Pembangunan Batalyon Penyangga, Wujud Komitmen TNI AD dalam Percepatan Pembangunan di Papua Wujudkan Situasi Keamanan Wilayah yang Kondusif, Aparat Gabungan Berhasil Amankan Homeyo Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey di Kabupaten Agam Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim

Home / Warta TNI

Selasa, 28 Desember 2021 - 13:27 WIB

Dandim 0415/Jambi Cek Tanggul Kanal Jebol Di Kumpeh Ilir

SRIWIJAYADAILY

Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R.,M.A., melaksanakan pengecekan kebocoran sekat Kanal Km 1 dan 2 di Eks. PT PDW (Putra Duta Indah Wood) di Wilayah Kec. Kumpeh Ilir, Muarojambi.

Turut pula mendampingi dalam pengecekan tersebut Pabung Muarojambi Letkol Inf.Syafendi. S.Ag,M.Sos, Danramil 01/Suak Kandis Kapten inf Sobirin, Kepala Desa Pulau Mentaro bpk Masril ,S.Sos dan Kepala Desa Betung Bapak Rifai.

Demikian disampaikan Pasiter Kodim 0415/Jambi Mayor Inf Beni melalui keterangan tertulisnya, Senin (27/12/2021) malam kepada redaksi Sriwijayadaily.co.id.

Dikatakan Mayor Beni, bahwa sebelumnya kita mendapat laporan dari Kades Pulau Mentaro, Masril, S. Sos ada kebocoran di sekat Kanal 1 sudah terjadi kurang lebih sejak 6 bulan yang lalu dan telah ditinjau oleh Pejabat Korem dan Polda Jambi.

Baca :  Kodim 0416/Bute Aktif Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo

Kebocoran pada sekat Kanal 1 terjadi akibat jebolnya lapisan bawah sekat selebar 2 meter dengan kedalaman lebih kurang 3 meter serta kikisan tanggul sekat dengan ukuran panjang lebih kurang 24 meter dan lebar 8 meter dan kedalaman bervariasi dalamnya sekitar 2 meter. Sedangkan kondisi kebocoran diperparah dengan aktivitas pengambilan kayu penyekat yang dijadikan papan dengan gergaji mesin oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Sedangkan kebocoran pada sekat Kanal 2 diakibatkan karena kikisan air dibawah sekat (bendungan) dan berpotensi melebar akibat derasnya air.

Tentunya dengan bocornya sekat kanal 1 dan 2 ini mengakibatkan aktivitas masyarakat terutama nelayan harus melangsir hasil tangkapan ikan mereka melalui jembatan besi dan sangat jauh dari akses perkampungan mereka.

Baca :  Pangdam II/Swj : Tidak ada Dusta Diantara Kita, Guyub dan Sejahtera

Sebaliknya, dari sisi penanganan Karhutla dengan bocornya sekat kanal ini akan berpengaruh kepada berkurangnya debit air sebagai cadangan dimusim kemarau yang berfungsi untuk membasahi lahan gambut yang kering, paparnya.

Dari pantauan Dandim 0415/Jambi, Kodim bersama instansi terkait akan bangun pos pantau di dekat Jembatan Besi untuk memantau debit air dan memantau lebih ekstra kegiatan llegal loging yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab yang merusak sekat kanal dengan mengambili kayu – kayu yang digunakan sebagai sekat.

Baca :  Komunikasi Sosial Dilakukan Babinsa Dimanapun Dan Siapapun

Juga mengaktifkan pos pantau karhutla di sekat kanal 7 untuk lebih ekstra melakukan patroli untuk memantau kegiatan masyarakat yang melakukan perusakan sekat kanal dengan memgambil kayu -kayu penyekatnya.

Serta pengerahan materiil dan Alat berat untuk perbaikan sekat kanal 1 dan 2 pada kesempatan pertama, tuturnya.

Lebih lanjut, Kodim akan menggelar rapat Koordinasi dengan Pemda Kab. Muarojambi, Perusahaan yang ada di sekitar lahan dan aparat desa Betung, pulau Mentaro, Puding dan Desa Pematang Raman pada hari Rabu (29/12) besok di Kantor Desa Puding dengan tujuan untuk dicarikan solusi guna diperbaiki agar sekat kanal yang bocor dapat berfungsi kembali seperti seperti yang diharapkan, tutupnya.**

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pererat Tali Silaturahmi, DPC Pepabri Kota Jambi Akan Gelar Buka Bersama

Warta TNI

Semangat Satgas Yonif Raider 142/KJ Bantu Warga Olah Lahan Perkebunan

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Rapim, Gandeng DJP Papua Dan KPK

Warta TNI

Jelang Lomba, Babinsa Dampingi Lurah Lingkar Selatan Cek Kesiapan Kampung Bantar

Warta TNI

Komandan Seskoad Berikan Pembekalan kepada Ikatan Istri Siswa (IIS) Dikreg LXIII Seskoad

Warta TNI

Tingkatkan Kemanunggalan TNI Dan Rakyat, Prajurit Satgas Yonif R 142 Bantu Warga Buka Lahan Kebun

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Tegaskan Rumkit Tentara Utamakan Layanan Umum Untuk Semua Prajurit

Warta TNI

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa Sosialisasikan Wasbang Ke Siswa SMP Biak Numfor