Jumlah Masyarakat Kembali ke Yigi Semakin Bertambah, Ini Pesan Danrem 172/PWY Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI akan Menggugat Melalui MK Kodam Cenderawasih Raih Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik TNI AD Selalu Ada untuk Rakyat : Bantuan Kasad Sampai ke Tenda Pengungsi Korban Gempa Bumi Cianjur Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei

Home / Gema TNI

Sabtu, 27 November 2021 - 19:01 WIB

Dandim 0415/Jambi Menjadi Narasumber Pada Pelatihan Penguatan Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Unja

SRIWIJAYADAILY

Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A., menjadi salah satu Narasumber dalam Pelatihan Penguatan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Mahasiswa Universitas Jambi (Unja) bertempat di gedung Balairung Universitas Jambi Jln. Lintas Jambi – Bulian Desa Mendalo Indah Kec. Jaluko Kab. Muarojambi, Jambi, Sabtu (27/11/2021) pagi.

Pelatihan Penguatan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Mahasiswa Universitas Jambi (Unja), juga menghadirkan Narasumber lain, Wakil Gubernur Jambi Bpk. Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I., M. Si.

Menurut keterangan dari Pasiter Kodim 0415/Jambi Mayor Inf Beni kepada awak media dikatakan bahwa kegiatan Pelatihan Penguatan Wawasan Kebangsaan (PPWK) untuk Mahasiswa Universitas Jambi ini diberikan agar kedepannya diharapkan terbentuknya Jati Diri para mahasiswa yang kuat dan berwawasan kebangsaan serta memiliki jiwa bela negara karena mereka merupakan penerus bagi bangsa Indonesia dan dihadiri kurang lebih 100 orang Perwakilan Mahasiswa Unja diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan paparan Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A.

Baca :  Kapendam XVII/Cenderawasih Pastikan Berita Tentang KST Serang Markas Dan Tembak Prajurit TNI HOAX

Adapun tujuan pembekalan tersebut untuk meningkatkan wawasan bela Negara adalah menyegarkan dan menguatkan kesadaran untuk bela Negara dan bangun ketahanan Nasional kemudian mencintai dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara dari pada kepentingan sendiri serta makin yakin akan kebenaran falsafah Pancasila, UUD 1945 sebagai satu satunya pedoman Negara, NKRI, mengajarkan untuk menghargai sesama.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0415/Jambi Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A., memaparkan beberapa point penting diantaranya pentingnya persatuan, jika kita tidak bersatu dalam situasi saat ini, maka sebagai penerus bangsa Indonesia ditakutkan bangsa Indonesia kedepan tidak akan berkembang dengan baik. “Marilah kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa”, jelas Dandim.

Dandim juga menuturkan bahwa, apabila kita tidak berjuang dan melangkah maju bersama, segala hambatan yang ada tidak akan dapat kita atasi dengan baik, sehingga bangsa Indonesia tidak dapat tumbuh dengan baik diantara Negara lain. Untuk itu diperlukan harmoni sosial dimana kondisi individu hidup sejalan dan serasi dengan tujuan masyarakatnya seperti keadaan tertib, teratur, aman dan nyaman.

Baca :  Bakar Batu Bersama Masyarakat Pegunungan Tengah, Pangdam XVII/Cenderawasih : Ini Budaya Perlu Dilestarikan, Kita Semua Basodara

Diharapkan bagi penerus bangsa Indonesia dapat menjaga persatuan dan kesatuan yang kuat. Waspada potensi ancaman yang sangat kita takuti bagi penerus bangsa yakni ancaman cuci otak bagi para pemuda dengan tujuan untuk mengubah Ideologi Pancasila”, tutupnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi Bpk. Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I., M. Si. dalam paparannya mengatakan bahwa, sebagai Mahasiswa sebagai penerus kami dan penentu baik buruknya Prov. Jambi itu tergantung pada kalian di masa depan, jadi kegiatan hari ini sangat penting tentang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan yang harus kita miliki dan dipedomani.

Bahwa kita ketahui Indonesia ini Negara yang luar biasa dimana terdiri dari berbagai suku, bangsa, budaya, bahasa dan terdiri dari ratusan bahkan ribuan pulau, untuk itu kita harus mempertahankan Negara kita dalam meneruskan perjuangan para pahlawan dimana telah mempertaruhkan dan berkorban dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai dan banggakan.

Baca :  TNI AD Dukung Pengembangan UMKM dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Kita semua harus bersyukur terhadap negara kita ini dengan cara merawat Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika semua itu juga tidak lepas dari peran agama dimana kita semua bersaudara dan timbullah yang namanya persatuan dan kesatuan.

Di dalam agama dan kepercayaan kita masing-masing kita tidak boleh saling menjatuhkan kita harus saling menghormati dan menghargai, disini kita harus meyakini agama dan kepercayaan kita masing-masing dan saya harapkan kita semua harus sama-sama mempertahankan wawasan Kebangsaan, Bela Negara serta 4 Pilar Kebangsaan, tandas Wagub.

Turut hadir juga pada acara ini, Wakil Rektor 3 Universitas Jambi DR. Ir. Teja Kaswari, Asisten 1 Setda Prov. Jambi Drs. H. Apani Saharudin, Karokesra Prov. Jambi Muktamar Hamdi, S.E., M.M., Kesbangpol Prov. Jambi diwakili Atmajaya, Ketua UKM PIB Unja Sdr. Defripal Rahman, dan Ketua Pelaksana Rizon Kurnia Rahmat. **

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Danrem 045/Gaya Bersama Unsur Forkopimda Babel Terima Arahan Presiden RI Terkait Penanganan Varian Omicron Melalui Vicon

Gema TNI

TNI Gelar Ziarah ke TMP Satria Negara di Kabupaten Bungo

Gema TNI

Bersama Forum Teluk Kecimbung Peduli, Babinsa Distribusikan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat

Gema TNI

222 Bintara Otsus Terima Pengarahan Danrem 172/PWY

Gema TNI

Kasipers Kasrem 042/Gapu Tegaskan Untuk Jadi Tentara Tidak Dipungut Biaya

Gema TNI

Danrem 045/Gaya Hadiri Pembukaan Kejuaraan Grand Prix Long Range Shoting 2022 Di Kep. Bangka Belitung

Gema TNI

Sambangi Prajurit di Timur Pulau Sumatera, Kasad Beri Bantuan ke 7 Ponpes dan Anak Stunting

Gema TNI

Pangdam II/Sriwijaya Buka Baksos Donor Darah Secara Serentak Sambut Hari Juang TNI AD Dan HUT Ke-76 Kodam II/Swj