifli Kepada Brigjen TNI Supriono

Gema TNI

Bentuk Karakter Pengurus OSIS, Korem 045/Gaya Latihkan Kepemimpinan di SMA Negeri 1 Pangkalan Baru

Gema TNI

Ini yang Dikatakan Pangdam XVII/Cenderawasih Saat Upacara Penyerahan Satuan

Gema TNI

Sambut Hari Raya Idul Fitri, Korem 042 Gapu Bagikan Bingkisan Lebaran Untuk Prajurit Dan PNS

Gema TNI

Satgas Yonif 412 Kostrad Turut Cerdaskan Anak Bangsa

Gema TNI

Pjs Danramil Jambi Timur Pantau Vaksinasi Anak Sekolah Dasar

Gema TNI

Kasad Resmikan Gedung Siber dan Masjid Abdurachman