DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Gema TNI

Selasa, 21 Desember 2021 - 18:00 WIB

Dandim 0415/Jambi Bekali Mahasiswa KIP-K Unja Tahun 2021 Dengan Wawasan Kebangsaan

Dok. Dandim 0415/Jambi, Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R, M.A., saat memberikan pembekalan materi Wasbang dan Pendidikan Karakter kepada mahasiswa Penerima KIP-K Unja Tahun 2021, di Gedung Balairung Kampus Universitas Jambi.

Dok. Dandim 0415/Jambi, Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R, M.A., saat memberikan pembekalan materi Wasbang dan Pendidikan Karakter kepada mahasiswa Penerima KIP-K Unja Tahun 2021, di Gedung Balairung Kampus Universitas Jambi.

SRIWIJAYADAILY
Dalam rangka mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi, guna kemajuan bangsa dan negara, Komandan Kodim (Dandim) 0415/Jambi, Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R, M.A., memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan dan Pendidikan Karakter kepada mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Unja Tahun 2021, di Gedung Balairung Kampus Universitas Jambi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi ini, diikuti oleh lebih kurang 300 Mahasiswa melalui tatap muka dan 1300 mahasiswa secara virtual. Demikian disampaikan oleh Pasiter Kodim 0415/Jambi Mayor Inf Beni saat dikonfirmasi redaksi Sriwijayadaily.com, Selasa (21/12/2021) sore.

Dikatakan Mayor Beni, bahwa Dandim pada kesempatan tersebut menjelaskan tentang Bela Negara yang merupakan sikap dan perilaku warga negara, yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Baca :  Instruksi Kemenkes Larang Apotek Jual Obat Sirup Usai Merebaknya Gangguan Ginjal Akut

“Dalam Bela Negara, terdapat 5 nilai dasar yang terkandung didalamnya, yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara,” terangnya.

Dandim juga menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan sangat penting bagi mahasiswa, agar dapat mengerti tentang sejarah, silsilah dan adat budaya yang ada di negara Indonesia. Sehingga, kedepannya bisa menjaga dan meneruskan serta memelihara nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah atau perjuangan bangsa Indonesia.

Baca :  Wujud Perhatian Stunting Pada Anak, Dandim 0416/Bute Berikan Bantuan Penambahan Gizi

“Melalui pembekalan wawasan kebangsaan ini kita berharap agar mahasiswa merasa memiliki dan terpanggil untuk bela negara, serta terbentuk karakter pribadi dirinya untuk mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara melalui keterawatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Dandim juga menuturkan bahwa Nasionalisme harus dapat mengisi dan menjawab tantangan di era saat ini dengan berbagai perubahan situasi dan kondisi yang tentunya nilai – nilai baru tidak boleh mengguncangkan nasionalisme selama bangsa Indonesia tetap memiliki sense of belonging atau rasa memiliki Negara Indonesia.

Secara sederhana nasionalisme adalah rasa cinta terhadap tanah air, pemuda harus memiliki peran strategis dan ikut serta menjaga keutuhan serta keselamatan NKRI.

Baca :  Modernisasi Museum, Kado Indah Kasad di Ulang Tahun ke 65 Akmil

Adapun cara membangun karakter yakni dengan rajin beribadah, melatih disiplin diri, terus belajar dengan giat, mengenal, menghargai dan mengendalikan diri, memperbaiki masa lalu,
bentuk prinsip diri, memiliki empati terhadap orang lain, peduli dengan sesama, memperhitungkan tindakan yang diambil, komitmen, jujur dan tanggung jawab.

Apabila pemuda sudah memiliki karakter yang baik, maka peran strategis akan didapat. sehingga dapat mengatasi ancaman dan tantangan yang dihadapi oleh negara yang kita cintai dan tidak adalagi ancaman dan tantangan yang dihadapi oleh negara yang kita cintai ini, tutupnya.(**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Puluhan Tahun Terisolir, TMMD Bangun Akses Jalan Dapat Dinikmati Warga

Gema TNI

Untuk Masyarakat Desa, Satgas TMMD Kodim 0419/Tanjab Gelar Pengobatan Massal

Gema TNI

Kunjungi Sarolangun, Danrem 042/Gapu Berharap Kerjasama yang Sudah Terjalin Baik Agar Terus Ditingkatkan

Gema TNI

Kunjungi Kampung Pancasila, Pangdam II/Swj Ajak Masyarakat Selalu Rukun dan Harmonis

Gema TNI

Rehab Lapangan Bola, Satgas TMMD Kodim Kerinci Tumbuhkan Semangat Olahraga Pemuda Desa

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Telah Menyambut Presiden Jokowi Dengan Tertib

Gema TNI

Gandeng Dinas Kehutanan, Satgas TMMD Sosialisasikan Larangan Membuka Lahan Dengan Cara Membakar

Gema TNI

Kasal Resmikan Dua Kapal Penyapu Ranjau Tercanggih Yang Akan Perkuat Armada TNI AL