Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim Kades Fajar Indah Apreasiasi Pembangunan RTLH Satgas TMMD Kodim 0404/Muara Enim Barisan Keluarga Budi Setiawan Luncurkan Posko Kemenangan Pilwako Jambi 2024 Wakasad : Pembangunan Satuan Krusial Bagi Pengembangan Kekuatan Pertahanan

Home / Warta TNI

Sabtu, 18 Desember 2021 - 09:25 WIB

Cegah Abrasi Pantai, Prajurit Satgas Yonmek 643 Bersama Warga Bangun Tanggul Di Pantai Perbatasan

SRIWIJAYADAILY
Guna mencegah abrasi pantai, 6 personel Pos Camar Bulan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns dipimpin Serda Yohanes bersama masyarakat membangun tanggul penahan abrasi di pantai Maludin, Dusun Maludin, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau. Jumat (17/12/2021).

Baca :  Dandim 0419/Tanjab Dampingi Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kunjungan Ke Kab. Tanjab Barat

Dansatgas mengatakan proteksi pantai yang didesain utk memproteksi daratan dari abrasi yang ditimbulkan oleh aktivitas gelombang serta semakin tinggi air laut yang merembes ke daratan yang disebabkan dari berubahnya iklim yang tajam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membangun tanggul penahan abrasi.

Lebih lanjut diterangkannya, fungsi tanggul tersebut sebagai penahan gelombang pasang laut agar tidak mencapai jalan umum dan pemukiman yang ada di sekitar pantai Maludin. Penahan abrasi itu dibangun dengan susunan batu-batu besar dengan tinggi tiga meter dari muka level air laut.

Baca :  2 Anggota Satgas Yonif 122/TS Jadi Saksi Proses Hukum 4 WNA Asal Papua Nugini Pelanggar Batas Negara Indonesia

“Tanggul penahan abrasi ini dibangun sebagai upaya untuk mencegah adanya abrasi pantai dan menjamin keamanan warga sekitar pantai,” ucap Dansatgas.

Baca :  Panglima TNI Hadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Kostrad Ke-63 Tahun 2024

Di tempat terpisah, Herman (43) salah satu warga Dusun Maludin mengucapkan terima kasih atas bantuan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns untuk mencegah abrasi di pantai Maludin, apalagi sekarang sudah musim ombak besar.

“Semoga tanggul ini dapat menahan abrasi di pantai Maludin dan rumah kami dapat terhindar dari bahaya banjir ataupun tersapu ombak,” ujarnya (Dispenad).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Babinsa Koramil 07/Pelayangan Pantau Penyaluran Gas Elpiji di Wilayah Binaan

Warta TNI

Kebersaaman Satgas Bersama Orang Tua Asuh Diharapkan Terwujud Kemanunggalan TNI-Rakyat

Warta TNI

Lima Oknum TNI AD Jalani Sidang Perdana Di Mahkamah Milter Jayapura

Warta TNI

Rapim Kodam II/Swj TA. 2023 Resmi Dibuka Pangdam

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Pantau Pos Pam Nataru Di Kota Jambi

Warta TNI

Kodim 0416/Bute Gelar Acara Laporan Korps Tradisi Masuk dan Keluar Satuan

Warta TNI

Kasad Ungkap Kunci Keberhasilan Hadapi Ancaman di Puncak Peringatan Hari Juang TNI AD

Warta TNI

Angicipi Peduli, Berbagi Sembako Kepada Masyarakat Daerah Latihan